Poligami

Sore ini selepas jogging, aku sengaja langsung ke  C beach (bibir sexy danau yang berada di area Salonsa) dekat rumah.  Mayan ramai walau banyak yang sedang cuti (sebagian karyawan liburan keluar kota atau pulang kampung) . Sore hari, Sabtu, Minggu adalah hari-hari ramai pengunjung .  Seperti sore ini, ada yang berenang,  ada yang niatnya nyuci mata,  ada juga sekedar ngobrol, duduk di bibir danau dibawah pohon Dengen yang dibiarin rindang, menikmati semilir hembusan angin sore hari sambil mandangin cowok2 Brazil yang ukhh.. sumpeh! guanteng2

Aku nyamperin teman2 yang sedang asyik ngobrol, ikut berhaha-hihi, cekakak-cekikik. Disebelah ku, duduk seorang ibu yang gak kenal tapi tetep ku ajak ngobrol, abiz, si ibunya rame banget, nyerocos mulu, mulutnya gak bisa diem.. wuii..pokoknya seru…  Gak terasa udah hampir masuk magrib. Air danau yang tadinya biru mulai nampak hitam akibat senja. Bersamaan kami bangkit lalu pamit  pulang kerumah masing-masing. masak  ngekor co2 Brazil ke apartemennya? kan gak etis.  Semua  menuju ke kendaraan masing2. Kalo aku, jalan secara tadi mang niat jogging  maunya sih nebeng CoB .

Di depan rombongan kami melintas seorang lelaki paroh baya berbusana gamis, bersorban. Penampilannya islami banget. Tiba-tiba si ibu yang duduk di dekat ku tadi bilang gini ke cewek-cewek remaja yang bergerombol beriringan dengan kami,  ” Hei gadis-gadis, jangan mau nikah sama orang yang seperti itu tu! (tangannya nunjuk ke arah lelaki alim tadi) . Nanti kamu di poligami loh!. Jangan mau kawin ama pak ustadz karena bagi mereka punya istri lebih dari satu itu termasuk ibadah/da’wah! . Liat aja A’a Gym….Ikhh amit-amit !, ibu itu menutup pembicaraannya. Nah loh!…Wajah ceria ibu itu seketika  berubah jadi serius dan sedikit jengkel….Dari expresi lugu melongo kebingungan   wajah cewek2 remaja yang diteriaki tadi, aku ngerti kalo mereka gak terlalu mikirin apa yg barusan di ucapin ama ibu ini. Giliran aku yang bingung mau ngomong apa.. Secara pribadi, jangankan dipoligami, dengernya aja aku panas-dingin… Tetapi denger pernyataan ibu ini, ada  yang perlu dilurusin….Tetapi apa boleh buat sikon gak mendukung, udah magrib, lagian kalo aku sok nasehatin, ada dia  marah ke aku…Kalo nyuru buka Alquran, ntar gw dibilangin sok ngerti lagi….

Akhirnya nyampe rumah dengan seribu pikiran berkacamuk di kepala gw…Banyak yang harus dilurusin dan dijelasin ke si ibu, tentang poligami, hubungannya dengan ibadah/da’wah, dan lain-lain agar gak salah persepsi…..Gw juga harus  banyak belajar lagi….                   

Teman-taman, ada masukan?

Advertisements

112 Responses

  1. klo aku sih cukup satu aja deh..

    kata temen yang pernah ke Brazil, orangnya ga seramah orang Indonesia yah??
    Bener gak??

  2. Masukan saya, jangan dipikirin atuh!

  3. kalo poligami, asal istri pertama iklas mah gapapa kan? *katanya*

  4. Kalo yang saya pelajari n lihat Aa Gym di TV yang penting bisa berbuat adil. Nah, kita lihat Aa Gym bisa berbuat adil di segala hal atau tidak, bisa langgeng atau tidak (sesuai dengan sunah Nabi). Di Pemalang malah ada yang ampe 9 istrinya (hebat, maniak or kelaianan gak tau deh). Kalo saya pribadi cukup 1, berat untuk nafkah lahirnya. Satu aja gaji kadang kagak cukup buat sebulan (dengan dua anak), apalagi 2, 3, dan 4. Gimana menurut Mba’ Rita sendiri selaku wanita ???

  5. Kayaknya tuh Ibu salah satu dari istrinya deh…abis sewot sekali kasih komentnya 🙂

  6. @proletarman : Setuju mas, kalo mau ibadah lakuin cara yang lain (sok taw) :D. Tergantung kali mas, Kalo Brazil di sini sih pada ramah2 sih.. gak atw kalo di negara mereka sendiri 😀
    @ipk4cumlaude : Hihihih.. gitu aja ko’ repot ya..hehe 😀
    @jimmy : Ya kalau “ikhlas katanya” hikss..:D
    @kusdiyono : “Ikhlas katanya” loh ya.. Syndrom mas hehe..Bukan cuma gak mau berbagi gaji ( matre, kecuali untuk sedekah) tapi lebihh ke gak mau berbagi orangnya!!!, maf,maff kebawa emosi. hehe 😀
    @indo : Hihihih nuduh nih… di jamin bukan ko’ mas, suer (unjuk telunjuk dan jari tengah depan mas indo) 😀

  7. satu aja udah ribet ngurusinnya… he he he…

    btw, terus terang, kalo saya ingin lebih dari satu, karena kepengen bukan karena ibadah.

  8. ibadahkan gak harus poligami
    masih banyak yang harus dibantu

  9. hahh.. poligami bun!! … *masih kaget aj…

  10. hmmm… generalisir buta nih…

    kembali ke pelaksanaannya aja… selama istri rela dipoligami dan hepi hepi aja ya kenapa nggak…???

    toh istri-istri lebih suka dimadu daripada suaminya selingkuh terang-terangan kan…???

  11. tiap orang punya keyakinan sendiri tentang topik yang sensitif ini yah 🙂

  12. saya nggak suka sama ibu itu….
    nggak boleh menilai orang sama rata…kan setiap orang berbeda-beda..
    tapi jujur mbak…
    jika nanti udah menikah..
    saya niatkan satu aja deh…

  13. Memang banyak yang harus diluruskan tentang arti poligami dalam Islam kepada ibu2 tadi. Tapi walaupun bagaimanapun juga itu terserah pendapat ibu2 tadi, walaupun kita sudah berusaha meluruskan toh belum tentu ibu2 tersebut bisa “lurus”.

    Sama saja andaikan saya berpendapat “Jangan mau ngomong sama ibu2 yang kurang kerjaan, bisanya cuma ngomongin orang, udah gitu analisanya dangkal lagi…!!”. Andaikan saya berpendapat begitu, ya itu juga terserah saya kan?? Walaupun pada kenyataannya banyak yang perlu diluruskan pada pertanyaan tersebut. Ya kan?? Hehehe….. 😀

  14. Poligami bukan kewajiban
    Tapi poligami dibolehkan

    Aku belajar dari ayahku
    meski ibuku sakit amat lama
    Ayahku sabar dan tak menikah lagi

    AKu juga belaja dari seorang bijak
    yang berpoligami bukan karena nafsu sex
    melainkan ada hal lain yang syar’i

    Jangan takut buat siapa pun yang kelak menika denganku
    Aku adalah sosok yang berusaha menjai suami yang baik
    Mohon doanya

    *lho kok malah surhat dan promosi nih*

  15. hehe
    jadi berprasangka baik saja!

    semangat!

  16. Service istriku sampe saat ini masih memuaskan, jadi belum kepikiran poligami, hee..hee. mana mih foto C beachnya ?

  17. huuuaaaa, saya mah ga bisa nutupi, hati saya si kayaknya susahhhh bangggeeettttt ngikhlasin (kalo nanti udah punya suami) suami dipake berdua… hiyyyaaa!!! biisaaa giilllaaaa….

  18. Pada akhirnya publik berpendapat, jika itu merupakan pendapat umum maka pendapat tsb adalah pendapat yang objektif, begitulah ilmu statistik. Objektifitas adalah sekumpulan pendapat subjektif. Nah jika ingin merubah pendapat publik, maka harus dilakukan action, bahwa di dalam islam tidak ada sangkut pautnya dengan hukum perkawinan, mungkinkah?

  19. @Hedwig : Makasih, ow gitu ya mas 😀
    @tusyalrasyid : Setuju banget mas 😀
    @pank : Silahkan dinikmati keterkejutannya ya hehe 😀
    @plain love : Oya? ada yang gitu mas? 🙂
    @newbie : Hehe… benar, bnyak persepsi 🙂
    @jafis : Amien, semoga terlaksana 😀
    @Yari NK : Hehe… berusaha mencari yang benar mas, hihih ibu2 ada yang gitu ya?, Iya tersera mas, Iya perlu pemahaman yang dalam 😀
    @achoey sang khilaf : Salut Hormat buat Ayah. Kurang lebih seperti itu yang saya fahami ttg poligami, wah kalo yang ini patut di catet. Para pemepuan yg baca ini pasti seneng deh..amien semoga!…:)
    @achoey sang khilaf : Yup positif thingking, semangat! 😀
    @ubadbmarko : Amien alhamdulillah, makasih 😀
    C-beachnya nyusul soale kemaren gak niat bawa camera
    @ahead : Aku banget tuw mba, gak kan pernah ikhlas kecuali Allah berkata lain. Yang terpenting kita benar2 memahami bagaimana sebenarnya poligami yang dipaparkan dalam alquran, yang jelas dibolehkan namun bukan wajib! 😀
    @Laporan : Mungkin aja mas, walaupun bukan pekerjaan mudah/gampang. Dalam islam memang ada hukum perkawinan tapi “wajib” menikah lebih dari satu kali gak ada 😀

  20. poligami seru kayanya 😆

    Iya mas kalo ngomongin yang satu ini gak bakal ada ujungnya atau ujung2nya malah ribut dan panas-dingin hehe 😀

  21. jdul postingnya kayak si cK? duluan mana yaaa???

    Bisa aja judul sama mas tapi permasalahan insyaallah beda 😀

  22. wah image yg terbentuk untuk orang2 alim itu poligami yakz?
    terlalu berfikir sesaat 😀

    Hehehe.. gak smua mas, insyaAllah 🙂

  23. bagaimana lagi people ‘memang’ judge somebody from a cover 🙂

    Iya, baiknya gak gitu 🙂

  24. walaupun saya ga punya rencana buat poligami…
    Tapi saya bukan penentang poligami.
    Yang saya tau, poligami dalam Islam itu adalah bagian dari solusi.

    Gitu ya mas, pasti perempuan2 pada seneng nih bacanya. Mengenai poligami, kurang lebih seperti itu 🙂

  25. perlu banyak belajar kita bun. yang jelas agama tidak mengharamkan. tapi ada tuntutan yang berat.

    kayanya ba’da poligami aa gym, banyak juga ulama kita yang mengulas ttg poligami dalam Islam dlm buku-buku. mungkin bisa dipelajari 🙂

    btw, kalau saya mah fokus ke buku pernikahan islami dulu. nyari satu istri. insyaAllah akan berbahagia dengan satu istri.

    🙂

    Iya mas, tentu, memang ada juga ibu2 walaupun sudah dengar pencerahan, atau liat di tv
    tetep aja kebawa kesel kalo nyenggol masalah ini. Biar gak salah pemahaman mang harus dibaca bener2 ayatnya terus dimaknai dengan benar

  26. bener mba ada yang perlu diluruskan, tapi terkadang karena ke”tidak berdayaan” kita buat menyampaikan yang sedikit kita tahu malak bikin frustasi, karena waktu, tempat, situasi yang tidak mendukung. Sama2 berdoa aja yah mba… yang benar tetap jadi benar, yang salah tetap jadi salah.

    Hanya kemauan yang timbul dari diri sendiri yang dapat membantu dalam hal ini. Baiknya menyimak,memahami betul bagaimana ketentuan yang sesungguhnya, yang tertulis dalam alquran 🙂

  27. Islam membolehkan poligami, mbak…
    Ehem…dan tidak semua ustadz berpoligami….bener lho..bener…(mengangguk-angguk yakin)

    Iya, bener, Poligami boleh dalam Islam, tetapi bukan Wajib 😀

  28. Hah…..poligami??! Tapi kalau ada yang bersedia dipoligami, bagaimana ya?

    Itu terserah mas, keputusan ditangan mas, dan paling penting istri tentunya hehe 🙂

  29. kan ada syarat2nya… berat lagi… kalo lolos syarat2nya ya ndak papa :p

    Hehe,, iya gak papa 😀

  30. poligami memang masih jadi trend ??

    Kebetulan aja ada ibu-ibu yang ngungkit-ngungkit mas 😀

  31. tapi aku belum mikir bun , la wong satu aja belum dapat nich
    gimana nich bun???

    Mo dicariin (ilang kali dicari :D)

  32. aduh nyari satu dulu nih….

    Nyari?? ada yang ilang ya mas? hehe…. btw moga ketemu ya, amien 😀

  33. Ketemu sama Maria Mercedez? kalau di telenovela itu kasusnya apa kira2 ya… di bilang Poligami, terjadi karena Paksaan. Kasusnya apa ya..kira-kira?

    Wah Pakde juga penggemar Maria Mercedes ya…. aku jga suka bgt telenovelanya 😀
    wah kalo ini lom taw penamaannya Pakde :D..aw. makasih udah mampir 😀

  34. walah, poligami….. gak zaman…..

    sekarang udah pake mp3 deringnya, bukan poligami….

    eh, itu poliponik deng…… hakakakakakka

    Itu polyphonic, aze 😀

  35. Sepengatahuan saya memang banyak persepsi salah yang berkembang di masyarakat tentang poligami. Ulamapun sepertinya dalam hal ini tidak satu suara. Inilah yang membuat masyarakat membentuk persepsi sendiri-sendiri.

    Iya, mungkin sebaiknya tau bunyi hukumnya agar mengerti kemana arah pemaknaannya 😀

  36. Ada yang bilang, kalau cuma punya satu istri itu dianggap termasuk kaum dhu’afa mbak. Saya sih gpp kalau dimasukin golongan itu, lah wong satu aja ga abis-abis..

    OOT: salam kenal juga dari ngalam. 🙂

    Hehehe, gitu ya, ada rencana ngabisin?hehe.. Stuju, stuju 😀

  37. Seiklas2nya istri pertama ttp aja pnya rasa cemburu dan sakit hati walau itu dikit. Btw, ttg poligami .. dipandang scra umum mmg itu merupakan bentuk ketidak setiaan terhadap seorang istri. Dan lbh tepatnya “Selingkuh Yang Di resmikan”. Komentar kepada “setiap” orang yg mengenakan sorban dan baju gamis di atas td mmg bisa di benarkan dan menurutku itu hak mreka. Hanya, perlu digaris bawahi bahwa di dalam islam tidak pernah ada suruhan atau bahkan sampai meWAJIBkan Poligami tetapi di “perbolehkan” …(nah apa bedanya) arti di”perbolehkan” disini harus benar2 masuk di dalam SYARAT DAN KETENTUAN yang BERLAKU !. Salah satu di antaranya adalah MAMPU ! sayangnya kata-kata MAMPU trsbt terlalu di pandang ringan dan tidak coba di tela’ah lebih dalam. Asal pnya duit trus udh merasa MAMPU ‘n nikah lagi. 😦 weh, kepanjangan nih koment nya :d

    Makasih banyak mas, saya setuju bahwa tidak akan ada perempuan yg ikhlas 100%
    Iya mas, “wajib”, kalau tidak dilakukan, berdosa, sedangkan “diperbolehkan”, tidak dilakukan ya tak ada dosa yang akan ditanggung. Setuju mas ‘Mampu”, termasuk mampu mendeteksi/ merasakan kalo sebenarnya dia telah menyakiti hati istri pertamnya
    😀
    Sering-sering mampir ya 😀

  38. Poligami masalah yang ribet susah untuk dimengerti krn banyaknya pandangan namun bagiku asal istri pertama ikhlas ga apa2.

    Iya ya mas, gitu ya 😀

  39. kujungan pertama kali ke sini..
    makasi ya mbak ucapannya…thx bgt..:)

    masalah poligami..duh..ga ahli masalah ini sih,cm menurutku semua wanita ttp sulit menerima kenyataan kalo suaminya mw menikah lg…

    Ok makasih juga udah mampir mas 😀
    Pastilah mas, aku termasuk 😀

  40. satu pasangan saja

    satu istri

    http://www.ilyasafsoh.wordpress.com

    Siiip deh mas 😀

  41. wew…blm bisa komen dah kl topik ginian…..maklum blm pernah kawin eh nikah 😀

    Hehehe… siiiip deh, ntar aja kalo dah kawin, eh nikah 😀

  42. Wah brazil,….pasti banyak pemain bola hebatnya,…titip bola ya mbak,….
    Poligami,….apakah seorang cow mampu berlaku adil? karena itu syaratnya untuk bisa berpoligami,….Bukankah sudah jelas dinyatakan bahwa seorang laki2 tidak akan mampu berbuat adil,….

    Inii di Sorowako mas.. hehe.. adanya cuma orangnya, daerahnya tetep disana hehe(maksudnya apa sih) Di Sorowako banyak expatriate, mau dari Brazil, Canada, New Zealand, Australia nyampur disini mas. Sore ato sabtu-minggu ato malam, ada yang jogging, berenang, bersepada. Pokoknya rame 😀
    Menurut aku gitu mas karena aku gak akan pernah mrasa ikhlas, kecuali kehendak Yang Kuasa

  43. Ass.

    Poligami boleh aja ……asal …….memenuhi syarat yg ketat. Bukan nafsu dan bukan pula utk sekedar senang2..tidak.!!!.

    tapi pilihan pribadi sy lebih adil d enjoy satu istri….hehe

    Iya mas, harus memenuhi syarat
    Manusiawi kalau saya senang dengar mas enjoy dgn satu istri, bahagia dan lega pasti buat istri mas :)mas

  44. poligami itu baik…
    tapi setia pada pasangan lebih baik lagi

    Yupp, Stuju!:D

  45. wah..
    nanti kalo saya udah kawin ini mah…
    masih muda…

    Ok, ntar aja kalo udah nikah ya 😀

  46. masih mending selingkuh ketimbang poligami…..

    walah……..

    Hehe.. mending gak usah dua-duanya 😀

  47. Saya senang dan salut dengan orang-orang yang punya pola pikir macam Bu Rita. Jauh dari yang namanya PICIK.

    Aduh makasi, jadi tersanjung (geer) saya pak 😀 baru blajar pak insyaAllah:D

  48. Perancis melarang poligami apapun agamanya.

    Iya ya, setidaknya para istri di sana brasa aman ya mba 😀

  49. wah, saya komentator ke mapuluh!

    kalo poliandri? setuju nggak?

    *kok jadi saya yg nanya?*

    Hmmm ntar aja kalo kalkun dan bebek itu dah gede hhehe…
    eits.., hewan boleh poliandri gak ya 😀

  50. Semua ada hikmahnya 😉

    Amien ya Allah 😀

  51. klo memang bisa bersikap seperti nabi Muhammad SAW…
    baru boleh poligami..

    (menurut saya lho…)

    Iya, masalahnya manusia biasa gak mungkin bisa seperti Nabi ya khan 😀

  52. waduh… hmm.. gimana tuh ya… gini aja deh.. Adam pasangannya cuma Hawa kan yah.. gak ada si Tiwi atau si Minah delele.. 😆 yah gitu ajah.. cuma satuh.. say no to poligami..

    Yaa, semua perempuan tentunya akan senang, tenang, bahagia, damai
    kalo tidak ada WIL, diantara dia dgn sang suami, setuju?
    😀

  53. Wah, seru nih……!
    Gimana cewek2nya?, kalau rela dioligami ya sah2 aja khan…………! Itung2 nolongin orang beribadah…he.he!

    Ah bli bisa aja hehe…Menyantuni aja udah termasuk ibadah bli (bener gak nih panggilannya) 😀

  54. bukankah kita diciptakan berpasang-pasangan? kalo ada yang poligami berarti ada yang ga kebagian dunk?? kasihan…

    Hehe….BBM kali gak kebagian…hehe…:D
    Kalo ada yg gak kebagian berarti harus puas sendirian 😀

  55. hemmmmmmmmmm………..

    poligami tuch diperbolehin asal laki-lakinya bisa adil
    tapi kalau g’bisa adil ya jangan poligami

    Ya, dibolehkan bukan diwajibkan 😀

  56. poligami,????????satu istri aja susah Urusannya apalagi mau adil dalam kehidupan, mana ada yang adil terhadap istrinys, manusia ga ada yang sempuna?????

    Kecuali Nabi mas…. Karena aku perempuan, untuk urusan satu ini aku angkat tangan, Sepanjang hidup aku akan memohon pada Allah agar hal ini gak terjadi, amien 😀

  57. poligami?
    lah,, itu kan tergantung orangnya..
    mikir aja gitu,
    ngurusin satu orang aja susah, apalagi banyak. berarti tar dibagi2 dong..hahahahaha

    klo orang bilang “yang penting bisa adil”
    namanya manusia itu ga akan bisa adil.
    jangan samain sama nabi muhammad,. nabi muhammad berpoligami kan bukan karena nafsu.
    ahhh..

    pengen ngomong banyak!
    tar komennya kebanyakan..ehehehehhehe

    lam kenal ya mbak..

    Iya intinya gak ada permpuan yang mau dipoligami ,yakan? 😀
    banyak komen gapapa ko’, bebas as u like 😀

  58. masih banyak hal yang lebih penting daripada mikirin poligami
    he..he..he..

    Mikirin yang enak2 aja, yakan? 😀

  59. Poligami? Masih musim ya? keknya musim Poligami setiap tahun selalu ada..he..he..he..

    Kayaknya kalo yang satu ini gak mengenal musim mba, sama halnya dengan pernikahan.
    Selagi istilah nikah ini masih dijalanin maka poligami akan selalu mengintai dan mengancam (maling kali), diikuti berbagai persepsi yang bermunculan yg kadang menyimpang dari hukum yg sesungguhnya. Contoh seperti yg tertulis diatas 😀

  60. poligami memang ada yang membuatnya jadi halal… di Quran juga kan disebutkan…

    tapi kalo saya pribadi masih saja berpendapat ga akan ada orang yang bisa sedemikiannya adil dan ga akan ada istri yang bisa sedemikiannya ikhlas… jadi mendingan SAY NO TO POLIGAMI

    tapi yang aneh dari ibu ibu yang diceritain adalah karena dia pukul rata terhadap orang dengan titel “ustadz”… kayanya salahnya disitu deh… kata sapa yang poligami yang jenis itu saja? lagian kasian juga kalo para ustadz dianggep bawa bawa plang bertuliskan POLIGAMI, YES di dadanya hehehe

    Iya ada di Alquran, namun sepertinya ada yg masih agak ragu tentang ini
    Stuju mba, gak mau dipoligami, dan akan selalu berdoa agar dijauhkan dari hal ini
    Iya dipukul rata.. Ini dia maslahnya…
    bawa plang…khiiiiiiiiiihihihih… (jadi ngebayangin beneran )
    😀

  61. Poligami sah2 aja tuh asl bisa adil.

    Yaa mas, dibolehkan, tapi bukan wajib. Asal bisa adil dalam segala hal 😀

  62. yak… betul itu mbak… banyak yang perlu dilurusin dari persepsi si ibu itu… apalagi dengan menggeneralisir semua pria bersorban/bergaya ustadz… 🙂

    Sepakat Chanx 😀

  63. jangan-jangan kalo ada orang Singh ntar dikira ustadz juga , gara-gara pake sorban dikepala.. kacau dah

    Hehehe iya ya 😀

  64. saya sepakat, TITIK
    tabik!

    OK, Tabik juga 😀

  65. kalo orang pada ngomongin poligami… saya mau jawab header saya yang kata sampeyan bagus..itu memang dapat dari wordpress. gak ada modif

    Iya , aku pernah liat disalah satu blog teman, tadinya kirain asalnya sama ma mba 😀

  66. ngelurusin masalah itu tadi juga termasuk dakwah lho….

    Amien insyaAllah, berbuat mulai dari : hal2 kecil, diri sendiri dan sekarang juga 😀

  67. jadi inget jaman Nabi Ibrahim nih…
    yang bener jadi salah
    yang salah jadi bener…

    yang mana salah..?
    yang mana bener..?

    Iya mas. Dalam hal ini, untuk mengetahui kebenaran harus baca dan memahami hukum sesungguhnya, Alquran 😀

  68. maaf nyela, kami relawan TReNDI, ingin memperkenalkan bloger yang akan menjadi walikota Bandung,

    http://taufikurahman.wordpress.com

    sekarang bisa dilihat juga

    http://taufikurahman.com

    DARI BLOGER UNTUK PERBAIKAN KOTA BANDUNG
    mari bergabung dengan arus besar POLITIK PERBAIKAN dalam PERBAIKAN POLITIK menuju politik mensejahterakan masyarakat.

    http://trendibandung.wordpress.com

  69. saya mungkin termasuk orang yang tidak setuju poligami, apalagi cenderung dimaknai terlalu longgar oleh kita….mendapat pelajaran dari novel Ayat-ayat Cinta, poligami tidak dianjurkan, tapi itu menjadi “alat” Tuhan sbg solusi dlm keadaan yg sangat genting = darurat.. apalagi ada tekanan, fain khiftum an-laa ta’diluu, jika kamu takut TIDAK bisa berlaku ADIL, maka jgn poligami….

    Iya mas, solusi saat genting, paling akhir, dan wajib adil 😀

  70. jangankan banyak satu aja belum nih 😀

    Kalo udah ada satu, niat maw nambah?? hehe 😀
    Oya mas aku gak bisa ngesend comment di blog mas.. problem error at server katanya 🙂

  71. saya bingung…. mending poligami sih daripada kayak al amin ituh
    😀

    Ya siapa aja boleh menetukan pilihan mas asal pada tempat dan porsi yang tepat 🙂

  72. poligami…wah… capek dech…. wekekekek

    Yah mang capek kalo ngomongin yang satu ini 😀

  73. aku cuma mo komentar ma si ibu itu. kayaknya tuh ibu kena stigma: pria bersorban, gamis, celana di atas mata kaki, berjenggot pasti “suka” poligami. kalo gak gitu pasti golongannya teroris. duhh…

    Hahaha…. capeedee yaa.. pabolehbuat 😀

  74. repot repot, poligami itu kan halal, yang salah kan kalo orang yang poligami itu gak bener. jadi yang salah orangnya bukan poligaminya.

    Iya mas, kita harus tau makna dan hukum yang sesungguhnya 😀

  75. wahhh , masih poligami
    kabuerrr ahhhh bun, soalnya belum ketemu

    Hehehe iya, iya… belum ketemu? mang ada yang ilang? :D

  76. Laki-laki tidak perlu ijin terlebih dahulu pada sang istri untuk poligami, tapi dia harus bisa adil.
    Kata yang terakhir itu yg bikin kita lurus dan berbelok Bu. 🙂

    Maksudnya ada yang adil ada juga yang gak ya 🙂

  77. yang pasti sekarang, saya ga mau dipoligami… ga tau kalo nanti 😀 **merid ajah belom hehehehe**

    Jangan mau ya (provokator) 😀

  78. Kabarnya sekarang ada tabloid poligami? terus isinya ada wanita-wanita muslimah yang ‘menawarkan diri’ untuk dipoligami ?

    WAAAAA KACAUUUUUUUU

    harga diri nya pada kemana ya ??? ampun deh *_*, what were they thinking

    Aku munafik kalo membolehkan suamiku poligami dan aku sll berdoa agar Allah Maha Pemurah bermurah hati menjauhkan suamiku dari hal tersebut, amien 😀

  79. poligami. kata yang meneror hati perempuan.
    poligami. dalam islam ada hukumnya, tapi dilakukan harus meluluskan 1001 pertimbangan.
    poligami. gak ah…, satu aja repot.

    Iya seperti kanker yang menggerogoti sel tubuh :D

  80. Tapi nggak semua ustadz itu berpoligami lho.

    Iya mas aku yakin itu :D

  81. Gak sanggup deh mba.. beneran.. denger aja dah bikin panas dingin… Jangan sampai deh…

    Amien, semoga dijauhin ya :D

  82. poligami?? ahh jangan dipikirin mbak… ntar juga repot sendiri para lelaki itu… (apalagi yg mikirnya cuma servis istri melulu…memangnya apa tuh yg dimaksud servis itu ya?? kasian banget para istri yang punya suami kayak gitu…) lhaaaa padahal si ammar Jr istrinya mau tiga niiiihh.. :-))

    Nahh loh para suami! dengerin auman kucing bukan sembarang kucing tapi kucing mmahaaalll hehe 😀 Iya Kasiaaan de para is3 hikss.. servis mmmm, akutaw! nyuci piriing 😀
    Tentu yang repot mah mereka sendiri :
    D

  83. Poligami ya…
    Klo membicarakan hal itu seringkali menyentuh relung hati terdalam para wanita, hehehehehe.

    Ya, intinya sih, luruskan dulu niat para pelaku poligami itu jangan asal poligami karena “melihat rumput tetangga yang lebih hijau”, namun daripada itu untuk melindungi kaum wanita dan untuk beribadah kepada-Nya.

    Iya, emang dimana2 rumput tetangga selalu kaeliatan hijau ya…
    Sepakat mas, jujur susah nerima lelaki berpologami.Hukum “bukan mewajibkan” melainkan membolehkan. berarti tergantung si suami juga.

  84. Salam dulu ah 🙂

    Waalaikumsalaam, makasih mas udah mampir, keep in touch 😀

  85. tapi buat saya mbak, apapun yang ada di AlQuran itu PASTI baik untuk umat … poligami sekalipun. begitu kira-kira.

    Ya mba, perlu pemahaman yg tepat, agar tidak salah persepsi kayak teman kita si ibu diatas 😀

  86. Ta, aku no comment aja deh soal poligami, tergantung orang yang ngejalanin. buat aku seh no way…….soal cowok Brasil……nah ini dia, temen2nya bapaknya anak2 sebagian besar dari sono tuh dan mereka suka main kerumahku. Mereka itu ramah2 dan baiiik banget, culture nya hampir sama dengan culture kita, hangat dan sangat kekeluargaan. Bukan cuma cowok nya yang ganteng Ta, cewek2nya cantik2 banget dan sexy, jago ber samba lagi……

    Iya ngerti hehe, hampir smua perempuan berpendapat sama 😀
    Iya mba dari dulu sebelum pindah sini aku terkagum2 ma orang Brasil. Wajah mereka tu unik aja perpaduan gelap putih kali ya yang bikin jadi manis gitu 😀
    Wah tari sambanya bisa ditularin ke kita2 dwong, kalo perlu aku tulis gerakannya ya
    hehe 😀

  87. Allah saja tidak mau diduakan apalagi Wanita ?? [lho !!??]

    Hehe 😀

  88. mike mampir lg mbak rita..

    Makasih Mike, mudah2an jauh dari jangkauan hepatitis A ya, amien 😀

  89. Insya Allah setia dengan satu istri sebagaimana Rasul setia dengan Sayyidah Siti Khodijah hingga beliau wafat.
    Ada ngga ya yg mau poligami dengan janda tua bin miskin? Banyak lho di kampung saya! Sekiranya mau beribadah dengan poligami, nikahilah mereka, beri mereka ketentraman hidup, bukan poligami dengan gadis muda atau janda kembang yang masih kinyis-kinyis 🙂

    Bener pak… Setuju sekali pak, kalau mau ibadah, kekampung bapak aja:D

  90. Kayaknya tu ibu dapet inspirasi dari A’a Gym

    Sepertinya iya mas 😀

  91. gak apa2 kok poligami asal suami bertanggung jawab, dan istri pertama rela apa lagi menganjurkan…..

    mbak rita jangan tersinggung yach… please dech!

    Hihhihih sensi kali ya mas hehehe gak lah mas… gimana bisa nemu kebenaran kalo tuk melewatinya jalannya aja gak mampu yakan mas? 😀
    Ikut Senang mas Bismo, Selamat Berbahagia ya, Moga Langgeng, Selamat Dunia Akhirat, aimen, InsyaAllah 🙂

  92. tuhan aja ngga melarang buat poligami. knp manusia menentang keras?..yang jadi persoalannya kalu poligami demi ibadah sah2 saja kan? tapi kalau buat menyalurkan libido birahi???wah itu harus di waspadai…jangan2 ntar wanita cuma ibarat sapi perahan…
    well, intinya, poligami g boleh di sebut haram tapi g boleh juga di manfaatkan buat penguat alasan supaya punya istri banyak..terpenting luruskan niat karena semua berawal dari niat…he..he…
    salam kenal ya….

    Iya mas saptutnya gitu. Alquran menghalalkan poligami, bukan mewajibkan.
    Salam kenal juga mas, thax udah mampir 😀
    Iya niat… niat apadulu kan mas? hehe….gakr ya 😀

  93. POLIGAMI….. tidak salah kan ????
    cuma aku belum bisa dan gak berani….
    pingin sunah yang lain aja dulu…..

    Iya gak salah mas, semoga gak di”salahgunakan” hehe 😀

  94. Poligami, Naudzubilahi mindzalik, semoga saya dijauhkan dari itu. Pasti sakit hati seorang wanita dimadu. Ampuni dosa hambamu Tuhan.

    Iya mba pasti sakit hati kecuali, Rahmat Allah berkata lain

  95. sebenarnya setelah menikah istri ngomong sesuatu ttg poligami, cuma kyknya gak etis dech kalo saya ungkapkan disini.. rahasia !!! ntar pada heboh lagi, pokoknya ttg poligami itu berat, susah, suami kudu adil, kalo gak adil gak usah. Kalo saya pribadi kok agak tega yach wanita secantik istrisaya dimadu…. gak rela dan gak tega, bener dech.

    cuma ada aja tuh, malah istri yang menganjurkan suaminya kawin lagi, soalnya suaminya kaya dan kebapakan serta sangat bertanggung jawab, cap kalong dech pokoknya.

    KAlau nyonya Ario ngomongin tentang Poligami, aku yakin ia dapat mengatakan yg sebenar-benarnya sesuai makna yg sesungguhnya, insyaallh
    Amien, alhamdulillah… wuii senengnya nyoya Aini…Jangankan mas Bismo, saya juga sebagai sesama perempuan, gak tega kalau nyonya Aini dimadu kecuali hal itu datang dari nyonya sendiri dan dari Kehendak yng Maha Mengetahui…:D

  96. Pendapat mengenai Poligami , Saya sangat setujuh bila Poligami berdasarkan atas aturan-aturan yang sesuai dengan aturan agama ( Islam ), Contoh Nabi besar Muhhamad SAW, Beliau berpoligami Bukan mengejar nafsu tetapi ibadah, membaca detil tentang istri-istri nabi saya sangat kagum. Tapi sekarang kebanyakan orang berpoligami hanya sekedar mencari nafsu. Si Ibu yang anda ceritakan diatas saya yakin belum bisa memahami poligami berdasarkan agama, bisa jadi sibu itu trauma dengan kejadian yang menimpa dirinya dalam hal poligami, Saya seorang suami dari seorang anak yang sangat mengharagi martabat seorang wanita, Saya juga sangat membenci berita -berita poligami yang melenceng dari aturan agama dan melecehkan kaum wanita hanya sebagai pemuas nafsu .Mudah-mudahan Allah selalu membimbing kami menjadi keluarga yang damai, samapai kami menutup mata.

    Alhamdulillah Seanadainya semua bapak/lelaki berlaku seperti bapak dan semua perempuan memahaminya insyaallha tidak akan terjadi kesalahpahaman dan semua akan berjalan sesuai hukum yg telah ditetapkan tentu dengan pemahaman makna yang sebenar-benarnya

  97. Enak juga sih poligami, mak nyussss….
    Kebayang gk hari ini di kamar A, besok di kamar B. Refreshing getttu looch 🙂

    Hhehee… what ever 😀

  98. poligami? ga deh .. cukup satu saja .. 😀

    Amien…. 😀

  99. aduhh..poligami

    gini deh..kalo emang si suami merasa sanggup akan berpoligami ..(sanggup itu berat ya bapak bapak.tolong di telaah arti dan makna terdalamnya) silahkan..perkaran ikhlas, saya rasa gak akan ada istri yang dengan ikhlas lahir batin mau di poligami..yang timbul hanyalah pengertian..dan akhirnay adalah pasrah…nasibbb punya laki bosenan amat.!..*cepet cepet kabur sebelum di timpuk sama bapak bapak!*

    yaayaa kabur dehh sanaaa….hehehe….
    “Poligami sah hukumnya” seolah poligami itu wajib karena delngkapi kata “hukukm”. kebanyakan yg terdengar seolah2 itu perintah padahal pada ayat (surah annisa ayar 24-24 kalau gak keliru) tidak demikian, poligami dibolehkan ttpi dgn syarat yang kalau dilanggar yaa dosa. dan dikatakan kalau tidak mampu pilih seorang saja!.
    Tujuannya untuk melindungi para lelaki dari perbuatan maksiat. nah berarti kalau mau lebih dari 1 stri berarti si pria punya kecenderungan ke maksiat dong…..haduhhh gamana nih…. bener2 para bapak2 bisa marah nih….. mba Yesyyyyy ikut ngumpet di villamu ntaran yaaa
    ……

  100. Poligami?
    Hmmm…

    Di Al-Qur’an, poligami memang di-sah-kan, tapi kalau di Alkitab secara tdk langsung dilarang sebenarnya, walau beberapa dr nabi Allah dahulu melakukannya, tapi bukankah di Alkitab diceritakan bagaimana pahitnya persoalan mengenai poligami?

  101. Ada opini mengenai poligami ini, terutama menanggapi polemik seputar poligaminya Aa Gym. Opini ini dimuat dikoran Tempo kurang lebih sekitar sebulan setelah Aa menyampaikan informasi poligaminya.

    Saya sendiri lupa penulisnya, namun klo tdk salah beliau saat itu sdang studi di Amerika (USA/ Kanada). Saya yakin tulisan tersebut dapat menambah pemahaman kita mngenai poligami.

    Sekali lagi maaf saya lupa banget penulisnya.

  102. Wah…Tuh ibu2 ko jadi menjudge semua lelaki yang bersorban itu poligami sih???
    Padahal kan gak semuanya begitu…
    Gak perlu bersorban klo mau poligami, banyak ko lelaki diluar sana tanpa jadi ustad bisa poligami.

    Klo Aqu pribadi sih jelas Ndak mau dan menentang keras, tapi balik lagi ke istri pertamanya, ikhlas gak???
    Klo Ikhlas berarti gak ada pemaksaan dong……
    Beda lagi klo poligami dipaksa … itu yang ndak boleh

  103. setuju/tdk setuju, poligami tetap ada dan yg tdk poligami selalu lbh banyak!
    tdk ada istri yg ridho dipoligami!
    hati2. skrg nentang, esok lusa (jk lk2) mungkin poligami, (jk pr) mungkin dipoligami!
    skrng-mah mending hidup perbaiki diri dr-pd mikirin poligami, ok?

  104. ibadah tanpa poligami tentu lebih seru. kalau istri ga uring uringan di madu suaminya tentu lebih damai…

  105. assalamualaikum.
    astaghfirullahal’aziim. kenapa ya, sesuatu yang halal masih diutik2 seolah2 adalah sesuatu yang diharamkan. memang benar poligami bukan kewajiban tetapi sesuatu yang mubah. lalu kenapa, kenapa kita menyalahkan apabila seseorang melakukan poligami. dengan alasan masih banyak ibadah yang lain kenapa harus mengambil pahala dari poligami. lau bagaimana dengan para pezina yang melakukan zina, padahal zina sudah jelas keharamannya.

    tentang aa gym. sungguh, apa yang diragukan dari seorang aa gym. beliau sangat kaya akan harta, kaya dengan keislamannya, tubuh yang sehat de el el. kenapa kita merisaukan beliau. apakah kita lebih kaya dari beliau, apakah kita lebih pinter tentang keislaman dari beliau. untuk para penghujat aa gym, cobalah kalian berlaku adil, cari informasi tentang aa gym setelah beliau berpoligami. apakah beliau bisa berbuat adil atau tidak, tentunya bukan menurut kabar angin, tetapi langsung bertabayun kepada beliau. yang saya tahu, beliau mampu berbuat adil (tentunya menurut kacamata saya sebagai manusia) dan kegiatan beliau bertambah padat dengan kegiatan islamnya, namun media tak mau meliputnya. dan kepada laki2 yang merasa tidak mampu berpoligami, jangan sekali2 anda berpoligami.

    wassalamualaikum.

  106. dalam alkitab poligami di larang. coba deh kita jujur, kita lihat keadaan bangsa barat (australia, amerika, de el el). mereka kebanyakan percaya pada al kitab loh. apa yang mereka lakukan???. bagaimana dengan penyakit kelamin dinegara2 itu???. lalu pilihan anda… zina vs poligami.

  107. wah wah… ibu itu kayaknya salah deh. harusnya bilang, kalo nikah lebih baik sama orang yang bersorban kayak gitu… supaya ketika kita di poligami dia mampu berbuat adil.

    kok bisa, ya iyalah… kalo orang yang paham tentang agamanya (islam) gak akan gegabah untuk berpoligami, dan seandainya berpoligami juga maka ia akan berusaha adil

    tentang yang tidak bisa berbuat adil ketika berpoligami, coba lihat… siapakah dia, bagaimana dengan agamanya…??? jangan seseorang yang gak bener (agama gak ngerti, mabuk jalan, males iya, muka nya muka seks) dijadikan contoh tentang poligami. bahaya tuh. bila masih tetep di jadikan contoh tentang poligami maka masalahnya bukan poligaminya tapi OTAK anda yang salah ngambil contoh.

  108. assalamualaikum.
    poligami it gak di wajibkan tapi di bolehkan (artinya gak haram kaaan). gak mudah loh tuk poligami krn selain dia harus bertanggung jawab di dunia (terhadap anak dan istri2nya) juga dia harus bertanggung jawab di hadapan Allah. jadi untuk para ibu2 jangan khawatir di poligami. bila ibu2 yakin akan keislaman para suaminya, insya Allah ibu2 gak perlu takut apakah suaminya akan berpoligami atau tidak. karena suami ibu pasti sudah mempertimbangkan apa yg harus dia pertanggung jawabkan ketika berpoligami.

  109. Kalau ada yang bilang poligami itu ibadah atau ikut sunnah Rosul, dia bohong. Kecuali yang dinikahi tak lebih dari istri terdahulu. Artinya, dia tak cari apa yang tidak ada/tak dipunyai istri terdahulu. Itu “srakah” en mau menang sendiri, sementara si istri pertama mesti menerima suami apa adanya.

    Jujur saja, kalau laki-laki, termasuk saya, mau poligami, alasan yang paling masuk akal adalah karena NAFSU.

  110. Nambah dikit lagi ya bu, ngomentari mas Jabrig.

    zina vs poligami? sebaiknya ya nggak zina dan nggak poligami. Tapi pengendalian syahwat solusinya. Ini baru adil, buat laki-laki dan perempuan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: