Selamat Hari Merdeka 17 Agustus 2008

Pada Proklamasi 17 Agustus,  Ada dua hal Istimewa yang tak akan pernah terlupakan

Pada tanggal 16 Agustus 1945 malam, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mempersiapkan proklamasi dalam rapat di rumah Admiral Maeda (JI Imam Bonjol, sekarang), yang berakhir pada pukul 03.00 pagi keesokan harinya. Panitia kecil yang terdiri dari 5 orang, yaitu Soekamo, Hatta, Soebardjo, Soekarni, dan Sayuti Malik memisahkan diri ke suatu ruangan untuk menyusun teks proklamasi kemerdekaan. Soekarno meminta Hatta menyusun teks proklamasi yang ringkas. Hatta menyarankan agar Soekarno yang menuliskan kata-kata yang didiktekannya. Setelah pekerjaan itu selesai. mereka membawanya ke ruang tengah, tempat para anggota lainnya menanti.  Naskah proklamasi tersebut  baiknya ditandatangi oleh dua orang saja yaitu Soekarno dan Mohammad Hatta, usul Soekarni dan disambut  bertepuk tangan riuh hadirin tanda setuju. 

 Dan akhirnya hal istimewa :                                                                      

Pertama  yaitu Diproklamirkannya Kemerdekaan Indonesia  oleh Soekarno dan Mohammad Hatta atas nama bangsa Indonesia, 17 Agustus 1945 tepat pada jam 10.00 pagi di Jalan Pengangsaan Timur 56 Jakarta. Pada tanggal 18 Agustus  1945, Ir Soekarno diangkat sebagai Presiden Republik Indonesia dan Drs. Mohammad Hatta diangkat menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia, Mulai saat itu Indonesia bertekad untuk menentukan nasib bangsanya sendiri tanpa campur tangan orang lain (penjajah). Kebebasan  yang diraih dengan harga teramat mahal, yaitu  berkorban jiwa raga, tumpah darah   dan keringat. Itulah kebebasan Teritorial yang di persembahkan para patriot bangsa pendahulu kita. Cikal bakal lahirnya hak atas  kebebasan  tiap komponen bangsa meraih peluang  mengaktualisasikan potensinya, Kebebasan berbicara pengeluarkan pendapat dan penyampaikan aspirasinya, merealisasikan potensi diri (pribadi) mencapai apa yang menjadi cita-cita luhur. Namun kebebasan ini harus pada tempatnya agar tidak menggerogoti kesatuan dan persatuan bangsa. Bersama menjaga agar kebebasan komponen bangsa (pribadi) tidak  mempengaruhi secara sepihak (tirani) orientasi cita-cita bangsa melaksanakan pancasila secara murni dan konsekuen yg bersifat menyeluruh. Negara  Kesatuan Rebopublik Indonesia  melayani dan mengayomi seluruh rakyatnya secara  merata dan proporsional, bukan kepada golongan tertentu apalagi tertuju kepada individu, demi tercapainya Kemanusiaan yang adil dan beradab. Akhirnya batas2 Kebebasan pribadi dan Kewenangan negara wajib kita jaga bersama agar masing-masing berjalan pada koridor dan sesuai fungsi sesungguhnya tanpa ada penyelewengan, pilih kasih, rekayasa, manipulasi, sehingga pada akhirnya tercipta  damai, bebas merdeka, adil merata secara materi dan spiritual…..

Kedua….. Pada hari Jumat, pukul 4.00 subuh ditanggal 17 Agustus beberapa puluh tahun silam saya hadir di dunia ini dengan mengengam takdir  dan meneriakkan kebersediaan memikul amanah yang diberikan oleh Allah untuk kujalani,  berupa tangisan pertama ku yang mengawali sempurnanya kasih sayang kedua orang tuaku……  Sembah Sujud kepada  orang tuaku yang sudah merawat dan membesarkanku dengan penuh kasih sayang. Saya ucapkan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang kebetulan lahir pada tanggla 17 AgustusSELAMAT ULANG TAHUN, SEMOGA PANJANG UMUR DALAM KEBAJIKAN, SEHAT DAN SUKSES SELALLU, AMIEN 😀

Salam Merdeka!! buat seluruh masyarakat Indonesia  termasuk Istana Merdeka yang bersiap2 melaksanakan upacara bendera memperingati ultahku  Proklamasi kemerdekaan Indonesia. . Bangga karena seluruh komponen bangsa termasuk Presiden turut memperingati ultahku Jadi gak usah repot-repot rayainnya.. ( kado dari negara untukku) hihihi asyiiiikkkk….  😀                                                                                            

SELAMAT   HARI   PROKLAMASI  KEMERDEKAAN  BANGSA  INDONESIA  YANG  KE  63,

17 AGUSTUS 1945 -17 AGUSTUS 2008

Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai Jasa pahlawannya, melaksanakan amanah dan melanjutkan cita-cita perjuangannya. Masyarakat maju berkembang ,  damai sejahtera adil dan makmur adalah cita-cita luhur perjuangan bangsa Indonesia

 

 

                                            .

Advertisements

95 Responses

  1. Mudah2an bangsa kita merdeka dalam arti yang sesungguhnya, merdeka dari kemiskinan dan kebodohan.

    Amien ya robbalaalamiin 😀

  2. Sekali merdeka, tetap merdeka!

    Merdeka mas 😀

  3. klo endonesa dh 63 taun.. klo bunda brapa??? *kabuuuuuuuurrrrr ahhh..

    hehe…mautauuuuaja 😀

  4. Setengah Merdeka indonesia yang ke 63 tahun, semoga panjang umur dan murah rezeki ( buat rakyatnya ) dan dapet jodoh( dari negara yang mau kaih pinjaman gratis)..heee

    Hehe… bak cinderella yg mendambakan sang pangeran dwong 😀
    merdeka mas 😀

  5. Pertama: Selamat Ultah Bu Rita. Semoga panjang umur, sehat, dan bahagia dunia akhirat, lahir batin.

    Kedua: Selamat Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 63. Semoga bangsa kita bisa kembali jaya.

    Makasih banget pak atas doanya, amien insyaallah 😀
    Semoga, merdeka!

  6. wah ulang tahunnya bakal dirayakan seluruh bangsa indonesia nieh 😉

    Hehe… i iyaaa asyiiikkkk 😀

  7. smoga indonesia semakin maju 🙂

    Maju, Damai, Sejahtera, amien 😀

  8. Selamat ultah Bu Rita, smg sehat dan bahagia selalu.
    Untuk bangsaku smg menjadi bangsa yang punya harga diri dn semakin maju. Amiiìn !

    Makasih mas, amien insyaallha 😀
    amien yaa Allah..:)

  9. Ibuuuuu… Selamat menyambut hari ulang tahun ya… 🙂

    biasanya suka ada hadiah buat yang ultahnya sama dengan negara tercinta ini 🙂

    buat Indonesia ku… Bangkit yuk ! jangan terpuruk aja 😦

    Makasih bundaaaa, iya biasanya ada kado dari bank mandiri (khusus Sorowako)
    Berjaya Indonesiaku!!

  10. Merdekaaa…..(tanda seru)
    Di hari kemerdekaan nanti…
    Singkirkan para koruptor dari muka Indonesiaaaa….

    Ucapan ultahnya ntar aja ya Teh….

    Yaa ampun co rupanya, maco lagi (di foto) hehe…
    Yaaa setujuuuu, thax 😀

  11. bangkit negeriku
    harapan itu masih ada

    Selalu ada harapan…, merdeka! 😀

  12. dirgahayu Indonesiaku

    semoga jaya dan mandiri, amien 😀

  13. Salam semangat ya sahabat

    Tetap semangat bang..:D

  14. MERDEEKA!!!

    Medeka juga mba:D</em>

  15. 2 tahun terakhir saya selalu ikut upacara detik2 proklamasi di Istana Kepresidenan: Gedung Agung (Yogyakarta), dan selalu pingsan (nyaingi pramugari).
    tahun ini bingung saya ikut lagi atau engga ya.. 😦
    eniwei, Dirgahayu RI ke 63!!!
    semoga bisa bunganya ngga banyak2 (biar ga dikatain negara berkembang)

    Waahh dari pada repot off aja dulu yaa hehe 😀
    Hehehe bunga bank kalo berkembang ya gak enak ya kan ?…:
    D

  16. “Dirgaharu Republik Indonesia semoga menjadi Bangsa yang bermartabat dan segera mewujudkan cita cita suci para patriot bangsa yang memperjuangkannya.”

    dan

    “Selamat Ulang tahun buat Mbak Rita. wish you all the best in your B’day, everyday and all the years trough.” Terima kasih

    Insyaallah, amien, Merdeka!….
    Makasih banyak atas doanya mba Yulism, amien 😀

  17. Dirgahayu bun Rita..!!
    nyanyi yuk bun..
    “17 agustus tahunnya engga tau..
    itulah hari ulangtahun bun rita..
    hari bahagia nusa dan bangsa..
    hari lahirnya bunda Rita tercintaa…
    mer…de…ka…”
    (hehee..suara gw lumayan kan?)

    Thax ya…Oke ko’ oke… Tadi tu yang nyanyi nike ardila…. ko’ wajahnya mirip yaa hehe 😀

  18. merdeka jg kang…
    buat yg ultah hari itu…. smoga kelahiran nya membawa manfaat bagi agama & bangsa ini

    amin….

    haa?? kang???… aku wanitaaaa yang punya….. 😀
    aku ce ko’ om bukan lainnya hehe
    Merdeka mas 😀

  19. merdeka 😀

    Merdeka Juga mas Zoel

  20. Sebentar lagi 17 agustus ya…ikut merayakan juga deh disini 🙂

    Para warga disana juga merayain ya bang 😀

  21. merdddeeekaaaa……

    beneran gak ya….

    Merdeka dari penjajah kolonial maksudnya hehe

  22. hehhehe….. samaan ya ama hari ultahnya RI…
    btw, ampe salah ketik ya mbak, di paragraf yang akhir2,,, “termasuk Isatana Merdeka” => isatana..?

    Bangkit negeriku, harapan itu masih ada…! ^_^

    Iyaa mas Dhedi… Iya udah ta’koreksi, makasih ya udan care 😀
    YUp harapan harus tetep ada

  23. Tapi kalau menurut saya, kemerdekaan Indonesia terlalu Instan, karena kemerdekaan Indonesia dirumuskan beberapa bulan sebelum pembacaan teks kemerdekaan.

    Lalu, yang kedua, aneh rasanya suatu negara yang merdeka, pernah Tidak mempunyai seorang kepala negara….

    Bisa saja terjadi bagi negara yang dijajah mas kekuasaan diambil alih oleh penjajah 😀
    PAda waktu itu Indonesia belum bersatu ( pulau/wilayah berdiri sendiri2 dan dikepalai oleh para raja

  24. sekali merdeka tetap merdeka
    tapi kok sekarang kita masih di jajah ya
    penjajahan politik dan kepentingan perorangan sangat terang terangan

    Hmmm Kita liat aja apa yg bakal terjadi, terjadilah
    Merdeka mas!, thax udah mampir, keep in touch 😀

  25. wah, dies natalis-nya bareng toh…
    met ultah budhe rita…

    meskipun Indon baru diakui merdeka ama dunia internasional (barat) tahun 1949 sih
    all hail Indonesia…!!

    Iyaa Makasih yaa ananda 😀
    Yaa Indonesia Merdeka!

  26. wouw….. mbak rita thx udah kunjung balik….

    Sama-sama mas, thax juga udah mampir yaa, keep in touch 😀

  27. dirgahayu negeriku 🙂

    Merdeka bang 😀

  28. saua lebih suka mengucapkan selamat ulang tahun dari pada selamat HUT RI, napa ya?

    Hehe makasih mas….. Merdeka! 😀

  29. Berdoa untuk Indonesia yang mulai sepuh [63 tahun] .. ah negeri ini semakin tua ya Bunda. semoga sehat selalu.

    Amien, makasih….. Iya mudah-mudahan semakin arif dan bjiak 😀

  30. makan2 donk… asik… minta makanan khas sulawesi, ntar saya buatin salad dech.

    Hihihih…..Mba Aini izin yaa…. Wuiii salad! mauuu aku suka salad buah!, mas boleh skalian Lasagna gak hehe…..Kalo makanan khas sulawesi….. ntar nanya tetangga sebelah dulu yaa hehe….
    oiya ada mas, tapi perlu kursus sebulan makannya….. soalnya gak make ngunya langsung telen
    namanya Kappurung… tapi kalo udah bisa makannya pastiii ketagihan deh :D:D

  31. Berarti ulang tahunnya dirayakan oleh orang se-indonesia ya?

    Iyaaa mas jadi gak usah repot rayainnya ya kan 😀

  32. ulang tahun ya…
    Saya pesan soto banjar aja *kabuuuur*

    Aku ultah pa buka resto ya prasaan ada yg ngorder makanan deh hehehe 😀

  33. sekali merdeka tetap merdeka…!
    MERDEKA!!

    Medeka juga mas, ikutan manjat pinang yuk 😀

  34. nih pada dp semua ya, wong ultahnya masih kapan hari dah pada ngucapin 😀

    **sobek tanggalan ke tanggal 17**
    met ultah mbak rita, semoga semakin dekat dengan yang kuasa, semakin dicinta semua orang dan semakin bijaksana dengan putra-putrinya, amin

    Huahahhaa pada dp-nya itu lohh …. mobil kalee:D
    Nyobek tgl? dipercepat nih critanya….
    Makasih doanya mas, amien Semoga mas juga berbahagia selalu, amien 😀

  35. met ultah bangsaku….
    met ultah mbak rita….

    Makasih mas, Merdeka! 😀

  36. majulah negriku
    kobarkan semangat patriotisme

    dirgahayu untuk cinta tanah airku

    Dirgahayu Negeri Tercinta 😀

  37. halo mbak rita……masih inget kan …aduh udh lama bgt ga baca2 nih…eh met mnyambut ultah …wah nasionalis bgt ya..sampe bisa pas tgl 17…tp ntar ultah mbak rita yg ke 63 juga or ga….

    @christi : Halo jugaa mba…iyaa inget… Makasihh hehe… udah udzur bgtya bisa nyaingi bloger tertua yang udah almarhumah kemarin ya kan hehe 😀

  38. Duh serasa belajar PSPB waktu jaman dulu, pelajaran PSPB saya jelek sekali.

    Hehee….. biar udah nyontek tpi tetep jelek nilainya khan….. sorry 😀

  39. Merdeka, khususnya bagi pejabat yang lupa pada rakyatnya. Semoga HUT RI ke 63 ini para pejabat dan orang kaya juga mengenang penderitaan kaum miskin di Indonesia. Sebab orang miskin juga ikut memperjuangkan kemerdekaan negeri ini. salam

    @ksemar : Hehe… inga’-inga’…Amien…waalaikumsalaam

  40. Wah sudah dekat sepertinya hari ulang tahun Mbak Rita nih. Ngucapin selamat sekarang nggak pa pa ya. Met Ultah Mbak Rita, Met Ultah Indonesiaku.

  41. Met siap2 menyambut ultah ya mbak Rita 🙂 Barakallah, moga berkah hidupmu senantiasa, makin kuat & tawadhu, insya Allah… Btw, beda sehari sm ultah adikku, dia tgl 16. Sempet manyun sih ke ibu, kok ngga ditahan sehariii lg, hehe… ada2 aja, belum tau gmn rasa menahan sakit pas mau brojol ;p

  42. Indonesia “merdekalah” secara utuh,… kami butuh itu,….
    Mbak, diriku akan menunggu undangan makan2 darimu 🙂

  43. wow mbak Rita mau ultah.. ditunggu acara makan-makannya ya mbak.. 😉

  44. selamat ualng tahun bu Rita. selamat ualng tahun Indoesia.

    semoga makin jaya! dua-duanya 🙂

  45. merdekaaaaaaaaaaaaaaa (teriak – teriak sampai batuk – batuk)

  46. wahhh bentar lagi ultah dong… happy birthday mbakyu… 🙂

  47. merdeka 🙂

    Merdeka juga Bang 😀

  48. wah, peduli sejarah nih

    Mudah-mudahan mas, makasih udah mampir yaa 😀

  49. wehehehe… sama yah ultahnya sama RI..
    Selamat ya mbak.. semoga tetap… MERDEKAAA…..
    peduli sejarah itu harus.. ya mbak ya

    Iya mas, makasih banyak, amien
    iya, bila ingin mencitai harus mengenal lebih jauh kan mas
    btw. makasih udah mampir, keep in touch 😀

  50. Ku rindu ke beranian Soekarno membantah apa kata Dunia barat….!!

    Sama mas kebayang gimana suasananya waktu itu, dan sampai kapanpun rasa bangga terhadap para pahlawan kita gak pernah pupus 😀

  51. belum merdeka dari koruptor oportunis ni 😦

  52. DIRGAHAYU NEGERIKU , INDONESIA NYANG KUCINTAI
    KE 63

  53. Wah, salah satu contoh blogger yang mempunyai semangat nasionalisme tinggi nih. Ngomong2, umurnya setua umur negara juga ga nih? He..he..

  54. kalo gitu besok aku ngucapin 2 selamat ulang tahun sekaligus 😀

  55. Selamat ulang tahun mbak Rita, panjang umur, sehat dan bahagia, tambah bahagia seribu kali tiap hari. Selamat berkarya dan maju terus.
    Indonesia negeriku, semoga mendapat pemimpin dan penguasa seperti pada tahun 1945 berjuang demi kemerdekaan, mereka tidak ada perbedaan demi bangsa dan negara.

  56. met ultah indosia,, ehh buat mba’ juga 😀

  57. merdeka…!

    wah 2 momen bersejarah ya bu. selamat. ultah hari ini mau dirayain nggak?

    saya sendiri selain 17 agustus, tanggal 18 agustus punya catatan sendiri. catatan apakah? jawabnya besok aja di blog saya.

  58. Berdoa mulai ……

  59. […] 17 Agustus 2008, HUT Indonesia Merdeka Agustus 17, 2008 at 12:50 am | In Selingan | […]

  60. selamat hari kemerdekaan yang ke -63

  61. Selamat Ulang tahun ya…mbak! asyik sekali nih dirayakan di seluruh Indonesia.
    Sekali lagi Dirgahayu Mbak Rita Selamat ulang tahun Indonesia.

  62. SELAMAT ULANG TAHUN yaaaaaaaaaa…
    moga panjang umur dan sehat selalu
    bahagia selamanya!!

    oia, salam merdeka juga!!
    hehehehehe

  63. oia, jangan lupa ikut lomba panjat pinang..
    hehehehehe

  64. merdeka…!
    *upacara bendera di alam lagi…*

  65. 21 Juli???
    keesokan harinya hari kejaksaan…
    hehehehehehe…
    gua dirayain sama para jaksa2 euy…
    happy birthday…
    .
    .
    add q dunks…
    panjenengan kan udah aq add…
    hehehehehehe…

  66. salam merah putih,… mari kita rayakan 63 thn RI, kita lupakan sejenak, politikus yang jadi tikus, birokrasi yg jadi birokorupsi, birokrat yang jadi broker, jaksa yang terdakwa, hakim yang terhukum dll…. krisis multidimensi negeri ini.

  67. nengokin nih bu Rita… 17 Agustusan, libur 2 hari… Gak ada yang istimewa sih, yang istimewa adalah libur 2 hari. Hehehe

  68. wah kronologisnya bagus.. merdeka bos..! smoga perjuangan ini tidak hanya berhenti sampai disini.

  69. gimana
    panjat pinangnya menang? 😀

  70. Merdeka, tapi sayang, merdekanya bukan untuk mereka, orang-orang miskin itu…

  71. enak ya ulang tahunnya dirayain oleh bangsa!
    wekekekek!

  72. Merdeka……….selamat ulang tahun untuk bangsaku….
    ulang taun mbak Rita juga 17 agustus yah…wah selamat ulang tahun juga deh…

  73. met ultah mba’ .

    cori telat,,, soalnya maren saya libur 😀

  74. Bangsa yang sungguh-sungguh besar adalah bangsa yang merealisaskin cita-cita pahlawan bangsa dengan memadukan cita-cita dan perbuatan saat ini. Bangsa kerdil adalah bangsa dimana masyarakatnya mengeluh. Merdeka.

  75. merdeka!!!!!!!

  76. Berarti ulang tahunnya selalu dirayakan seluruh orang di Indonesia ya?

  77. Merdeka!!!

    Mbak Rita kemarin ikut lomba apaan ?
    he..he..

  78. merdeka……… balap karung ikut gak mbak??

  79. Kirain dah ada yang baru. Lagi senang mampir nich, ngak pa pa khan? Salam.

  80. Ztttt…, istirahat sejenak. Rasakan dahsyatnya PENCERAHAN dari buku MUSLIMONOT di blog kami. Ayo mampir dulu!

  81. Ingin TERCERAHKAN tentang problem dunia? Lihat “PLANET ROBOT” di blog kami. Ok banget!

  82. Sekali merdeka, tetap merdeka.

    *sambil mengepalkan tangan*

  83. Selamat Ulang Tahun mba…

    Dan buat Indonesiaku, semoga tetap jaya!

  84. Beberapa puluh tahun yang lalu ? ehm…sepertinya saya kudu manggil Bu Rita….bener, gak, bu ?

    Selamat Hari Lahir, Bu…
    Semoga umurnya Berkah..
    AMin

  85. wew,baru tau kalo ultah..met Ultah ya bu…semoga selalu sehat biar bisa posting terus… 🙂

  86. merdeka..semoga indonesia jadi bangsa yang terhormat..

  87. Merdeka, terimakasih untuk bapak Presiden RI, bapak Menteri, dan departemen pariwisata serta teman2 gita ahana yang telah membuat anak bangsa mengekpresikan diri dalam Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2008 Kemarin. SALAM GBN MER DE KA !!!

  88. Satu Kebahagiaan yang saya rasakan pada saat menjadi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2008 kemarin. saya melihat Presiden terharu dan bangga melihat saya dan teman-teman Gita Bahana bernyanyi di lapangan Istana Merdeka. Ternyata perjuangan saya dan teman-teman di cibubur dari tanggal 03-25 Oktober tidak sia-sia, susah sedih kami alami di asrama, kami tetap berusaha untuk menunjukkan yang terbaik di hadapan bapak Presiden ,para menteri, undangan, dan kepada bangsa indonesia untuk menjadi yang terbaik. Hasil yang kami raih bukan kesuksesan dihadapan Bapak negara dan Bangasa indonesia, tetapi dari dalam hati juga kami merasa sukses mencapai kepuasan batin dalam menyuguhkan lagu-lagu tersebut.
    Maka dari itu saya ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak Presiden RI (Susilo Bambang yuoyono), bapak menteri (jerowacik), bapak joko sarwoko MM dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dan teman- teman paduan Suara GITA BAHANA NUSANTARA 2008 serta PASKIBRA. Salam Gita Bahana, Indonesia tetap tanah airku, merdeka INDONESIAKU

  89. Satu Kebahagiaan yang saya rasakan pada saat menjadi Paduan Suara Gita Bahana Nusantara 2008 kemarin. saya melihat Presiden terharu dan bangga melihat saya dan teman-teman Gita Bahana bernyanyi di lapangan Istana Merdeka. Ternyata perjuangan saya dan teman-teman di cibubur dari tanggal 03-25 Oktober tidak sia-sia, susah sedih kami alami di asrama, kami tetap berusaha untuk menunjukkan yang terbaik di hadapan bapak Presiden ,para menteri, undangan, dan kepada bangsa indonesia untuk menjadi yang terbaik. Hasil yang kami raih bukan kesuksesan dihadapan Bapak negara dan Bangasa indonesia, tetapi dari dalam hati juga kami merasa sukses mencapai kepuasan batin dalam menyuguhkan lagu-lagu tersebut.
    Maka dari itu saya ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak Presiden RI (Susilo Bambang yudhoyono), bapak menteri (jerowacik), bapak joko sarwoko MM dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dan teman- teman paduan Suara GITA BAHANA NUSANTARA 2008 serta PASKIBRA. Salam Gita Bahana, Indonesia tetap tanah airku, merdeka INDONESIAKU

  90. Salam kenal mbak…

    Selamat Hari Kemerdekaan. Selamat hari ibu.

    Semoga kita menjadi bangsa yang besar dan bisa dibanggakan! 🙂

  91. semoga indonesia bisa mnjadi kebanggaan bagi kita dan bagi negara2 lain
    mardeka!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: