Bisakah Anak Asma Berolahraga?

mau lihat yang lebih lengkap, atau langsung ke ahlinya? klik disini>> kolomkesehatan.blogspot.com

Sebagai orang tua pasti akan memperhatikan setiap perkembangan anaknya, baik itu pertumbuhannya ataupun bila mengalami sakit penyakit. Apalagi bila anak ini mengalami suatu penyakit yang tidak sembuh2 atau kumat-kumatan. Pasti si orang tua ini akan mengupayakan berbagai cara agar anaknya bisa segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa, diantaranya mengobatkan ke dokter atau bisa juga ke pengobatan lainnya. Nah , apabila sakit sianak juga tidak sembuh-sembuh tentunya akan membuat orang tua ini kebingungan akhirnya bertanya-tanya / mendengarkan petunjuk sana -sini yang akan semakin membuat gundah orang tua ini, terutama apabila mendengar saran dari orang yang kurang bisa dipercaya.

Salah satu keadaan diatas adalah pertanyaan dari seorang ibu yang menanyakan apakah anaknya yang menderita Asthma boleh berolah raga ?, karena ada yang menyarankan demikian, tetapi karena si ibu ini sangat menyayangi anaknya, ibu ini tidak tega menyuruh anaknya berolahraga bahkan lebih bingung lagi ibu ini menyatakan bahwa anaknya akan batuk hebat dan sesak nafas setelah berlari-lari, apalagi olah raga, gimana ini ?.

Apakah benar anjuran itu ? anjuran itu sama sekali tidak salah, memang asma bisa timbul bila sianak berlari-lari karena itu merupakan salah satu pencetusnya, terutama bila menghirup udara dingin dan kering ( lembab ), karena itu perlu diperhatikan beberapa tips untuk anak asma yang berolahraga :

 * Apabila hendak olah raga, asma pada anak tersebut harus sudah terkontrol dengan baik ( artinya jangan pas lagi kena serangan asma disuruh olah raga !)
* Sebelum berolah raga harus melakukan tehnik pemanasan dulu ( warming up )
* Harus selalu menyediakan obat-obatan untuk mengendalikan serangan asma
* Olah raga terbaik untuk penderita asma adalah berenang dan bukan berlari, karena dengan berlari akan menyebabkan masuknya udara dingin dan kering kedalam pernafasan dalam jumlah besar dan mudah mencetuskan asma.

Dengan berolah raga diharapkan daya tahan tubuh sianak akan meningkat, sehingga bila berhadapan dengan faktor pencetusnya tidak akan terlalu berat gejalanya.
Advertisements

41 Responses

  1. ayooo semangat olahraga…

  2. Mungkin olahraga renang memang baik bagi anak penderita asma, karena saat melakukan olahraga renang adalah berhubungan dengan terknik pengambilan nafas yang harus di lakukan secara teratur. kalo g teratur, bukan asmanya yang kambuh tapi kembung karena minum air.

  3. semoga bermanfaat
    nanti saya coba promosikan dech ke keluarga , siapa tau bisa menyehatkan banyak jiwa
    amin
    kunjungan balasan nich

  4. Olahraga renang memang konon bagus untuk penderita asma. Tapi perlu diperhatikan juga penderita asmanya bisa berenang ataiu tidak. Salah-salah nanti malah berbahaya kalau tidak bisa renang tetapi kita suruh berenang.

    #salam kenal juga, Mbak#

  5. ..nah, kebetulan saya punya bakat asma (dikit), terutama kalo lagi ketemu sama nicole kidman, hehehehe.

    thanks atas kunjungannya ke tempat saya, omong2, di flash header ga ada kim bassinger, di situ naomi watts n nicole kidman. sepintas memang mirip kim bassinger. blog ini juga udah aku link-kan.

  6. Tenks banget buat tipsnya, nendang banget..

  7. nice tips 😉
    btw, salam kenal juga mbak/mas rita 😀

  8. mudah2an bisa diinfokan lagi ke yang laen yang membutuhkan…
    🙂

  9. saya simpan artikelnya… semoga bermanfaat bagi yg membutuhkan 🙂

  10. apa berenang satu-satunya pilihan
    kalo pas kambuh sewaktu berenang apa ndak lebih berbahaya?

    -sekedar bertanya-

  11. postingan yang bermanfaat nih
    🙂

  12. thx infonya..
    moga2 kedepannya aku g kena asma

  13. hadoh sayah olahragawan apalagi dokter….jadi sayah gak tauk musti njawab apah… :mrgreen:

  14. ups…harusnyah==>
    hadoh sayah BUKAN olahragawan apalagi dokter….jadi sayah gak tauk musti njawab apah… :mrgreen:

  15. katanya renang bagus yah tuk penderita asma…

    aku alhamdulillah asma ilang begitu saja… katanya sih krn aku bertaun2 tinggal di daerah pantai…:P

  16. Ini terinspirasi dari film goal, cerita seorang pemaen sepak bola yang menjadi pemaen dunia, padahal dia asma, sebelumnya dia sembunyiin asma nya dari pelatihnya, eh ternyata sekarang asma itu udah ada terapinya, akhirnya dia bisa maen bola lagi…..

    itu di film, mungkin kenyataanya juga begitu ?

  17. moga-moga postingan saya banyak bermanfaat , silakan dibaca atau di copas, kalo ada pertanyaan bisa langsung ke email saya, makasih..
    Mengenai tinggal dipantai / membawa ke pantai penderita asma memang sangat baik karena diharapkan bisa menghirup udara dipantai yang bebas polusi, tetapi sayangnya tidak selalu udara pantai bebas polusi jadi harus pilih pilih pantainya….

  18. Mungkin kadar olahraga bagi anak athma juga ada takarannya sendiri agar tidak memicu pencetus athma-nya. Yah, harus menjaga keseimbangan antara menumbuhkan daya tahan dan menjaga agar faktor pemicunya tidak kambuh/muncul.

  19. salam kenal mbak 😀
    asma saya baru muncul setelah dewasa, aneh ya ?
    dingin, debu, pilek, dan kelelahan berlebihan sering menjadi pemicunya

  20. lah mas rita tho jebule 😀

    anakku jg terkena bawaan asma dari lahir, tapi semua aktif alhamdulilah tambah gede tambah baekan.

    oya apa bener ya katanya klo bawaan asma dari lahir terus gedenya bisa muncul lagi apalagi klo pas hamil?

  21. @pank: lo sukanya ol apa pank….
    @ivanbatara: hehehe iyee
    @realylife: silahkan.. amien, makasih udah mampir
    @MAW: iya, bener mas thax..
    @Ferdy: hehehe oo gitu ya hihih aku keliru mas, thx mas, blognya juga ta’ link sini..
    @diorockout: sama2 thax udah mampir ya
    @Epat: masih mas, sama2
    @tc: iya, thx mbak udah mampir
    @jafis: silahkan, thax ya udah mampir
    @tony: makasih mas tas masukannya
    @achoey sang khilaf: thax ya..
    @Okta Sihotang: semoga, thax udah mampir
    @abeeayang: hehehe gak papa ko’
    @Raffaell: hehehe thax udah mampir ya….
    @icHaaWe: iya mbak saya jg dengar kalau hawa pantai itu bisa meningkaatkan kemampuan aktivitas paru@….. gmna para pakar? silahkan di tambahin ya… thax
    @Teddy: terimakasih atas tambahan penjelasannya dokter
    @Yari NK:iya mas…
    @dadan: salam kenal juga mas. Asma salahsatu pemicunya alergi. Alergi muncul karena daya tahan tubuh tidak bisa menrima suatu zat, cuaca.. jdi sekiranya sudah besar tiba2 muncul asma berarti daya tahan tubuh menurun sehingga tidak tahan terhadap suatu zat atau suhu…Dokter bisa ditambahkan, silahkan
    @kenny: hehehe… ada hubungan sih… tpi ni asli mbak rita ko’ ……. :D……
    mengenai asma………. kita tanya ahlinya ya…..
    Pak dokter, pertanyaan buat anda……. “silahkan dokter”….
    Trims tas kunjungannya ya mbak, keep in touch…..

  22. Jadi pak Ritanya yang dokter? 🙂
    Ok, deh. TQ, dokter Teddy!

    btw, jadi inget guru privat renang-ku yang sekarang udah almarhum, euy.

  23. Info yang berharga. Nice post.

  24. jadi inget sama teman sekolah dulu, punya astma, tapi suka sekali kalau ada kegiatan olahraga…bisa dibilang sebagai provokatornya 😀

  25. @pank: fan, olahraga yuks?:D

  26. yang lebih bagus lagi katanya olahraga olah napas seperti Merpati Putih itu mbak………

  27. wah jd nambah pengetahuan neh. emang olahraga perlu bg semua org ya ga cm yg sakit. ada ga tips yg bisa bikin org ga males olahraga 😀

  28. Wah bermanfaat banget mbak… kayae kudu olahraga nih.. capek didepan monitor terus…

    Iya, tips biar ga males Olahraga ada ga? 🙂

  29. makasih mbak…kebetulan anakku yang sulung..(halah..wong cuma 2 …) asma…walaupun bukan yang parah dan sampe sesak nafas segala sih…dan emang anjuran dokternya adalah renang dan bersepeda…tapi sebelnya karena daya tahan tubuh anak asma memang tidak begitu bagus…setiap dicoba berenang malah jadi batuk pilek….jadi skarang cuma rajin berjemur pagi hari sambil jalan kaki keliling kompleks tuh….

  30. kalo ketawa super ngakak juga bisa bikin asma kambuh…
    jadi bagi penderita asma kalo ketawa dianjurkan ketawa dengan menggunaan style jaim aja, huehuehue…

  31. kalo olahraganya angkat beban, smackdown, tinju… boleh nggak? 😀

  32. langsung mabur deh tu asmanya hehehe

  33. Info yang menarik. Seneng bisa mampir kesini. 🙂

  34. berarti olahraga itu tadi adalah obat yang paling manjur dong…

  35. makasih ya, sudah mengunjungi blog saya.
    postingan tentang asmanya informatif banget mba

    warmest regards,

    Ivana

  36. Mengenai asma bawaan trus besarnya bisa muncul / kambuh ?, sebetulnya kemunculan asma disebabkan karena ada faktor pencetusnya, jadi kalo bertemu pencetusnya ,pada usia berapapun akan timbul penyakit asma, yang perlu diperhatikan bila daya tahan tubuh lagi baik, kadang bila bertemu pencetusnya tidak akan menimbulkan asma.

  37. hi rita, makasih dah mampir ke blog dakuh 😉
    btw daku asma dari kecil, bahkan dulu tiap bulan sakit 4 hari, huhu…. dari kecil juga tiap shubuh renang di komplek, hasilnya? tetep tuh, hihi… tapi semakin beranjak dewasa lama2 daku bisa mengontrol asmaku sendiri. kalo dah mulai mau flu kudu istirahat bener2 supaya gak kambuh. dan bener juga, jangan disuruh lari, bener-bener penderitaan!

  38. @Vina Revi: hehehe mbak Rita., bukan dokter…..
    @Rafki RS: thax ya mas..
    @indo: hehehe ketahuann…
    @nico: co sukanya ol apaan….
    @endangpurwani: thx tas pemberitahuannya ya….
    @ayu: nanti kita tanya ma ahlinya ya hehe…
    @azaxs: kudu mas, hehehe
    @rhainy: kayaknya anak mba tidak cocok di terapi dengan cara berenang ya…
    @Jiban: langsung mabur deh tu asma sekalian orangnya hehe
    @Bolgguebo:makasi… senang sdh mampir..
    @Jiban: semoga mas.
    @Ivana: makasih mba…
    @Dimas: oww renang ternyata kurang tepat buat dikau mas….
    asma juga bisa dikontrol ya…. oiya nih jg kayaknya cocok untuk sesak nafas karna batuk, asma, Cordycep, bisa dibeli di stokis Tianshi…..

  39. […] lebih ke exercisenya mau apapun itu renang, lari, sepeda, dll. kan kalo banyak gerak berarti bugar jadi penyakit gak bakal mampir. mensana in […]

  40. Setuju mba…. corporisano.. thax 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: