Selamat Satu Abad Kebangkitan Bangsa

       Dokter Soetomo

Preview

Seratus tahun silam, hari  minggu,  pukul 9 pagi, 20 Mei 1908, bertempat di salah satu ruang belajar STOVIA (Sekolah Dokter Jawa), Dokter Soetomo mengatakan bahwa Masa Depan Bangsa dan Tanah Air  ada di tangan  mereka (Para Pemuda), dan  lahirlah Budi Utomo…..Menggagas perlunya  Membangun  Kesadaran   Berbangsa melalui Pendidikan dan Kebudayaan, yg akhirnya ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional….

“Masa Depan Bangsa dan Tanah Air ada di Tangan Pemuda”

Yang Kuketahui,  Bahwa, ingin menuntut ilmu dimana saja negara melindungi hakku sebagai warga negara yang berhak mendapatkan pengajaran.  Sekarang aku bebas pergi kemana sesuka hati tanpa harus khawatir dikenai peluru nyasar karena tak ada lagi peperangan.  Bebas pergi kemana sesuka hati karena   orang -orang pintar telah menciptakan berbagai sarana transportasi, dan aku bebas memilih. . Aku bebas mengeluarkan pendapat walaupun terkadang aku menuduhmu tidak memihakku, Bangsaku. Kami saling menuduh, saling membenci, saling aniaya, memfitnah, menghujat menghancurkan satu sama lainnya, namun tak setapakpun langkahku kau enyahkan,  Bangsaku….

Yang tidak Kuketahui, adalah,  Apa yang sudah kulakukan untukmu, Bangsaku?, pengorbanan apa yang sudah kulakukan untuk mu, Bangsaku?, seperti pengorbanan  yang telah dilakukan oleh para pendahuluku. Keikhlasan atau kerelaan apa yg telah kupersembahkan untukmu seperti engkau menaungi tapak demi tapak langkahku (aku tetap di sebut rakyatmu, Bangsaku., Tanah air Indonesia)… ..Berjuta asa di gantungkan di pundakmu,  Bangsaku…..

Mari bersama berbuat sesuatu, (sekecil apapun) demi membangun dan  menyongsong Masa Depan Bangsa yang Cerah, Maju, Berkembang

 Selamat Satu Abad Kebangkitan Nasional

20 Mei 1908——–20 Mei 2008

 

Advertisements

69 Responses

  1. HUaaaaaah, g Trasa semboyan kebangkitan negeri ini telah bergulir yang ke-100 kalinya.
    Sebagai bangsa yang baik, semestinya selalu belajar kesalahan terdahulu untuk berkarya lebih baik demi terselenggaranya pembangunan.
    Tapi apa mau dikata????
    Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin kaya utang. ;P

    Ada satu hal yang cukup menggembirakan.
    “RAKYAT MISKIN SEMAIKIN TURUN” ??????

    Turun temurun sampe anak cucu. 😉

  2. Lama aku ga baca kalimat slogan semacam itu.
    Terus aja digelorakan.
    Bangsa ini sudah tidak bisa berbasa-basi lagi.

    Maju terus!
    Sekali berarti, sudah itu mati!

    Tabik!

  3. BANGKITLAH INDONESIAKU……
    MAJU.dan JAYA!!!

  4. terbakar lagiii semangat nasionalismenya bun!*berapi-api*

  5. bangkit negeriku
    harapan itu masih ada

  6. Mengutip Deddy Mizwar:
    Bangkit artinya Takut. Takut melakukan korupsi dan mengambil hak orang lain.
    Bangkit artinya Susah. Susah melihat orang susah. Senang melihat orang senang.
    Bangkit artinya Mencuri. Mencuri perhatian dunia dengan prestasi kita.
    Bangkit artinya apalagi ya……Saya lupa. Mungkin yang lain mau menambahkan.

  7. AYO BANGKIT BANGSAKU…!!!
    semoga peringatan ini bukan seremoni belaka…. 😦

  8. Hidup Pemuda !!! *hiks sayah dah tueeekk*

  9. seabad kebangkitan nasional semoga bukan seabad penderitaan rakyat

  10. Ach saya mau siap2 jadi komandan upacara hari ini hehehe (upacaranya terlambat 2 hari 🙂 )

  11. @bermula : hihihih…. bisaa aja……..
    @Zul : Maju Terus Pak!!!, Tabik!!!..
    @indra1082 : Semoga, amien..
    @nico : semnagat nic, merdeka!!(ngepal up)..
    @achoey sang khilaf : yup, harapan tetap ada…
    @heryazwan : hhmmm nungu pas iklan aja ya mas..
    @HILMAN : semoga…..
    @JoEy D’ JuVe : umur boleh tueeekk tapi semangat tetep……. tueeekk heehehe…. mafff….
    @sluman sluman slamet : hihihihhih..ops maafff, iya bukan seabad penderitaan kita….
    @Aris : hehehehe maaafff telat dua hari ya……..hikssss

  12. Salam
    Yup bangkit dimulai dari diri sendiri dengan membuat hari esok bisa lebih baik dari hari ini. Indonesia Bisa!!!

  13. apakah kita yakin bisa bangkit dari keterpurukan yang telah mengakar dari semua aspek kehidupan karena saya melihat 100 tahun kebangkitan nasional kita justru berada diambang kebangkrutan nasional.

  14. nyokkk semuanya berbuat sesuatu buat negeri ini

  15. hidup Indonesiaku

  16. ayolah bergerak! salam kenal…

  17. ayo majuuuuuuuuuuuuuuuu (teriak)

  18. INDONESIA BISA !!!

    cintai negeri mu, bangkit lah negeriku..

  19. Semoga bukan kebangkrutan nasional…… lagi?
    dan hingar bingar peringatan ini pun semoga bukan hanya jargon kosongan

  20. @nenyok : Ya mulai dari diri sendiri, dgn hal2 kecil
    @hermanussugianto : Bagaimanapun harus tetap optimis mas, yg sudah terjadi ditnggalkan aja kita gak mau buang2waktu mikirin hal kemarin..
    @realylife : Yuuuukk..
    @masmoemet : Hidup juga mas…
    @wier : Salam kenal juga mas, thx udah mampir
    @Okta Sihotang : ayoooo …..
    @cempluk : Yaa bisa mas…
    @Epat : Semoga, semoga……

  21. jargonnya dah bersemangat sekali.. indonesia bisa!

  22. ayo bangkit blogger Indonesia!!!!….

  23. Kebangkitan bangsa belum lengkap jikalau bangsa kita belum bisa bangkit dari keterpurukan di mata dunia internasional………

  24. oh, dah siang toh??
    oahhhmmmm…

  25. sepertinya untuk saat ini masih perlu diadakan “kebangkitan bangsa yang ke dua” 😀

  26. Semoga bangkit yang ke seratus ini betul-betul bangkit dari keterpurukkan.

  27. mm…setuju sih…
    tapi kalo diingat-ingat kabar bahwa BBM bakal naik…jadi down lagi,hehehe…
    met harkitnas!!

  28. tapi,..
    tapi,….
    selalu ada tapinya kan?

  29. eh ada yang lupa,..
    salam kenal yah,..

  30. yang kuketahui, sejarah itu getir. yang tak kuketahui, akan berujungkah kegetiran itu?

  31. ayo bangkit indonesia

    “INDONESIA BISA”

    itulah slogan untuk 100 tahun kebangkitan nasional!

    seperti iklan M150 , bukan iklan lho he he

    mari semua optimis untuk indonesia bangkit

    regards

  32. Jangan pernah berfikir apa yang telah diberikan Negara ini untukmu

    Tapi berfikirlah apa yang telah kamu berikan kepada Negara ini

  33. bangkitlah bangsaku… dimulai dengan naiknya BBM… hahahaha… (tertawa enteng ala Jusuf Kalla)

  34. ayo, Indonesia Bisa
    salam kenal mba 🙂

  35. Teori seh Lebih Gampang daripada prateknya….
    Kapan Bangkitnya bangsaku ya…BBM dah naek euy…Tapi gaji gw kaga naek-naek euy….hiks..hiks…

    Thanks

  36. @leah : Semangat !!..
    @pank : Semangat juga !!..
    @Yari NK : Harus bangkit dari keterpurukan…..
    @Rahma : hehhe kesiangan dehh…
    @Jiban : Perlu, perlu ya mas?? hehehe…..
    @Rafki RS : Semoga Pak…amien..
    @ivana : hehehe, met harkitnas juga (ngepal up)
    @bayu : Tapi ?? hihhih what ever deh…., lam kenal jg mas
    @SIALLAGAN : Hmmm Kita benar2 tidak tahu….thx udah mampir mas…
    @ridhocyber : hehehe Indonesia Bisa ……thx dah mampir mas
    @dafhy : Setuju mas…. InsyaAllah…
    @ichanx : hehehe……bisa aja….
    @away : Bisa !, Salam kenal juga, thx dah mampir mas….
    @4guwija : I’m sorry to hear that…. hikssss

  37. gmna nih, kayaknya pemerintah memperingati kebangkitan nasional, dengan kenaikkan BBM, jadi keterpurukan nasional..

  38. tetap semangat…!
    cayoooooooooo!! 😀

  39. kyknya arti 100 thn kebangkitan nasional itu g ad artinya..
    buktinya sama2 aja tuh kehidupan ini, susah 😦

  40. Walah bagusnya sajian sampeyan. Selamat.

  41. kalo lagi kecewa begini… gara-gara BBM, sepertinya mau bangkit begitu berat…

  42. Negara dan bangsa ini proyek bersama kita semua. Ada banyak kebobrokan yg makin menjadi di negeri ini. Dan kita sendiri yg harus memperbaikinya. Bukan siapa2. Negeri ini rumah kita bersama. Memang benar seperti yg banyak orang bilang, perjuangan di negeri ini ndak akan pernah berhenti.

  43. Jadi tersentak. Iya juga, apa ya yang sdh sy buat utk bangsa ini? Yang ada sy kerja sekarang sbnrnya bukan u/ bangsa tp u/ diri sendiri, u/ cari uang, biar bisa senang-senang, dst.
    Ga mikir u/ bangsa & negara.
    Tp jgn ditanya soal nasionalisme…kita mau kok diajak perang ama Malaysia.. **kok malaysia lagi? :p!

  44. maju terus indonesia! walaupun keadaannya sangat sulit seperti ini, tapi tetap ada secercah harapan untuk indonesia yang lebih baik..

  45. udah satu abad kebangkitan nasional
    udah sampe dimana kita ini sekarang ? 😀

  46. Merasa ikut bangga sebagai bangsa Indonesia…:D

  47. ass.

    BANGKIT NEGERIKU, HARAPAN ITU MASIH ADA!!

    dimana saja dan kapan saja, PERUBAHAN ITU SELALU DIMOTORI OLEH PEMUDA……….

    HIDUP PEMUDA !!

    salam kenal mbak Rita, thanks udah mampir dan komen diblogku. aky link ya

  48. ayo bangkitlah indonesia…

  49. Hmm……. m…… ya… ya…
    Ciayo dech !!! 😀

  50. salam perempuan dari bandung
    aku, puang cahaya dewa bakka mattaliu yang berhati singa bermata elang, tidak takut mengatakan kebenaran walau seribu santet minakam jantungku.

    semua telah keberikan kepada negeri ini, dengan membayar pajak…. tapi kemana hasil pajak yang ku bayar.
    kenapa di negeri ini masih banyak orang mati kelaparan?????

  51. @diorckout : BBM…. oh.. BBM…..
    @eNPe : Tetep semangat juga (ngepal up)
    @Okta Sihotang : Optimis nyo’….
    @Ersia Wamansya Abbas : Terimakasih mas….
    @wku : Dikuat-kuatin mas….
    @Johan : ya perjaungan gak kan pernah bethenti bang
    @Zee : hehehe, iya ,iya, pasti hehe…
    @jimmi : Ya tetap ada harapan tuk bangkit….
    @dadan : Baru bangun ya mas…. hehehe
    @indo : Alhamdulillah…. sama..
    @Alex : Waalaikum salam, bangkit pemuda!… makasih, silahkan….
    @christi : Bangkit Indonesiaku!….
    @pras : hhhmmmm hhehe
    @puang : Hehehe…..maaf, perempuan rupanya…

  52. semangat moral manusia yang bobrok telah menggerogoti negara ini, jika sudah begini. jangan ambil bagian di dalamnya. jadilah manusia yang bermoral atas dirimu.

    wew…., udah banyak banget relasinya yang terlihat dari comment list. sip dah. Cayyo bloger Nusantara

  53. belajar dan bekerja dengan baik juga sebuah andil untuk bangsa dan negara, profesi apapun. Yang membuat bangsa terpuruk adalah aturan main yang disalah gunakan, dilanggar tidak dihukum semestinya, sehingga bangsa yang tadinya alim menjadi brutal.

  54. mari Bu rebut kembali…
    heheheh..
    🙂

  55. ^_^ Menjadi NEGARA MAJU atau NEGARA MATI sekalian…!! Ayo.. di tangan kita semua nasib bangsa ditentukan.

  56. Dulu nilai pelajaran sejarahnya pasti 100 niyh hehe…

    Setuju mba, mari bersama berbuat sesuatu untuk bangsa tercinta, mulai dari diri sendiri dan hal-hal terkecil… 🙂

  57. semanagt… ayo bangkit…. *jadi eringet petuah dedy mizwar di TV.. hiks..*

  58. apa ya, yang sudah saya perbuat untuk bangsa ini? saya juga bingung…

  59. mari kita bangkit dari keterpurukan.

  60. wah, semangat nasionalisme nya patut diacungi 10 jempol nih 🙂

    samalm kenal mbak

  61. Wah Indonesia sekali….selamat Indonesia…Engkau mampu menaikan harga BBM. Mudah mudah-mudahan derajat rakyat bisa ikut naik….karena rakyat yang telah memberikan banyk hal untukmu Indonesia….

  62. aku setuju ama heryazwan tuh mbak…maksudnya setuju ama deddy mizwar hehehe…

  63. Ada yang bilang: 3m. Mulai dari diri sendiri; Mulai dari sekarang; Mulai dari yang simpel-simpel dulu. Mari bangkit! (Kepal ups)

  64. Hayo bangkit! Semangat!

  65. Kata-kata cerdas dan bagus … Mari bersama berbuat sesuatu, (sekecil apapun) demi membangun dan menyongsong Masa Depan Bangsa yang Cerah, Maju, Berkembang

    Selamat Satu Abad Kebangkitan Nasional

  66. kapan INDONESIA people bisa Nasionalis yaaa?

  67. Apa yang sudah kulakukan untukmu, Bangsaku?…wah pertanyaan ini juga kadang menodong sy saat berpikir soal cita cita masa kecil ingin jadi abri, malah kecemplung ke dunia programming 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: