Bolehkah Wanita Hamil Berhubungan Intim ?

Butuh informasi lainnya?
Langsung ke ahlinya, Dokter Teddy di >>
kolomkesehatan.blogspot.com

Buat para calon Ayah / Ibu ……
Ada seorang ibu muda yang lagi hamil menanyakan, apakah selama hamil dia boleh
berhubungan intim dengan suaminya agak sering, karena menurut temannya apabila
jarang melakukan hubungan intim akan mengganggu atau kurang baik bagi pertumbuhan
janin, apakah benar demikian ?

Biasanya pertanyaan ini sering kali diajukan oleh ibu muda yang hamil untuk pertama
kalinya, sebetulnya hubungan intim pada ibu hamil boleh-boleh aja, tetapi yang harus
diperhatikan adalah jangan sampai hubungan intim ini mengganggu janin. Jadi yang
harus diperhatikan adalah apakah ada riwayat keguguran pada ibu ini, kalaupun ada
tetap aja boleh, asal dilakukan dengan tidak kasar (lebih hati-hati), cari posisi
yang aman yang tidak mengganggu perut. Usia kehamilan yang paling pas untuk hubungan
adalah bulan-bulan pertama kehamilan dan bila mencapai usia 7 bulan sebaiknya jangan
lagi. Untuk yang normal/tidak ada riwayat keguguran pada kehamilan yang agak lanjut
juga tidak apa-apa tetapi tetap harus memperhatikan hal-hal tadi agar tidak sampai
mengganggu janin, dan tetap waspada apabila terdapat perubahaan sesudah hubungan
intim seperti adanya bercak darah, kontraksi rahim yang terjadi, atau keluar cairan
ketuban.

Hubungan intim yang jarang dilakukan pada kehamilan akan membuat pertumbuhan janin
kurang baik ?

Tidak benar sama sekali pendapat itu, karena tidak ada hubungan antara perkembangan
janin dengan hubungan intim, yang bisa mengganggu adalah apabila hubungan dilakukan
secara kasar yang akan mengganggu perlekatan janin di rahim.

Posted: By Dokter Teddy  29 May 2008 12:22 AM CDT

Advertisements

122 Responses

  1. *minta ijin CoPas untuk calon istri koleksi artikel*

  2. katanya libido wanita hamil besar sekali, betul gak ya? 😀

  3. Salam
    Jangan2 mba gy hamil neeh “waaah senangnya” *mendekap pipi dengan kedua tangan* 😉

  4. Terima kasih, semoga istri saya ikut baca. Lah, kami sudah jadi ayah dan ibu tiga ekor keturunan gajahkurus 😀

  5. wah ilmu yg bermanfaat untuk hari esokku….

    tapi denger2 (kata orang yg pernah neh), berhubungan intim ama istri hamil katanya lebih hot…..istri tampak lebih cantikkk..
    emg betul ya?

    ntar deh kl sudah waktunya saya buktikan sendiri….. 😀

  6. Kalo dah Tujuh bulan jangan lagi ?? mmmhhhh
    tapi banyak yang bilang tuhh justru disaat saat bulan terakhir, hubungannya harus sering, agar memudahkan jalan keluar sang janin…. huhuhuuhuuuu benar nggak yaaa ???

    aduuuh pengen maen ke sorowako euyyyy… kapan yaa… 😀
    tunggu ondangan dari Mbak RITA dulu deeh hehehehe..

    Salam Jabat Erat

  7. Tahu enggak mbak kenapa setiap bayi yang baru dilahirkan menangis?

    Karena pas lahir dan lihat bapaknya, ternyata beda dengan yang sering dilihat saat ditengokin sang bapak waktu di dalam perut. Saat di dalam perut, yang nengokin seperti ular berkepala botak, eh pas muncul ke dunia ternyata beda 🙂

  8. Sepertinya, sewaktu aku hamil kedua anakku rasanya I used to feel sexy so we made love at least once/day. And…nothing happenned w/ my babies.

    Salam kenal.

  9. Saat kehamilan sudah diatas 7 bulan, posisi mulut rahim sudah makin turun. Jadi mudah kena benturan si anu. Ini yg bikin rasa mulas bagi perempuan hamil saat berhubungan intim. Jadi menyiksa. Dianjurkan utk tidak melakukan hubungan intim kalau usia kehamilan sudah segitu. Kecuali kalau sudah kepepet.

  10. bukankah yang betul ini pertanyaan sang suami yang istrinya lagi hamil?

  11. @indo : Monggo mas…
    @Jiban : Hmmmm 😀
    @masmoemet : Boleh2 silahkan, moga cepet dapet ya mas…
    @jimmy : No comment 😀
    @nenyok : Salam juga, nggak ko’ 😀
    @gajahkurus : hehehe 😀
    @yusdi : hehehe… boleh, boleh….
    @JB’Log : Yg hrs ati2 bg yg kandungannya lemah mas. Mau kesini, boleh, boleh, mau kapan? aku bersedia jd driver’s 24 jam ko’ hehe….Salam Jabat Erat juga 😀
    @Aris : iiihhh mas Ariiiisss…. adada aja hehe 😀
    @juliach : Kecuali kalo kandungan nya bermasalah mba 😀
    @Johan Suryantoro : Iya mas, kecuali kepepet hehe 😀
    @Ndoro Seten : Dua-duanya perlu taw mas, kan kerja team?….

  12. wahhh kalo kayak beginian, kapan saja boleh kok… asal nyaman dan tidak terpaksa 😀
    Salam kenal kembali mbak

  13. hihihi….ga pernah hamel oiiii…

  14. Bu Rita, bisa dijelaskan apa yang dimaksud dengan “kasar”? Apa yang kasar menurut saya, belum tentu kasar menurut orang lain. He he…Ngeles aja…

  15. asyik nih… 😀

  16. Klo bagi yang belum punya istri gimana yah? 😀

  17. Mbak Rita dan wan-kawan semua

    Tau nggak BAYI yang baru lahir yang paling kuat, BAYI apa ?

    Makasih Mbak Rita, Insya Allah jika ada rejeki dan kesempatan mau maen ke Sorowako, sepertinya Indah & romantiis bangeet tuh daerah.
    Begitu juga Mbak Rita dan kawan semua jika ada yang berpesiaran ke Lyon atau sekitarnya, Insya Allah juga saya siap jadi Bodyguard 27 jam heheheheh..
    ditungku eh ditunggu kedatangannya Mbak Rita.

    Salam Jabat Erat

  18. Yang penting atuuuurrrrr posisi.

  19. @max : Asal aman buat sijabang bayi, ya bebas-bebas aja 😀
    @wieda : namun ikut tanggung jawab thadp janin yg dikandung istri kan? 😀
    @heryazwan : haduhh kita tanya dokter Teddy aja ya…..:D
    @awan : hehe 😀
    @Epat : Ya gak usah repot2 mikirin 😀
    @Empi Muslion JB’log : Bayi baru lahir paling kuaaattt eemmmm apayaaa….. nyeraaa dehh…
    Dengan senang hati, aku pasti jemput ke air port, tinggal bilang mau datang kapan 😀
    InsyaAllah ada rezeki, kita ketemu (kopdar nih?)di Lyon or sekitarnya, en bakal punya badyguard yg dampinngin 27 jam 😀 Salam Jabat Erat…
    @ubadbmarko : Atur posisi ya? 😳

  20. kayaknya agak berhubungan nich dengan masalah itu bu
    kakak saya adalah bidan di daerah terpencil di aceh selatan , saat ini sedang ada masalah
    kira2 ibu tau ngga ya , akses untuk mengadukan ini di depkes ?
    barangkali ada orang yang bisa kami konfirmasi
    atau ada layanan kontak umum ibu menteri kesehatan ngga ya bun?
    atas bantuannya , saya ucapkan banyak2 terima kasih
    mohon bantuannya ya bun

  21. boleh, aku adalah pelakunya. hahaha

  22. Baca2 aja deh dulu. Buat nambah ilmu bekal masa depan.

  23. jadi lakukan saja
    asal dengan pasangan yang halal
    dengan cara yang halal
    penuh cinta, kel;embutan dan tanggung jawab 🙂

  24. baca sambil nutup muka, hehehehe… 🙂

  25. hehehehe. nggak tau mesti komen apa …. hehhee.

  26. boleh boleh, salaj jangan gaya konvensional,..
    * doggie style
    * woman on top
    * hi hi sex education

  27. bener itu… temen sekantor dulu kuga pernah bilang, waktu istrinya hamil permintaan akan event orang dewasa tersebut meningkat tajam… huehuehue, bahasanya….
    sebenarnya dia kalo cerita terlalu spesifik… orang yang aneh…

  28. Jadi intinya mesti ati ati aja ya, jgn terlalu brutal maen nya, ehehehehe thanks atas infonya pak.

  29. eh, salah, buk…

    😀

  30. @realylife : Nanti nanya teman(siapa tahu ada yg paham harus mengadu kemana), kalau udah pasti aksesnya, baru aku kabari ya… 🙂
    @sungai : hhmmmm 😀
    @tini : Amienn….:)
    @achoey sang khilaf : Ditujukan bagi yg halal :).. dgn penuh cinta, (how nice):)… tanggung jawab, (harus !!hehe) 😀
    @tony : hehe… Gak papa 🙂
    @ikram : hehe… 🙂
    @Iman Brotoseno : ” DS?,.. why not 😳 … W on T?,… ( asal ati2 , krn kemasannya berat hehe) 😳
    @ashardi : hehehe.. iya ya?? 😀
    @Raffael : Ya..ya.. jangan brutal ya Ell…:D

  31. hohohohoho 😆 let’s go

  32. Makasih atas infonya

  33. suatu cerita bagiku di masa mendatang

    super

  34. tp masih banyak yg ga tau lho soal ini…krn trmakan mitos yg ga jelas..

  35. makasih infonya..
    dan saatnya PEMBUKTIAN…..

  36. udah melewati masa2 itu….

    klo kandungan memasuki umur 7bln pun gpp jg kan, tapi tergantung masing2 merasa nyaman apa nggak. Kebetulan aku dulu udah gak merasa nyaman jadi ya…. 😀

  37. Wah kayak dapet lampu hijau nih, hehehe

  38. mantab…….nambah pengetahuan bagi calon si ayah…..

  39. wagh..g tw apa2 negh 😉

  40. yg bisa jawab ini ya pasangan itu sendiri

  41. @zoel chaniago : Monggo mas 🙂
    @Edi Psw : Kembali mas 🙂
    @ILYAS AFSOH : Thanks :).. super juga!
    @christi : hehehe iya 🙂
    @alfaroby : Kembali, silahkan mas
    @kenny : Iya mbak 🙂
    @indra1082 : Boleh jalan hehe 🙂
    @Alex : InsyaAllah mas 🙂
    @Okta Sihotang : Sambil jalan aja ya 🙂

  42. waaah gimana niihh kok tetanggaannya BAYI yang lahir terkuat didunia nggak tau ??

    ; BAYI yang LAHIR di PALU …………. 😀 😉

    Kopdaran ???
    ayoooo… ??? dengan warna hati yang senang et riang.. 🙂

    Salam Jabat Erat

  43. @Empi MUSLION JB’log : Ihhhhh ko’ aqu gak taw sih yak??….Hehehe iya juga ya….
    Na kalo bayi yg paling tahan pedes??…. Kopdar?
    Dengan Warna hati Pink 😳
    Salam Jabat Erat Juga….

  44. Sampe mo brojol juga tetep hayuuuuukkkksss! wakakakak …

  45. Astaghfirullah..
    17 +

  46. walaupun saya belum merit tapi lumayan lah bisa dapatkan informai disini.slam knal http://www.hamsin.wordpress.com

  47. waduh… saya masih terlalu hijau untuk mengerti hal-hal yang begini…… (pasang muka polos)

  48. @Vina Revi : Huahahaha siiip dehhh 😀
    @diorockout : Merem aja ya… 🙂
    @hamsin : Silahkan mas..:)
    @ichanx : hehehe… hijau niyeee…..(gak pake daun muda khan???)… B’canda ko’…..:D

  49. yang saya tau juga kalo di film friends, waktu si Rachel ga juga melahirkan padahal udah lewat tanggalnya eh malah disuruh have sex tuuuh huhuhuh brati memang bukannya ga boleh kan ya?

  50. 😀 ini juga saya tanyakan ke dokter saya pas awal2 periksa kemaren… hehehe… ga kebayang deh muka saya pas nanya… abisnya malu… kesannya nepsong aja gituh… pdhl saya bener2 pengen tahu…

  51. malah saya pernah baca di media katanya kalo pada hamil tua sering berhubungan intim akan memperlancar kelahiran. soalnya cairan sperma akan menjadi ‘pelumas’nya… 🙂

  52. @natazya : Tentu boleh dan ada benernya, cuma bgi yg kehamilannya bermasala, di sarankan hati2… 🙂
    @carra : Hehe :oops:… lagi hamil ya mba? Selamat yah 🙂
    @panamerah : Selama kandungan baik2 saja, dan emang sdh waktunya ya gak masalah 😳
    @presty larasati : hehe 🙂

  53. Kenapa ga boleh….itu kan kebutuhan…kalau ga boleh lalu mesti ngapain hayo….pinter. kalau kaya blog ku berkelamin dua sih ga bingung he he he he

  54. mba rita kayak dokter hamil ya…ekh ahli kehamilan maksunya

  55. Mmm…
    rasanya malu juga ngasih komen (wakakaka….)
    dulu saya pernah nonton talkshow tentang topik ini (nah lo?)
    kata dokternya, malah untuk usia kandungan tertentu, malah dianjurkan…katanya biar si ayah nengok calon anaknya (ini kata dokter kandungannya lo)

  56. setubuh………!!!!!!
    eh……..setuju……….!!!!!!!!! 🙂

  57. Wah, terlanjur mbaca. Padahal belum nikah. Hehehe!

  58. umm… harus hati2 brarti ya? takutnya si jabang bayi terganggu…

  59. @mama : Boleh2 asal jangan ganas kata dokter 😳 , berkelamin ganda? two in one dong ya 🙂
    @mamas : Kebeneran ini artikel teman, Dokter Teddy (ada tertulis diawal artikel, mas 🙂
    @ivana : ckckckcck iya ya? hehe 😀
    @Yoyo : Hmmmm 😀
    @Yoyo : Lidahnya Keseleo ya mas?….:D
    @Daniel Mahendra : Gak papa, kategori dewasa ko’ 🙂
    @wier : Yaa 🙂
    @dwihandyn : 😀
    @nico : Anak2, kalo absen harus unjuk jari! : 😀

  60. Minta ijin buat copy postingan ini ya …
    Saya mau print dan kasih ke teman saya. Tempo hari dia menanyakan ini.

  61. emangnya wanita hamil masih kuat ya?

    *maklum blm pernah menghamili 😀

  62. Wooaa..
    Blom punya istri eung…
    he..he.. 😀

    Tapi, setauku yaa boleh2 saja. Asal dilakukan dengan aman. Komunikasi sangat diperlukan disini, jadi jangan asal maen-maen saja. *sok tau mode on*

    hoho..

    😛

  63. setau saya boleh aja.. apalagi menjelang kelahiran, katanya untuk mempermudah kontraksi pada saat akan melahirkan..

  64. kata sang jabang bayi. “Makasih ayah, goyang-goyangin adek. Jadi ngantuk nih..” he..he..

    Kalo perlu segala informasi pastikan kunjungi serba-serbi-web, diupdate tiap hari,
    ada English Class mulai 1 juni (Lihat di Kategori).
    Ok salam kenal.. mahendra
    thanks

  65. @BanNyu : Silahkan mas, dengan senang hati 🙂
    @wira : Hehe.. 😳 gitu ya 😳
    @Gie : Disimpen aja dulu ya.. 😀
    @gempur : Bener mas, kalo dah waktunya ya boleh lah …. Kecuali bg yg bermasalah, belum waktunya lahir , ya kata dokter kudu ati2 🙂
    @mahendra mahawira : hehehe ngacoo 😳 thax tas kunjungannya…:D

  66. kesimpulannya: bapak2 harus lebih bersabar
    betul tidak?

  67. kesimpulan nya boleh mbak
    tapi jangan sampai mengaggu si janin
    dan katanya itu malah bisa memperlancar saat melahir kan

  68. wadduhh belum pernah kawin tuh

  69. info yg sgt bagus nih 😉

  70. Sayangnya nggak di tunjukin posisi yang tepat itu gimana. Kalau nggak salah yang paling bagus itu adalah posisi ‘doggy style” ya Mbak?

  71. wah mudah2an jadi info berguna..sekarang yang penting bisa HAMILnya duluan dah…
    heuehuheue

    😛

  72. Set…
    Ntar ajalah tahu beginian kalau udah tahu rasanya… :mrgreen:

  73. walaaaah, kenapa saya tidak ketemu artikel kayak gini beberapa taun yg lalu. ternyata boleh to` . wah jadi inget dulu ampe puasa nyaris selama 3 x 9 bulan.

  74. wah…kirain boleh kapan aja. thankz deh infonya, ntar akan jadi catatanku.

  75. @hanggadamai : Silahkan mas 🙂
    @aAng : Iya dwong mas 🙂
    @yudhi14 : Iya mas, membatu kalo udah deket2 lahirin (kecuali yg bermasalah dan belum saatnya melahirkan)
    @thevemo : Hmm.. why not..:oops:
    @Catra : Disimpen aja ya 🙂
    @theleobizz : Makasin 🙂
    @Rafki RS : Mungkin mas, tergantung…. 😳
    @tc : Ya deh moga cepet dapet momongan ya.. amien
    @ardianto : Ok 🙂
    @Ferdy : Woww.. puasa berkepanjangan dwong 😳
    @jiwakelana : Kalo gak bermasalah, kapan aja boleh ko’ mas… makasih, silahkan 🙂

  76. kayaknya orang mens libidonya juga besar deh, ga perlu jauh2 nunggu hamil hehehe…. tapi kalo misalnya baru anak pertama, ngeri juga berhubungan pas hamil 😦

  77. Info menarik nih,..bisa ditunjukkin ke istri biar tenang ngasih jatah saat hamil..he.he.
    Salam kenal dari Bali Mbak, banyak info bagus,saya link ya !

  78. heheh gitu ya.. baru tau.. 😛 thanks infonya..

  79. Boleh…. sekali…. asalah dalam keadaan yang memungkinkan, biar “matang” kehamilannya 😀

  80. wahhh beneran gak papa ya?n dengar2 kalo spermanya itu bisa jadi tambahan protein buat si anak ya?.. salam kenal ya…

  81. jelas ngga boleh kalo berhubungan ama suaminya orang :mrgreen:

  82. wah, aku belum cukup umur mba….
    tapi lumayan buat pengetahuna nanti kalo udah punya istri

  83. Boleh donk mba, asal sama suaminya sendiri 🙂
    Kalau ngga, masak 9 bulan + 40 hari harus puasa 😦

  84. Boleh .. tapi jangan sering² dan kalo bisa nggak sering2x memasukkan seperma ke dalam .. 😛

  85. nambah ilmu neh,….boleh ya,..kebetulan istri saya belum hamil,..ntar klu udah tak suruh baca blog ini. 🙂

  86. Setahu saya, semakin tua usia kandungan, maka posisi yang diambil tidak boleh sembarangan.

  87. @fenny : 😀 Kalo gak ada kelainan, aman2aja ko’ melakukannya 😀
    @Artana : Makasih (mewakili Dr. Teddy temanquw), hehe…:D, ok dgn senang hati dan aku jg izin link ya 😀
    @vei : Hehehe, kembali 🙂
    @awan sundiawan : Hehehe, rupanya mas juga ahlinya hehe 😀
    @bogeloblast : Duhhh kalo itu gak ngerti, :D, lam kenal juga
    @arda86 : Heheehehe.. 😀
    @away : Kan ntar lagi mas…. moga2 deh 😀
    @kakanda : Iya, iya boleh ko, bebas selama gak ada kelainan di kehamilannya, hehehe kebangetan ya puasa panjangnya.. 😀
    @tintin : Hhmmmm 😀
    @avartara : Monggo mas 😀
    @Ade : Hehehe… gitu ya mas, siip deh… 😀

  88. hmm walaupun lom waktunya hehe,,,(karena lom menikah)
    tapi nice post.. nambah ilmu lagi pas sudah saat tibanya nanti…

  89. jadi boleh dong sampe sebelum melahirkan, harus hati-hati yach mbak. ………….. heheheh asik donk, mayan nich dapet ilmu baru……. alhamdulillah. berkah dah mbak rita, thanks infonya.

    Hihihih… yang pengantin baru……
    Alhamdulillah, amien insyaallha, kembali mas Ario ( aku manggilnya Ario biar ejaannya oke, deket ma nyonya Aini Aryo Bismo) Semoga manfaat (mewakili teman terbaik yg selalu berbagi hal manfaat, dr, Teddy)

  90. ouwhhh begitu ya mbak,, jadi boleh tapi asal jangan kasar,,,mungkin kalo ibaratkan musik jangan musik rock atau disko,,, tapi diganti ama musik jazz atau keroncong… gitu kurang lebih kali yak,,, hihihi,, tengkyu dah berbagi ilmu ya mbak 🙂

  91. boleh gak hub.intim usia kandungan 8 bln?

  92. Tolong dijelaskan dong mbak rita…dah gak kuat nih..

  93. Boleh dong mas selagi kandungannya gak bermasalah…….. kalau pun kondisi kandungan riskan, gak masalah namun setelah dikonsultasikan ke dokter dan dilakukan dengan hati2 (gak bringasan gitu hehe…:D

  94. klo menurut aku mah gpp ko soalnya itukan kodrat …hehehehe salam knal ya mba

  95. makasih infonya mbak…
    bbrp tmn saya jg ada yg mengatakan demikian, awalnya saya percaya tp sekarang lebih saya pertimbangkan..

  96. Alhamdulillah………..akhirnya dapat juga ilmunya. pokoknya terimakasih banyak dech. maklum baru mau jadi Bapak ni….heee.he…..

  97. bole bole aja..

    asal jgn kasar2.

    hehe

  98. gpp loh pada dasarny hmmm lebih………

  99. asal jgn kenceng2 n keseringan kali yah… 😀

  100. Kalo istrinya yang minta gimana, mau nolak gak enak nihhh

  101. Wah, infonya sangat bermanfaat buat pasangan suami istri. Thanks for your info…
    Saya udah link, tolong di link balik ya?
    http://babesajabu.wordpress.com

  102. wah infonya bagus banget nih buat pasutri, tp skrg saya blm menikah sih, hehehe

  103. rtfsrgsdfgesrggcrgvervgegergerg

  104. wah enakan suami dong..dah hamil harus ngelayanin lg ….he..he…tpi jgn sekarang ya sayang…karena aku jga lagi hamil ni…..

  105. waahh ..
    enaknya kalo hamil masih boleh begituan ..

    saya jga sering .
    sehari bsa 8 kali .

    bayinya jga bsa ikut seneng .hahaha

  106. trimakasihhh
    oh ya posisi yang baik , yang gmna?

  107. Aku sering berhubungan dg istriku yg hamil 3 bln tp nancepnya gak terlalu dalam, apa itu termasuk mengganggu janin?

  108. Assalammualiakum…thanks ya atas artikel dan penjelasannya….

  109. hubungan seksual selama hamil tetap boleh dilakukan. Tapi, pada tiga bulan pertama kehamilan, sebaiknya frekuensi hubungan seksual tak dilakukan sesering seperti biasanya.
    http://pvrization.webnode.com

  110. istri saya lg hamil…dia udah kluar duluan dan saya belom…….apa boleh saya trusin biar ikut kluar……misal di kluarin didalam berbahaya tidak…….

  111. Isteri hamil tua,sering sy di ajak main.q takut dg kandunganya.pertanyaan sy.ap epeknya klu sering berhubungan di usia kandungan 7 keatas.mks.

  112. tolong dong lebih dijelaskan,, soal ada yg bilang begini ada yg bilang bgtu.. aku masih bingung. thx

  113. Pa kh bnar ibu hmil 7 blan brhubungan sek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: