Mahluk Halus Pencabut Nyawa?

Pernah dengar orang kecelakaan trus meninggal disebabkan perbuatan mahluk halus?, itu yang santer dibicarakan sebagian kecil masyarakat  Sorowako..

Pada jalan yang menghubungkan Plant Site (lokasi Pabrik), dengan perumahan PT. INCO, tepatnya sebelum simpangan jalan Gunung Batu dari arah Plant Site, sering terjadi kecelakaan mobil terbalik padahal disitu datar- datar aja, gak ada jurang dan kebanyakan korban meninggal dunia. Suami temanku juga pernah mobilnya tertelungkup tetapi Alhamdulillah masih selamat…

Kata orang-pintar yang dapat melihat mahluk halus, kecelakaan itu terjadi karena kelakuan mahluk jahat (hantu) yg menghuni tempat itu…Jadilah jalan gunung batu dianggap keramat… Ada yang percaya bahwa hantu di gunung batu itulah yang sering menggulingkan kendaraan yg lewat yang mengakibatkan kematian(hantu pembunuh), kalau sedang marah (marah karena apa ya?)….

Dengan keyakinan yang mulai goyah disebabkan karena dangkalnya ilmu (keyakinan) , jadi penasaran pengen buktiin. Setidaknya ada dua pertanyaan yang harus kutemukan sendiri jawabanya yaitu

  1. Apa bener itu kerjaan hantu atau justru keadan setempatlah yg memiliki potensi terjadi kecelakaan, misalnya kondisi jalan dll.
  2. Merefresh pemahaman menurut hukum Alquran

Karena tidak bisa melihat hantu, setidaknya  lihat letak geografis, kemiringan tanahnya (cieee udah kaya ahlinya aja). Pukul 7.00 pagi aku berangkat ke te-ka-pe sendirian, lagian kalau ngajak orang rumah mana ada yg mau, kurang kerjaan banget kan. “Sidak” ke lokasinya sengaja pagi hari, soalnya kalau malem, ntar malah jadi korbannya…

Begitu jalan gunung batu sudah terlihat, mulai deg-degan juga soalnya gak ada siapa2 berhubung hari sabtu, pada gak ngantor kecuali yg masuk shift pagi. Mungkin aja hantu2 itu sudah menghalang jalanku atau siap membalikkan kendaraanku?, hiiiii jdi serem juga deh..Lah ko’ mulai merinding!…Tiba-tiba,…hffff… Cuma seekor kadal kecil melintas di jalan hehe… legah.…

Setelah bolak balik tiga kali putaran, baru ngerti, ternyata di daerah situ, jalannya  agak menurun, permukaan kurang rata, buktinya mobil oleng . Sudah gitu, tikungan tapi gak tajam. Nah karena tikungan gak tajam inilah yg sering membuat kita terlena, gak brasa ngebut. Penurunan dan permukaan jalan gak rata mengakibatkan kendaraan  oleng sehingga mudah terbalik ke luar jalanan…”Nahh ini!!, ini dia ternyata hantunya !!…hahaha, akhirnya, Pertanyaan pertama terjawab!”…. “Survey lokasi selesai, pulang akhh”……(ampe sini, kalau teman2 Sorowako punya asumsi berbeda, atau mau nambahin, dengan senang hati, silahkan).

Jawaban untuk Pertanyaan ke 2 adalah:

Seseorang tidak akan mati, kecuali jika Allah telah mengizinkan

”Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya…” [Ali ’Imran:145]

Oleh sebab itu pada berbagai Kecelakaan, berbagai Bencana  ada yang mati, ada yang selamat, Penyakit, Mendadak meninggal,  semua karena Kehendak Yang Maha Kuasa.

-Dialah Yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukannya ajal (kematianmu)…” [Al An’aam:2]

-… Tiap-tiap umat mempunyai ajal. Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak pula dapat memajukannya.” [Yunus:49]

Ayat2 Alqur’an tersebut diatas, memastikan bahwa setan, hantu atau semacamnya tidak punya daya dan kekuatan untuk merenggut nyawa manusia, melainkan sudah ditakdirkan oleh Allah, dengan cara yang berbeda, sesuai ketentuanNya dan hanya Dialah Yang Maha Mengetahui.

Ada yang mau nambahin? dengan senang hati, silahkan…:D

Advertisements

127 Responses

  1. setuju… banget.. nget.. nget…
    kata guru agama q dulu katanya hantu yang nampak itu sebenernya minta tolong untuk di doakan.. dan mereka sesungguhnya takut sama manusia.. jadi mana mungkin mereka bisa mencelakakan kita.. kecuali emang kitanya yang panikk..

  2. penjelasan mbak yang nomor satu masuk logika mbak, tapi emang sih sebagian masyarakat Indonesia masih sangat percaya dengan yang namanya ulah hantu….

    yupz, penjelasan nomor dua juga bagus banget. katanya sih “tiap yang bernyawa itu pasti mati”. ya yang punya kuasa pasti Allah. 🙂

  3. Semoga suatu saat negeri ini bisa diselamatkan dari hal – hal semacam ini…

    Salam untuk mbak rita

    Didit Fitriawan
    http://fitrahfitri.wordpress.com

  4. saya lebih takut sama rampok daripada hantu lhooo….

  5. hehehe…. mungkin lebih enak nyalahkan hantu daripada menyalahkan sebab lain.

  6. Tangkep aja tuh hantu, masukin krangkeng buat koleksi, he…he…, hiiiyyy merinding.

  7. waaaaa… bener tuh bun.. gw sering lewat gunung batu… titik tikung barengan ma turunan… klo kecepatan tinggi dijamin mobil bakal oleng n akhirnya telungkup deh… *pnglaman pribadi…
    Yg nomer 2… btul bgt.. smua dh diatur dgn rapi dan tidak meleset…

  8. @Andri : Alhamdulillah, manusia diciptakan oleh Allah SWT adalah paling sempurna, paling tinggi derajatnya dibandingkan dengan machluk yang lainya, 😀
    @dhedhi : Makasih, iya mas, masih percaya ulah hantu. Makasih, Allah Maha Kuasa…:D
    @15155st : Amien, lam kenal juga 😀
    @Iman Brotoseno : Hehe….. soalnya rampok suka bwa celurit sih ya mas..hehe ..:D
    @tony : Hehe…iya ya mas …:D
    @ubadbmarko : Gitu mas ubadbmarko ngendap2 mo masukin krangkeng ee malah hantunya yg mabur..soale pikir mereka ko ada senior kita disini ya? hehehe…(kabur akh sebelum ditabok)….:D
    @pank : Hihihi taw kan pank….Pasti, Allah Maha Mengatur.. 😀

  9. Maaf…… bila orang Isalam tidak mungkin berkata yang mencabut nyawa itu mahluk halus, Jin dsb. dalam islam kan itu tugas malaikat 🙂

  10. iyah emang bener kalo kadang tuh orang suka banget percaya sama yang gitu2an.. padahal sbenernya masalahnya balik balik lagi juga bisa dijelaskan secara ilmiah atau logis.. heheh.. setuju.. hidup kita ditangan Tuhan.. mau disaat2 segenting apapun kalo Tuhan masih mengijinkan kita hidup pasti selamat 🙂

  11. dan apabila ajal telah ditentukan bagimu
    maka kamu tak dapat memajukan
    atau memundurkan
    walau sesaat
    walau kamu berada di tembok yang kokoh
    (maaf ayat qur`annya lupa…)

    dan untungnya
    malaikat pencabut nyawa gak pernah salah alamat mencabut nyawa

    terus aneh aja
    memperhatikan ketidak mengertian masyarakat
    yang mulai menjauh dari Ulama

    salam
    ILYAS ASIA / 031 605 608 60

  12. mailto:andriaone@gmail.com

  13. Ikuti Kompetisi Matematika Nasional 2008 antar SLTA tingkat Nasional. Sebuah ajang yang membudayakan kompetisi antar siswa SLTA pada tingkat nasional bidang ilmu matematika, dan mengenalkan peran IT pada guru dan siswa SLTA.

    Jadwal Kegiatan
    Pendaftaran: 1 Juli – 5 Agustus 2008 Pelaksanaan 12 – 14 Agustus 2008

    Tempat Kegiatan
    Grha STMIK AMIKOM Yogyakarta,
    Jl. Ringroad Utara Condong Catur, Yogyakarta.

    Pendaftaran
    Biaya Pendaftaran: Rp. 50.000,- / tim
    Tempat Pendaftaran: via Online http://kmn.amikom.ac.id
    Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer Bank Mandiri cab. Gejayan Yogyakarta
    No. Rek. 137-00-0540110-0 a.n. Armadyah Amborowati

    Penghargaan (Award)

    * Juara 1 : 10 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Juara 2 : 8 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Juara 3 : 6 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Harapan 1 : 4 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta
    * Harapan 2 : 2 juta rupiah + beasiswa studi di STMIK Amikom Yogyakarta

  14. setujuuuu!
    btw bun, kurang skrinsutnya:D

  15. mbak… terus… itu poto apah? *sambil menatap dengan nanar*

  16. Koq iseng banget sih pagi2 harus liat, hari sabtu lagi…
    tapi salut Mbak, rasa penasaran bisa ngalahin rasa takut…kalo gue sih…mending terusin tidur * abis hari sabtu 🙂

  17. * salah kasih url…:)

  18. banyak tempat yang sering terjadi kecelakaan dikait2kan dengan setan.. padahal pasti ada penjelasan logisnya, tanda bahwa tingkat pendidikan di negara ini masih rendah..

  19. @kelepon : Iya, harusnya gitu, tapi sayangnya sebagian kecil ada yg beranggapan seperti itu 😀
    @Jane : Mediatornya macam2, kcelakaan, sakit, dibunuh dan lain adala takdir kita bahwa kita akan dijemputmelewati kejadian seperti itu dan hanya Dialah Yang Maha Mengetahui mengapa harus seperti itu, Subhaanallaah 🙂
    @ILYAS ASIA : Tdak dapat di undur atau di majukan di Yunus (surah ke 10) : 49
    @myviolet : Makasih infonya, ini berguna bagi siswa siswi yang berbakat dalam pelajaran matematik, dengan info yang terbuka seperti ini IsyaAllah banyak yg dapat ikutan
    @nico : Kalo urusan yang satu ini, nico ahlinya hehe…:D
    @Dimas : Gambar hsl gugling, kebetulan mirip dengan penggambaran yang terjadi disini. Bagi orang yang percaya, kabut putih berupa sosok tidak jelas ya itu lah hantu sang pencabut nyawa (kurang lebih seperti itu). Kita tahu selain manusia masih ada mahluk lain di muka bumi ini yang bernama jin
    soleh dan jin kafir (setan,iblis) . jin
    dapat menjelmakan diri dan suaranya sehinnga dapat tertangkap oleh manusia tertentu…
    tujuannya adalah MENGGOYAHKAN IMAN dan
    MENYESATKAN MANUSIA
    Tetapi sesuai ayat diatas, Allahlah penentu ajal melalui malaikat maut.” (As-Sajdah: 11)
    @indo : Iya mas, penasaran ingin segera dapetin jawabannya 😀
    @indo : Hehe…itu blog mas juga ya….:D narsis abizz
    @jimmy : pemahaman agamis sebagian kecil masyarakat belum memadai 😀

  20. bukannya malaikat pencabut nyawa emang makhluk halus mbak (ghaib) ?

  21. Wah klu yg ini saya ga ikutan,…cukuplah bergabung dunia maya,…tidak didunia ghaip,…:)

  22. aku setuju banget dengan pendapat diatas… 🙂

  23. Jadi yang lebih mungkin bersalah harusnya Dinas Pekerjaan Umum, bukan Hantu hehehe…. 😀

  24. keren banget bahasannya , mbak.. tadinya udh siap2 mo closed ni wp nya..ehh ternyata Mbak Rita berani juga ya bikin riset di tempat yg ‘katanya’ serem… 🙂

  25. yah, kalo mang waktunya mati berarti dah takdir Tuhan… tul gak? sorry pak! OOT… hehehe

  26. ndak tau ah…syerem baca yang gituan…

  27. hantu
    tuhan
    tuhan
    hantu

    ga beda jauh. mesti waspada aja 🙂

  28. untung gak mesti make mobil di tempat seseram itu ^_^

  29. @iway : Iya bener mas…. Mahluk halus yg dimaksud di atas yg Jin kafirnya -nya ( iblis, setan).. 😀
    @avartara : Ok, enakan di dunia maya ya gak ada jinnya hehe…:D
    @Jiban : Makasih mas, semua kerana Allah..:)
    @Adis : Yup, sepertinya gitu hehe 😀
    @kucingkeren : Makasih…..Hihihi, diberani2in…. 😀
    @gempur : Yah semua ditangan Allah… Oya mas aku nih perempuan, ko’ pak sih?….perlu bukti? hehe.. 😀
    @ick : Hihihi.. nyante aja, hantunya gak gigit ko’ hehe. thx ya dah mampir 😀
    @tukangobatbersahaja : Waspada, waspadalah..hehe:D
    @Petra Barus : Biar pasti(karena yg akan dicari tau mengenai jalanan, kemiringan, permukaannya) sebaiknya kendaraan beroda 4 biar akurat mas…. (kebanyakan yg terbalik, mobil)

  30. serem… ceritane….
    tapi lega, setelah ada kajian ilmiahnya! wekeke

  31. Aku masih kurang yakin, ada makluks alus yang bisa nyabut nyawa, kalo bisa wah aku pasti takut kalo ndirian

  32. wah… si om ini yg buka praktek di manggarai ya… hiks…hiks…

  33. salam
    he..he.. hantunya hebat amat yak.. pastinya kematian datang jika ajal menjemput, betul begitu Bu ??

  34. wah jadi serem

    tapi kayaknya itu cuma asap deh 😀

  35. wah, kalo gitu sih namanya suka mengambinghitamkan tuhan. orang karena memang salah kita sehingga kita celaka, masa tuhan yg disalahkan karena dianggap itu sudah takdir dari tuhan.

  36. @kuclukz : Iya karena itu cuma penggambaran dari crita yg qu denger..:D
    @Raffaell : Yang nyabut nyawa tentu Allah, bukan mahluk halus yg berupa iblis atau hantu.. 😀
    @masenchipz : Maksud mas?? 🙂
    @nenyok : Waalaikumsalaam..Hehehe itu seperti yang digambarkan orang yg “bisa liat hantu”, (gambar hasil gugling)..:D = hantu buatan,,:D Kalau ajal menjemput, udah pasti mati 😀 ketentuan dari Allah
    @achoey sang khilaf : Iya emang itu bukan hantu benereran, itu cuma sekedar penggambaran dari org pintar(ngaku liat hantu), gambarnya ma hsil gugling….nyari gmbr sama dgn critanya, eh ketemu..:D
    @anton : Mengatakan Takdir Allah memang seharusnya gak mengandung sangka buruk terhadap Allah. Kesalahan, kemalangan yang menimpa kita karena ulah kita sendiri, itu tak ada apa-apanya dibanding kekuasaanNya. Mudah2an bukan mengkambinghitamkan tetapi yakin akan kemaha kuasaanNya, walau celaka krna kesalahan sendri tpi Allah mengiginkan kita selamat maka kita akan selamat, ini bermakna semata-mata karena kepasrahan kita kepadaNya, dan seharusnya demikian.. Hidup ini ada dalam kekuasaanNya, Dia Maha Mengatur…

  37. kalo mobil jalan kecepatan tinggi di jalan yang datar, oleng sedikit ajah, misal ban kempes/meletus, atau ada lobang dan si pengemudi tidak bisa mengendalikan, maka yang terjadi adalah ngguling..

    mahluk halus (jin dan sejenisnya) memang ada, tapi kan bukan mereka yang bikin meninggal.. bner kan mba??

    jodoh, rejeki, maut.. hanya ALLAH yang tahu.. 🙂

  38. wah, saya koq merinding yah membacanya …

  39. kalau udah nasib, dijalan luruspun musibah bisa mengintai..

  40. orang sini memang gitu semua ternyata ya, ndak pake logika dulu… :p

  41. sang pencabut nyawa tetap malaikat izroil

  42. kalo dah pertanyaan ke 1 dah hubunganya sama ilmu mbak. Memuai bukan cuma logam aja. Tanah dan pohon2pun bisa.Makanya kalo pagi, siang tingkat kemiringannya dah beda dengan malam.

  43. @ratutebu : Iya mba palagi di jalan yg penurunan, tikungan, permukaan gak rata. Sejutu, smua ditangan Allah 😀
    @Rindu : Hehe tenang mba, baca ayat kursi setan menjauh 😀
    @proletarman : Iya mas 😀
    @anton ashardi : Sebagian kecil masih ada yg terpengaruh mas 😀
    @awan sundiawan : Malaikat maut.” (As-Sajdah: 11) 😀
    @leah : Iya mba , karena suhu /cuaca 😀

  44. sidak nya keren dan alasan yang mbak berikan cukup masuk akal

  45. wow ide bagus mba..langsung turun ke lokasi biar tau lebih jelas…siiiipppp dah

  46. Setuju banget tuh sama Bu Rita.
    Mana ada setan atau hantu pernah membunuh manusia.

    Belum pernah dengar.
    Tapi salut juga, sampai survei lokasi segala. he..he…


  47. lalu bagai mana tentang Hantu yang menampakkan diri pada manusia atau menyurupi manusia!!!

  48. Kalau sampai patokan … Dia Yang Mahamengetahui … selesai, ngak usah ditambahin, he he

  49. mbak saya paling takut kalo bicara kematian………
    aku takut….

  50. Wah…Mba’ ini bakat jadi investigator dan salut dengan dalil Qur’an yang dikemukakan…Maut, jodoh and rezeki Allah yang atur…

  51. Sumpah, baca awal-awal tulisan jadi merinding. Tapi ndak lagi setelah dibuat lega dengan kesimpulan tulisan. hehehe…

  52. Survei lokasinya sendirian, berani banget mba?

  53. Hal yang sama dengan sebuah tikungan dekat rumahku. Beberapa orang menyarankan untuk membunyikan klakson saat melintas.. katanya “untuk menghormati si penunggu tikungan”

    Dengan membunyikan klakson, ternyata membuat orang menjadi lebih waspada dan hati-hati… he he he.. ada ada aja…

  54. waduh jangan mistis yang di bahas kasin bangsa ini mistis aja yang diomongin kapan majunya

  55. Hantu juga makhluk Tuhan 🙂

  56. Hantu2 dan Setan2 seperti itu ada karena manusia sendiri yang mengarang2 cerita2 seperti itu, akhirnya banyak manusia yang terjebak oleh kebohongan dan kebodohannya sendiri……..

  57. @away : Makasih mas 😀
    @ven : Hihihi… maksih mbak 😀
    @suhadinet : Makasih pak, biar yakin aja sih pak 😀
    @Lubyz : Hantu/setan, mahluk halus ini termansuk jin yg diciptakan dari api, sifatnya jahat, sll ingin menjerumuskan manusia, biasanya dipakai di perdukunan, demi suksesnya mngelabui manusia, sering menampakkan diri dlm wujud manusia dan benda2 lainnya, niatnya semata2 ingin menyesatkan manusia.
    @Ersis Warmansyah Abbas : Mungkin saja dari teman2 ada ingin menambahkan kalimatnya agar lebih lengkap 😀
    @yakhanu : Semua orang pasti takut, tetapi baiknya kita mulai mengenal apa itu kematian, apa yg akan terjadi didalam kubur, siksaan macam apa yg akan kita dapatkan, dan PERBUATAN APA SAJA YANG AKAN MENYELAMATKAN KITA DARI HUKUMAN KELAK DISANA, dgn bgitu, kita atu apa yng hrus dilakukan mumpung masih diberi waktu di dunia ini, InsyaAllah dengan demikian rasa takut akan berkurang…..Kata guru, semakin kita mendekatkan diri kepada yg menggenggam hidup ini, maka semakin rindu kita akan pertemuan dengannya, amien semoga kita termasuk didalamnya.. 🙂
    @kusdiono : Makasih , saya baru belajar mas 🙂
    @ressay : Hihi.. Alhamdulillah, makasih mas 🙂
    @anna : Hehe.. apaboleh buat mba 😀
    @Hedwiq : Iya, setuju, dengan membunyikan klakson orang lbh waspada, tau kalau ada kendaraan 😀
    @Ronggo : Iya mas, itulah yg berusaha kita sampaikan bahwa tidak ada hantu yg bisa membunuh 😀
    @namakuananda : Iya, dan Allah lah yg menguasai segalanya 😀
    @Yari NK : Iya, ditakuti dan dikelabui oleh imajinasi sesat sendiri 😀

  58. wah jd detektif nih…krn pagi ga bisa pake kc mata item dong…..tp usaha mbak rita bener2 top deh…mantab!!!!

  59. * respont…

    Itu blog teman…kebetulan lagi di rumah teman pas kasih koment, jadi automatis keluar url nya…

    Lagipula gue ga’ pernah sekolah SMP di Indonesia koq…:)

  60. jaman globalisasi, hantu, setan, orb atau apapun pengin nampang di kamera.
    kembali ke ….ALLAH SWT

  61. aku sangat setuju ….

  62. ahhh jadi celemmm bangettt

  63. Syetan bisa dari jenis manusia maupun jin.

  64. makhluk halus pencabut nyawa ??
    agh…SEREM..LARIIIIIIIIIIi

  65. Wah-wah.. tema ini selalu mengandung pro dan kontra..
    – ada yang percaya ada dan menghubung2kan
    – ada yang percaya ada tapi tidak menganggap berhubungan
    – ada yang tidak percaya
    Menurut saya yang lebih penting adalah “Tansah Eling lan Waspodho” = “Selalu Ingat dan Waspada”

  66. @ myviolet << wew Let.. klo ngefans ngga usah nyebarin email q donk.. hihihihii.. 😛 ngapa pula email aku di sebar-sebar.. 😛

    mba pernah liat setannya lom?

  67. Wah…
    Kayak cerita investigasi “scoobidoo”. hehe..
    Ada bakat detektif kayak nya mbak 😀

  68. Hiii …
    Begidig juga aku lihat fotonya …

    hhmmm … ya …
    Semua itu adalah atas kehendak Yang Maha Kuasa …

    Makasih Ibu …

  69. Waaaaahh….. Subhanallaah hebat nian penelitian si Ibu ini.
    Bu, bisa ke daerah kelahiran saya ngga?
    Di sana itu belokan (belok kanan) dan rata, tapi kok motor2 milih pada lurus sih, jadinya pada nabrak pager rumah orang (bukan rumah monyet…. 😀 ). *Aneh Mode ON* Mohon diterawang ya Bu! Hihihihi…16x

  70. hebat nih si ibu…. mementahkan mitos mistik dengan analisa ilmiha…. SALUTE

  71. Alamnya manusia sebenarnya bersinggungan dengan alamnya makhluk halus. Hanya orang-orang tertentu yang mampu melihat kedua alam tersebut. Mungkin saja di persimpangan jalan Gunung Batu itu merupakan pusat keramaiannya makhluk halus, atau mungkin istananya makhluk halus. Sehingga perlu ekstra hati-hati kalau melalui wilayah-wilayah seperti itu.

  72. Ha…ha…ha. Saya seringkali mendatangi tempat-tempat angker yang kata orang banyak hantunya untuk membuktikan langsung. Tapi kok sampai sekarang nggak pernah jumpa ya? Aneh, masak hantu takut sama saya sih? Karena terlalu jelek kali ya?

  73. diriku lebih takut ma manusai yg berniat jahat drpd sama hantu,,

  74. Ih….serem, tapi kita gak boleh takut selain Kepada ALLAH SWT….

  75. nah ini nih yang sering jadi kepercayaan orang – orang sana, heran padahal emang keadaan jalan yang rawan kecelakaan masih juga dihubung – hubungin ama yang namanya mistik….memangnya mereka semua udah ga punya agama kali ya atau udah ga percaya sama yang namanya Tuhan….??? ada satu nasehat yaitu jangan takut sama yang namanya setan dan sejenisnya karena sebenernya mereka itu takut sama manusia karena derajat manusia lebih tinggi dari pada mereka… 😀

  76. wah mba rita hebat deh…. ga asal percaya cerita orang.. tapi membuktikannya sekaligus mencari kebenarannya pada sumber yang benar. salut!

  77. @christi : Hehe… makasih mba
    @indo : Okey mas, thx
    @antokoe : Ok stuju mas
    @masmoemet : Makasih mas
    @zoel chaniago : Hiiiiiihihihih
    @Ahmad Nur Irsan Finazli : Dari jenis mausia : kalo hatinya cenderung ke- jahat berarti dia bersifat seperti setan, setan/iblis jahat, bisa saja menjelma jadi manusia atau apa saja sebagai mediatornya, tujuannya untuk menggoda manusia& menjerumuskan/menyesatkan manusia
    @gunawanwe : Gak papa mas, setan gak bisa berbuat apa2 kalau kita selalu berlindung pada Allah, insyaAllah
    @okta sihotang : Hihih jangn takut, Nyawa hanya bisa dicabut oleh malaikat sesuai ketentuan Allah
    @Ade Bayu : Ya mas waspada dan Ingat yg dia Atas
    @Andri : Gak pernah
    @mriza : Hehe..
    @nh18 : Iya, makasih kembali
    @ipk4cumlaude : Makasih, boleh asal trima beres tiket bolak balik ya hehe
    @qizinklaziva : Makasih mas, saya jadi ge’er nih
    @Edi Psw : Iya mas, iblis, setan memang ada dan kerjaannya menggoda, menyesatkan manusia, termasuk membuat manusia percaya akan kekuatan yg dimilikinya.
    @Rafki RS : Huahahaha hantu takut ma bapak?, krena bapak jelek? oooww gak ko’ pak, paling dia ngira temannya hehehe…….upssss maaf,maaf… Manusia ciptaaaNya pasti memiliki keunikan, kelebihan sekaligus kekurangan masing2
    @hanggadamai : Ya soalnya manusia bisa make celurit 😀
    @indra1082 : Ya mas, insyaAllah 😀
    @ai : Iya, Manusia lebih tinggi derajatnya dan lebih sempurna dari mahluk lainnya
    @achoey sang khilaf : Hehe.. iya bang 😀
    @kidungjingga : Makasih, jadi ge’er nich. Makin cepet dapet jawabannya makin bagus agar kita gak belarut2 salah persepsi 😀

  78. wuihhhh brani amat tuh Rita? hihihi rasa penasarannya tuh loooh……

  79. salut buat mbak rita
    yang sampek ngerelain waktunya buat nyelidikan hal begituan

  80. emang yah mbak, kurang ilmu pengetahuan agama dan fisika bikin orang berpikir itu kerjaan makhluk gaib, yang pembunuh lah, pencabut paku lah, penggiring kebo (**ga nyambung)

    kalo kita mikir nya gitu terus bisa balik lagi pemikiran ke jaman purba, jaman animisme. uhu!

  81. wah,,gak klakson 3 dulu tuh pas lewat!

    *udah kaya terowongan casablanca..

  82. dipikir2 lagi.. sebenernya mahkluk halus ituh ada gak sih.. 😀 katanya jalanan tuh kadang ada penunggunya yak 😡

  83. hehe..hantu emang selalu di jadikan kambing hitam dari kesalahan manusia itu sendiri….

  84. wow nice
    tapi menurut saya lebih baik ikematian itu dikaitkan dengan jawaban no 2 terlebih dahulu kemudian no 1.

  85. saya ndak percaya ada hantu pencabut nyawa… bukannya mereka uda beda dunia ama kita, dan logisnya sih ga bisa saling ganggu. kalopun mereka terlihat, mereka ga bisa jaatin kita, n sebaliknya… mungkin karna itu di bali ga ada istilah ngusir setan, tapi justru memberinya tempat n hidup berdamai dengan mereka (setan). hehe.. agak aneh, tapi that’s it!

  86. Kata orang juga Hantu hanyalah kerjaan para jin dan setan, namun bisa bunuh berarti ngeri donk. Klo hantu bisa membunuh berarti Tuhan tidak adil, masa di bisa meliat kita dan kita tidak bisa meliatnya, kan repot klo mau duel 1 lawan 1. hehehe

  87. Salam Sobat

    hehehee…. HANTU….
    Hantu itu emang ada, adanya didalam diri dan jiwa kita sendiri… kalau mau mencari wujud Hantu carilah pada diri sendiri heheeee….. benar nggak yaa ?

    Sependapat sekali dengan penelitian Mbak Rita yang membuktikan keberadaan Hantu, baik secara argumen geologis… cik illee (kopas hak patennya Mbak Rita) maupun secara yang paling shahih Al-Quran. Ternyata HANTU nya sudah ketemu yang aslinya.

    Mbak Rita, aku juga sejak kecil selalu sering mendapatkan cerita cerita tentang hantu maupun tempat2 tertentu yang dianggap sarang hantu.
    Caranya biar nggak penasaran, yaa seperti yang Mbak Rita lakukan itu…. langsung olah ke te-ka-pe… paling yang ketemu batang pisang ringsek, pohon tua atau sarang kadal … hehehe (itu kalee yaaa Hantunya ?)

    Salam Jabat Erat

  88. salam kenal aja deh…..

    komen balik yaaah….

  89. Di segitiga bermuda lebih rawan lagi.

  90. @wieda : Hihih kalo malem ya pasti gak minat banget ko’ mba
    @tusyalrasyid : Hehe, makasih mas, krn penasaran aja
    @ahead : Mudah-mudahan dengan pembuktian ini dapat menampah keyakinan kepada ke-MahakuasaanNya amien
    @Bina : Hehe… Emang disana kebeneran ada terowongan juga, tpi belum ada desas-desus hantunya
    @Jane : Tentu say, mahluk halus ada malaikat, jin soleh, jin jahat (iblis, setan ) dan mereka juga hidup dunia ini sebagaimana layaknya manusia, hanya saja tidak dapat ditangkap oleh pancaindra manusia
    namun mereka bisa saja menampakkan diri melalui berbagai mediator, Tapi merka tidak kuasa atas ajal manusia
    @jafis : Manusia juga kadang tertipu
    @yusdi : Makasi, Iya usul yg benar, makasih udah diingetin ya akan ku inget (buat next post)
    @fenny : Iya bener, kita semua punya hak hidup di dunia ini termasuk mahluk halus
    @SHALE : Iiih, masa sih duel ma hantu? hehe adaada aja
    @Empi Muslion JB’log : Hihi ampe sarang kadal dibawa2 hehe.. iya kali… Salam Jabat Erat Juga!
    @aze : Ok thax ya dah mampir
    @Edi Psw : Gampang, tinggal manggil aja pawangnya, David Copperfield hehe

  91. salam…
    mungkin hantu sekarang dah mulai sibuk ya mba 😀

    Iya, sibuk berpesta ? hehe

  92. Wuidih, berani banget. Apalagi ada bukti dari temen sendiri.

    Saya jadi pengen nguatin iman lagi.

    Salut

    Alhamdulillah, moga di tambahkan dan dikuatkan iman kita, amien 🙂

  93. Mereka mengganggu ? bisa, memang kerjaannya,
    tapi kalau kita membentengi diri, insya ALlah, ngga akan kena diperdaya …

    Iya mereka memang bisa mengganngu tapi bukan penentu ajal kita 😀

  94. langsung baca doa , mohon perlindungan ni bun’

    Amien ya Allah 🙂

  95. doa yang utama…
    hantu kan takut sama tuhan…
    tabik!

    Pasti, hantu gak dapat membunuh manusia🙂
    Tabik juga

  96. betul ituh… orang kita emang suka menghubung2kan hal logis dengan yang tidak logis!!! *anti tahayul*. btw, gw setuju banget bahwa takdir nyawa ada di tangan tuhan… that’s why gw ga percaya pernyataan bahwa rokok membunuh manusia…. gw percaya kematian tergantung yang diatas… makanya gw ngerokok. yeaahh!!!! *kok komennya melenceng dari postingannya ya?*

    Merokok bisa mengakibatkan TBC, orang meninggal karena penyakit TBC ada ( TBC cuma sebagai mediatornya) penentunya tetap Yang Maha Kuasa ( ini yg kupahami)

  97. ALhamdulillah .. mbaknya masih mempunyai akal sehat dan iman yang kuat … Insya ALLAH .. 🙂

    betul mbak .. jangan percaya begituan .. mending dikembalikan lagi kepada Al QUr’an dan Sunnah .. 🙂

    Masih jauh mas, masih dalam rangka belajar, insyaAllah akan berusaha perpegang ke dua hal tersebut 🙂

  98. luar biasa. salut dengan investigasinya, terutama karena berhasil mematahkan anggapan sesat selama ini.

    Makasih mas, insyaAllah niatnya belajar menambah keimanan 🙂

  99. serem ah, tp ada memang sih daerah macem gitu tuh ..

    Kalau malem serem karena gelap 😀

  100. wah..aku komen ke-103 :((

    Investigasi yang T-O-P, mbak..memang seharusnya kita tak termakan hal2 klenik yang justruk merusak aqidah kita..

    Salut, deh, buat mbak rita yang sudah bela-bela-in datang ke te-ka-pe buat penyelidikan.. 😀

    Iya, setuju.. thax yaa, biar yakin aja 😀

  101. wuiihh..rame bgt dsni..hi..hi..
    kalo menurutku sih kalo qta terpengaruh ma cerita2 seperti itu malah bkin tambah kepikiran..trus tiap ada kasus begitu jd mengkait-kaitkan dgn makhluk halus…entahlah..bingung juga..:)

    Iya bener jadi terganngu/ditakutin ama pikiran sendiri 😀

  102. Terima kasih sudah mengingatkan dengan ayat-ayat diatas mbak. Saya setuju dengan logika yang mbak sampaikan diatas. Semoga kita semua [terutama yang disini] selalu diberikan perlindungan oleh Allah swt. Karena saya yakin semuanya ingin kembali kepada-Nya pada saat yang terbaik.

    Amien, InsyaAllah, iya harus kembali mengingatNya dan akan kembali kepadaNya 😀

  103. alamak…….mbaaaaa…serem banget yaaah…semogga kita terlindungi dari bencana apapun amiiiiiiiiiiiiiiiin

    Amien, InsyaAllah 😀

  104. jelas….
    mahluk halus tidak punya kuasa untuk menyakiti manusia…
    mereka hanya menggoda manusia untuk sesat, untu kmenjauhkan diri kita dari Allah SWT…

    Iya bener, niatnya semata2 untuk menyesatkan manusia dan menjauhkannya dari Sang Pencipta 😀

  105. kalau gue ngomong sya pernah bertemu dengan makhluk halus itu,
    ntar nggak ada yang percaya, jadi percuma..he..he..he..

    Bisa aja tertangkap olah mete manusia tertentu, karana mahluk yang satu ini (setan/iblis) dapat
    menjelma menjadi apa saja yang ia kehendaki. Tapi kalao urusan ajal, mereka gak punya kemampuan apa2 😀

  106. Good work mbak 😀
    Mungkin bangsa kita ini mungkin termasuk bangsa pemalas ya, jadi ambil yg paling gampang buat semua hal termasuk mengkambinghitamkan bangsa jin….

    Hehe… Iya harus banyak belajar dan perusaha 😀

  107. Kapan ya masyarakat Indo gak berpikir dangkal, budaya juga sih yang bikin kepercayaan kayak gitu masih kuat.

    Weks, meninggal karena makhluk halus, no thanks, i’ll pass.

    🙂

    Generasi muda yg baiknya berusaha untuk menyinkirkan hal2 seperti ini walaupun tahap demi tahap 😀Kita sama gak yakin seperti itu

  108. kalau sudah ngomongin yg beginian, susah deh buktiin benar atau tidaknya

    Hehehe… 😀

  109. Ikut bro kelepon aja dee… 🙂

    Hihih.. kau juga suka kelepon ko’

  110. Wuih…cukup ilmiah juga jawabannya…
    Sebaiknya kita jangan langsung percaya pada mitos atau kata2 orang yang tidak jelas jluntrungannya.
    Yang jelas2 perlu kita percaya adalah Al Qur’an…

    OK, keep fight generasi Qur’ani

    InsyaAllah akan selalu belajar dan berusaha lebih baik 😀

  111. waduhh… jadi penyelidik kayak detektif ya mbak 😀

    blognya rame amirrr jenk,

    slm knl.

    Heheh, biasa aja mba, penasaran sih 😀
    Makasih, salam kenal juga 😀

  112. Mbak Rita,
    Kepercayaan seperti itu sepertinya ada dimana saja ya. Di dekat desa asalku juga ada tempat yang dibilang wingit atau berhantu yang suka mengakibatkan kecelakaan. Tapi saya tidak tahu bagaimana perkembangannya sekarang. Semoga sudah tidak ada lagi kepercayaan itu.
    Salam
    Yulis

    Perlahan2 akan dilupakan mba sejalan dengan makin berkembangnya pola pikir ke arah lebih rasional dan evolusi jaman 😀

  113. terlepas dari makhluk halus, atau anak kecil dari sekolah di pinggir jalan, atau sebab2 yang lain, selayaknya kita memohon pertolongan dan keselamatan selalu dalam perjalanan dan selalu berhati2

    Iya, setuju karana itulh ada doa yg berbunyi Aku berlindung kepadaMu dari godaan setan yang terkutuk!

  114. wahhhh…aku telat nih kasih comment ke Bunda…
    tapi gpp yah hehehe

    Setujuuuu Bundaaa, klo masalah umur, jodoh dan rezeki kan Tuhan yang mengatur.
    Emang siy, masyarakat sekarang ini masih percaya dgn hal – hal yang berbau mistis, memang hal itu ada.
    Tapi bukan untuk ditakuti kan….

    Sesungguh nya yang harus kita takuti itu Allah swt.
    Bukan yang lain.

  115. hiii ngeri….
    tapi yg namanya hantu menurut saya pasti ada koq.eh salah gak ada yang namanya hantu didunia ini

  116. makasih ya… udah mampir diblog q..

  117. semoga saja….
    hantu – hantu di negeri kita….
    PENSIUN secepatnya….
    karena gaji para HANTU dimakan habis oleh KORUPTOR….
    oleh karena itu HANTU 2 membalas dendam kepada manusia2 yang tidak bersalah…

  118. hmmmmmmmmmmmmmmmm…………………..

  119. […] Pencabut Nyawa Mahluk Halus Pencabut Nyawa? […]

  120. aahhhhhhhhhhh dobos kui

  121. ah yg bener……………

  122. Really worth while information on this topic. Looking forward to reading more from you later.

  123. tulisan yang menarik, memang segala sesuatu kejadian harus kita selidiki dulu. jangan mentang-mentang tidak terasa oleh panca indra terus kita memvonis itu dikarenakan oleh makhluk gaib….
    seperti contohnya gelombang radio dan medan magnet, tidak bisa dirasakan oleh panca indra tapi bisa dijelaskan secara ilmiah dan ilmu pengetahuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: