Mensyukuri NikmatNya

Ceramah Ramadhan (tarawih) Jumat, 09-08, Mejid Alfath, oleh ustadz Das’at latif

Tertarik mengambil tema dua hari yang lalu karena masih terkait dengan postingan yang lalu yaitu “rasa syukur”   (Lelaki di Balik Gerobak).  Syukur atau mengingat Allah adalah wajib bagi umatnya:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih””. (Ibrahim [14]:7)

Isi Tausiyah Ramadhan yaitu : Mensyukuri nikmat Allah

Nikmat hidup dan kehidupan yang sudah diberikan oleh Allah, (tak terhitung ) antara lain  yang paling luar biasa dan amat dekat, ada pada tubuh kita  yaitu : Kepala beserta isi yang dapat mengatur alur hidup ini (untuk berfikir), Segumpal daging yang tak henti2nya bekerja memompa darah,  yaitu Jantung. Ada organ yang  dengan setianya menyingkirkan setiap racun yang masuk kedalam tubuh yaitu Ginjal. Ada paru2 yang mempertahankan daya kerja jantung dengan memompa dan mengurusi keluar masuknya udara sehingga tubuh kita tetap hidup. Hati dengan tugasnya, Telinga tuk mendengar, mata sehingga dapat melihat. Rambut yang numbuh di kepala, soalnya kalau numbuh di gigi, gondrong dong mulutnya. Hidung yang menghadap kebawah, kalau menghadap keatas kan bisa kemasukan air hujan dan bisa bersin tak henti-hentinya karena debu, kotoran/benda2 kecil bisa  tersedot masuh  tanpa hambatan. Dua tangan, dua kaki untuk berjalan… Dan masih banyak lagi nikmat pada tubuh disertai dengan fungsihnya masing-masing, patut di syukuri…. Silahakan dilanjutkan/ditambahkan 😀

Masyaallah sungguh tak terbatas kasih sayang dan rahmatMu yaa Kholiq, yaa Haliim, yaa Adziim,yaa syakuur…

 Semoga dengan mengenali  segala nikmat yang diberikan  membuat kita dapat mensyukuri, mengagumi dan tidak mensekutukanNya. Agar terhindar dari AzabNya, dan sesuai janjiNya akan ditambahkan nikmatnya untuk kita, amien

Advertisements

108 Responses

  1. ooooo traweh d masjid alfath y bun… dh lama g traweh d masjid pontada itu… masjid ber-AC.. swiiii wiiii….

    Pulang dwong Fan, biar bisa sholat bareng di sana ya 😀

  2. Wah bner banged tu bun,..
    manusia adakalanya mengeluh terus menerus akan nikmat yang diterima.
    bukankah lebih baik kita mensyukuri nikmatnya.
    Semoga kita semua dijadikan umat-NYA yang pandai mensyukuri nikmat

    Amien yaa Allah 🙂

  3. Amin. Semoga kita termasuk org2 yg mesukuri nikmat Allah.

    Salam kenal dari Jambi..

    Amien, semoga bang. Makasih udah mampir, keep in touch :D

  4. alhamdulillah….

    Amien yaa Allah 🙂

  5. dan, …. hanya dengan mengingat Allah jiwa akan mejadi tenteram… (kalo ga salah ya, Al-arat 28)

    Salute Bunda Rita ama rekaman ceramahnya!…. 😀 semoga kita termasuk kedalam kelompok orang-orang yang saling mengingatkan, amin…

    Maksudnya Al araf mungkin yaa?….Makasi Daffa chayang, bunda cuma nyalin cerama pak ustadz ko’ 😀 Amien yaa Allah

  6. pulang tadarusan dari mejid, terus kesiniiiii, ada tausiyah dari ustadz Das’at latif (siapa tuh?) eeeee… nyambung….,  mensyukur atas segala nikmat yang Allah berikan itu, wajib hukumnya (iya toch?) dalilnya aja dah jelaaaaaasss : tuh di QS (Ibrahim [14]:7) itu, yang diatas itu … “la insyakartum laaziidannakum, wala inkafartum inna’adzabii lasyadiid”…., bayangkan kalau lubang hidung kita bolongnya keatas….. (*iiighh, ngeriii*) na’udzubillahi mindzalik….., mangkanya sukur yuk syukuuuuuurrrr…

    Woww ayatnya hafal lagi, sapa dulu dwong, Babee….Iya bersyukur Be…..:D

  7. Benar…Segala sesuatu yang ada di muka bumi ini adalah Nikmat yang diberikan ALLAH kepada Manusia…Bahkan, musuh-pun bisa menjadi “Nikmat” buat kita,,jika dengan adanya musuh akan semakin membuat kita ber muhasabah diri…Selamat Puasa Bu….;)

    Iya bang perlu direnungkan….. makasin bang, sama2 mohon maaf lahir batin yaa 😀

  8. Bahkan bagian tubuh yang ‘sepele’ pun harus kita syukuri kesehatannya : gigi. Jika gigi sakit, waw …. rasanya pengin nyopot aja nih kepala.
    Tapi lebih dari syukur atas nikmat yang berkaitan dengan fungsi-fungsi tubuh kita, kita juga harus bersyukur atas segala karunia yang kita miliki. Marilah kita menghitung nikmat yang ada, bukan menyesali apa yang tidak kita punya.

    Iya bu, menghitung dan mensyukuri nikmatnya 🙂

  9. semoga kita semua termasuk dalam golongan orang2 yg selalu bersyukur akan nikmat ALlah..

    Amien yaa Allah

  10. al-Hamdulillah masih bisa merasakan Ramadhan…..

    Iya, alhamdulillah, semoga kita diberi kesempatan untuk menikmatinya ditaun2 mendatang, semoga lebih sempurna dari tahun2 sebelumnya

  11. betul sekali bu…
    kita karus menyukuri semua yang di berikan kapada kita oleh Nya…

    Insyaallh kita menjadi orang yang pandai bersyukur, amien 🙂

  12. bersyukur untuk semua yang kita miliki dan yang tidak kita miliki ya mbak 🙂 semoga bisa.

    Amien, semoga, insyaallah 😀

  13. Saya bersyukur masih bisa ngeblog secara gretongan!!

    Hehehe.. yaya hal satu ini juga patut di syukuri 😀

  14. mensyukuri nikmatNya merupakan
    pekerjaan maha berat
    suatu hari kita kehilangan uang 1 juta
    niscaya hal itu akan terus selalu diingat
    tapi setiap bulan kita memperoleh
    berpuluh puluh juta misalnya,
    malah jarang diingat dan disyukuri…….
    smg tulisan di atas bs membuat kita semua
    sll mensyukuri nikmat…..amien

    Semoga, kita jadi ahli sykur yaa bang, amien

  15. Tidak lupa kita juga harus bersyukur dianugerahi mata, tangan, dan sebagainya sehingga kita bisa ngenet hari ini ^_^
    Apalagi kalau koneksinya kenceng…

    Namun, ngenet juga kadang bisa menghambat ibadah.. hehehehe..

    Sekedar cerita, saya kalau pas tarwih ada khotbah suka pulang dulu ke kosan, krn dekat dan tetep bisa didengarkan sambil makan..
    Lalu balik lagi, kecuali ketiduran.. 😀

    Mau dengarnya di masjid atau di rumah sama aja ya bang yg penting niat kesungguhan untuk
    memahami tausyanya
    😀

  16. Bersyukur masih diberi waktu untuk membaca posting yg bagus ini.

    Makasih bang, (mewakili pak ustadz). aw makasih bang udah mampir, keep in touch yaa 😀

  17. alhamdulillah saya masih hidup hingga sekarang, sebelum ajal menjemput aku ingin menjadi kekasihNya seutuhnya

    Amien yaa Allah semoga kita semua jadi kekasihNya, amien 🙂

  18. amiieeennnnn…..

    Amien yaa Allah 😀

  19. lha ….iya to…mausia itu tidak bersyukur ya.Tuhan memberi semuanya itu harus disyukuri,….kadang kadang kalo kita sehat….eh..lupa semuanya. giliran sakit….cuma ada bisul di punggung..( jadi sulit berbaring )…wah…sambatnya/mengeluhnya luar biasa,itulah manusia.

    Iya bu, saya ingin belajar menjadi orang yang pandai bersyukur dan sabar atas segala cobanNya, amien

  20. terima kasih sudah di-ingatkan…

    Sama2 bang (mewakili pak ustadz) 😀 thx ya udah berkunjung, keep in touch 😀

  21. pernah ngebayangin ga klo kita ga punya JEMPOL??

    Nikmat Allah emang ada di mana-mana, jadi siapa pun yang tidak mensyukuri termasuk orang yang ‘buta’ dan ‘tuli’

    Bahkan untuk bernapas menghirup udara pun kita gratis kan,,
    coba klo di tagih.. 😦

    Makasih udah diingetin Teh..

    Benar sekali bang Rull, masyaallh maha besar Allah. sama2 bang 😀

  22. Subhanallah… Izinkanlah hambamu untuk senantiasa bersyukur ya Allah…

    Amien yaa Allh, saling mendoakan mba/mas 🙂

  23. Tadi malam aku ngak bisa tidur sampai larut sekali walaupun mata tertutup, lampu mati, TV mati dan suasana yang sangat tenang, tetap membuat otakku berkeliaran kemasa laluku, semua kekhilafan berputar putar didalam kepalaku. Setelah aku berserah dan bersyukur atas semua baru aku terlelap dengan tenang. terimakasih

    Iya mba rasa syukur akan membibing jiwa kita kepada keikhlasan yang berujung ke-tenangan. Bnyak melihat dan menyadari , me-revisi apa yg sdh kita peroleh, apa yg sudah diraih dibanding dgn yang “belum dimiliki oleh orang” lain salah satunya (melihat kebawah) akan membuat kita sadar betapa beruntungnya kita 😀

  24. Bersukur membuat hati lebih tenang … ya mau apalagi lha wong mati gak bawa apa2x 🙂

    Iyaa mas setuju 😀

  25. amin….semoga kita termasuk orang2 yg slalu bersyukur kpd sang kholik dan slalu di beri petunjuk….

    Amien yaa Allah 🙂

  26. Amin… begitu banyak nikmat ini yang gak ternilai harganya… jagalah hamba agar selalu jadi orang yang bersyukur ya Allah..

    Semoga kita semua menjadi hamba yng bersyukur, amien 😀

  27. Terima kasih atas kunjungannya yang bertubi-tubi ke blog saya. 😀

    Blog anda juga segar untuk jiwa. Mudah-mudahan kita selalu diingatkan untuk mensyukuri nikmat yang sudah diberikan. Karena memang, sangat banyak yang sudah diberikan untuk manusia

    Makasih mas, waduhh jadi geer nih
    Amien, iya semoga kita dapat selalu menyadarinya, amien 🙂

  28. Bersyukurlah
    dan insyaallah bertambah berkah 🙂

    amien bang 😀

  29. iya mbak…
    semoga kita selalu mensyukuri nikmat Allah

    (banyak bener nikmat Allah.. tapi kadang kita malahan ga bersyukur T_T)

    Semoga kita selalu menyadarinya mas, amien 🙂

  30. terkadang kita sibuk mencari yg g’ ada dan lupa mensyukuri apa yang telah di dapatkan

    Iya bang Zoel. Semoga kita termasuk orang2 yg menyadari nikmat Allah, amien

  31. Kalau banyak bersyukur, insyaallah rejeki kita akan ditambah.

    Amien, insyaallah 🙂

  32. Lam knal jga. .
    Wah,
    Tkadang gw krang bsukur ma apa yg gw dapet. .
    Mkasi my parent. .=D

    Gak papa yang penting kita berusaha untuk jadi lebih baik yakan? 🙂

  33. wah…kapan2 aku undang mbak buat ceramah di kantorku nih…

    Makasih mas, 🙂 boleh2, tpi yng ceramah pak ustdaznya yaa hehe 😀

  34. sangat bermanfaat. thx…

    Makasih kang (mewakili pak ustadz), amien insyaallah

  35. alhamdulillah…
    atas segala nikmat yang Allah berikan hingga hari ini..

    alhamdulillah…
    atas nafas yang masih diijinkan berhembus,
    atas jantung yang masih diijinkan berdenyut,
    atas darah yang masih diijinkan mengalir dengan hangat dalam tubuh..

    Alhamdulillah.. 🙂

    Iya semuanya adalah pemberian Allah 🙂
    aw, kapan nih mau maen ke Sorowako

  36. Alhamdulillah,
    yang telah melindungiku dari segala marabahaya,
    amiiin.

    Iya bang, Maha Besar kasih sayangNya 🙂

  37. alhamdulillah……..qt diberikan nikmt-Nya yang begitu banyak……
    semoga kita tidak lupa mensyukurinya……. 🙂

    Iya semoga kita menjadi hamba yang bersyukur, amien 🙂

  38. ..banyak2lah bersyukur..

    Iya ya mas kita mesti menyadari apa saja nikmatnya agar pandai mensyukurinya, amie 🙂

  39. bersyukur adalah salah satu gerbang menuju sukses

    Iya menuju sekses, bukan saja di dunia tpi dikehidupan sana nantinya 🙂

  40. semoga saya termasuk orang yang selalu bersyukur

    sama-sama mba , semoga kita termasuk ahli syukur, amien

  41. Kadang kita lupa akan nikmatnya hingga membuat kita lupa bersyukur, padahal nikmat yang kita terima gratis. Thanks atas Tausyiahnya..

    Kembali mas, (mewakili pak ustadz). Iya mas, nikmatnya Maha luas dan gratis 😀

  42. semoga aku masuk pada orang-orang yang selalu bersyukur…

    Amien, sama-sama mba 🙂

  43. Ibu ini memang tipe wanita setia….

  44. terkadang memang kita lupa tuk mensyukuri kesempurnaan diri kita…satu tahun kita sehat…kemudian diberi cobaan 2 hari aja sakit sdh gimana rasanya…itulah maknanya syukur apapun yang menimpa diri kita hrs dihadapi dengan kesabaran…

  45. amien kang ….
    nikmat akan dilipat gandakan klo kita bisa mensyukurinya 🙂

  46. Saya setuju dengan mbak rita. Kalo meminjam istilah Barong (pemain sinetron Para Pencari Tuhan yang tiap hari ditayangin SCTV selama Ramadhan) : “Nikmat Tuhan apalagi yang kita ingkari…?!!”.

    Kita selalu melongok ke atas untuk urusan dunia, sementara kita menatap ke bawah untuk urusan akhirat. Moga kita dijauhkan dari sifat kufur…

  47. Jadi aku kudu bersyukur, karena meskipun boss-boss kecilku sedang banyak maunya, tapi aku diberi sehat ama Allah agar tetap bisa mengurus mereka. 🙂

  48. memang sebenarnya nikmat yang diberikan oleh Allah itu tak terhitung jumlahnya…

  49. dengan mengingat Allah jiwa akan mejadi tenteram… (kalo ga salah ya, Al-arat 28),

    ternyata memang salah Bunda Rita, yang benar Ar-ra’d 28,
    maaf ya, Opa sok teu kali!?

  50. syukur dan optimis adalah awal dari segala kebaikan bu… sekalian menyambut Lailatul Qadr, mudah2an berkenan…

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/09/18/bom-di-malam-lailatul-qadr/

  51. amien. amien. amienn..

  52. Memang harus banyak-banyak bersyukur nih.

  53. assalamu alaykum mba rita.. 😀

    hiyyaaa..
    kapan ya bisa main k sorowako?
    bandaranya dah buka belom??

    mba rita kapan dunk maen k solo? :mrgreen:

  54. Mba
    Minal Aidin Wal Faidzin
    Saya mo mudik rabu ke Ciamis
    jadi mungkin jarang ngeblog 🙂

  55. bersyukur karena bentar lagi kita lebaran…
    salam ngeblog……

  56. kangen nian nih sama mamih rita, untung ada kesempatan buka blog . selamat menjalankan ibadah puasa untuk seluruh keluarga.

  57. padahal suatu kewajiban kita mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan Alloh itu dengan ilmu. Sayangnya banyak dari kita termasuk saya yang ilmunya rendah memahami anugerah tersebut, malah yang mengerikan kita menyepelekannya atau membuat kufur nikmat. Sungguh Alloh Maha Pemberi tanpa Meminta kita, kita saja yang kufur atas anggota badan.

    Mata ini untuk melihat yang tak bermanfaat, kaki ini melangkah ke tempat maksiat, mulut ini menggunjing orang, tangan ini menulis tulisan parno dan hati ini sakit. Sungguh malang raga ini, karena akan ditinggal ruhnya yang melalui banyak penilaian.

  58. betul sekali mbak
    dengan bersyukur kita merasa memiliki segala nya

  59. kok kebetulan ya, tadi subuhan di mesjid kultunya juga tentang bersyukur 🙂

  60. Kita sering lupa akan nikmatNya yang tiada terhingga, bahkan setiap detik, ketika sakit baru terasa ada nikmat yang hilang

  61. bukankah bersyukur mencegah kita jadi takabur? 😀

  62. malam,bunda. aku terpaku akan tulisan bunda yg ini. lebih berisi, salam hangat selalu, bunda

  63. mbak rita… (manggilnya bunda or mbak sih…? soalnya si bluethunderheart manggilnya bunda, nah, saya biasanya manggilnya mbak…) besok saya mudik donk.. 🙂

    wah, harus bersyukur juga nih.. (insya Allah) masih dikasih kesempatan mudik ^_^

  64. Mensyukuri nikmat inilah yang sering kita lupakan, akibat sifat serakah. Mudah-mudahan kita semua dijauhi dari sifat buruk ini dan selalu ingat bersyukur kepada Allah SWT.

  65. kasih allah tak terhingga sepanjang waktu
    marilah kita bersyukur

  66. wadduuuuh, kmn aja sih mbak
    kok ngga pernah kelihatan
    khusyuk kali qiyamul-lail nya ya

  67. lebih enak mensukuri dari pada mikir yg kurang…. hehehe.. maav lahir batin iah…

  68. Mensyukuri nikmat adalah kunci agar hati menjadi lebih tenang… InsyaAllah selalu diberi keberkahan yang lebih dari Allah S.W.T

  69. Sebenarnya salah satu hikmah kita bercermin adalah mengingatkan kita, agar kita pandai mensyukuri nikmat Allah.

    SELAMAT IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

  70. Kak…minal aidin ya

    mohon maaf lahir dan bathin

    Dari Yessy, Tatang, dan Little Tangguh Muchtar

    salam buat keluarga

  71. selamat menunaikan idul fitri ya.. Tuhan pimpin perjalanan mudiknya 😀 kalau ga mudik ya selamat menikmati kebahagiaan di rumah tercinta

  72. mat lebaran ya…….semoga puasa mendidik kita untuk lebih sabar, jujur dan berkesetikawanan sosial. Tiga itu sudah terjerabut dari bagsa ini.

    masalah teh, saya kirimi nanti…….selamat mencoba

  73. MBAK YU…MAAF LAHIR BATHIN YA…

  74. Selamat Idul Fitri bu Rita. Mohon maaf lahir batin

  75. Hmm,
    maaf klo isi comment keluar dari materi postingan yach…

    i just want say’ :

    Taqabballallahu Min A Wa Minkum Shiyamanaa Wa Shiyamakum Kulluia Amin Wa Antum Bi Khoirin,
    Met Idul Fitri Yach,
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin, atas semua kreasi postingan & comment gw yang salah…
    wasalam.

  76. Saya sering sekali berkata kata yang tidak semuanya indah, kadang saya salah, mungkin riya, mungkin sedikit dusta … dan saya mohon untuk dimaafkan segala kesalahan saya yah 🙂

    Minal aidin wal faidzin … maafkan saya lahir dan batin karena beginilah kewajiban kita sebagai hamba untuk meminta maaf dan memberi maaf.

    Rindu [a.k.a -Ade-]

  77. Assalamu’alaikuuuuum…, ( Bunda Rita!.., bangun Bunda… da lebaran…e.. uda buka ).

    *Sebelum Ramadhan melintas batas,
    **Sebelum Syawal menebar fajar,

    Kami datang kehadapan Bunda Rita berbajukan tulus bersandalkan ikhlas menggendong bakul kosong sambil bertutur “ Isilah Bakul Kami ini dengan Maaf Lahir dan Bathin”.
    Agar Jiwa ini nyaman dalam perjalanan pulang, Terimalah THR ( Tuntunan Hari Raya ) dari Daffa & Opa “Selamat Idul Fitri 1429 H , minal aidin wal faidzin”, semoga kita dipertemukanNya kembali dengan Ramadhan taon depan, amin ya rachman, yaa rachim, amin yaa maha perancang segala peristiwa.

    Wassalamualaikum,
    Daffa & Opa

  78. met idul fitri ya mbak.mohon maaf lahir batin 🙂

  79. saya akan bersyukur jika Suhu memaafkan kesalahan saya di saat hari yang Fitri ini…

  80. tuhan maha pengasih n penyayang…3X
    kemenangan bukan berarti satu bln yg telah kita lalui…
    tp kemenangan adl sebelas bln yg akan datang mjd lebih baik n berguna bagi sesama makhluk tuhan…
    minal aidin wal faidzin mhn maaf lahir dan batin…

  81. Mohon maaf lahir batin jika ada salah ucap dalam tulisan2 saya.salaam

  82. Jika hati sejernih air,
    jangan biarkan ia menjadi keruh
    Jika hati seputih awan,
    jangan biarkan ia menjelma mendung
    Hanya karena mba Rita
    tak lagi mau,
    memaafkan setiap kesalahan Saya

    Minal ‘aidin wal faidzin..
    maafin segala kesalahan…

  83. gajah_kurus mengucapkan: Selamat Idul Fitri 1429H. Semoga kita dapat saling memaafkan dan semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Amin

  84. Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamualaikum wr wb

    Selamat hari Raya Idul Fitri 1429 H.

    Mohon maaf atas semua salah, khilaf, tulisan yang menyakitkan hati, menyinggung perasaan, serta bersitan-bersitan hati yang pernah berprasangka.

    Semoga Allah SWT menyempurnakan pahala ibadah kita di bulan Ramadhan tahun ini.

    Semoga Allah SWT selalu mencurahkan hidayahnya, agar kita mampu meningkatkan kualitas ibadah kita pada Nya.

  85. mohon maaf lahir dan batin

  86. Met Idul fitri ya?
    Mohon maaf lahir & batin.

  87. masih dikampung yah?

  88. selamat hari raya idul fitri.
    mohon maaf lahir dan batin.

  89. semoga kita termasuk orang2 yg selalu bersyukur akan NikmatNya…Amin.
    Syukrillah.

    btw..selamat hari raya idul fitri… walo telat ngucapinnya

  90. Gendang melayu bunyinya lantang,
    Dara di hilir menari Zapin
    Ramadhan berlalu Syawalpun datang
    Mohon maaf lahir & batin

    Berharap padi dalam lesung,
    Yang ada cuma rumpun jerami,
    Harapan hati bertatap langsung,
    Hanya bermimpi dari sini.

    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429H.
    Taqobalallahu minna waminkum wataqabbal ya karim.
    Allex

  91. i know its too late…
    and maybe not a comment for this post..
    but, please let me say this..

    happy ied mubarak 1429H

    taqabalallahu minna wa minkum
    taqabalallahu yaa kariim
    minal aidin wal faidzin…
    ^_^

    masih banyak kan stok maapnya?
    ^_^’

  92. Walau telat Maaf Lahir Bathin ya?
    Dan salam kenal
    ‘ Nikmat bila disyukuri akan bertambah karunia Nya’

  93. minal aidin walfaidzin..mohon maap lahir n bathin

  94. selamat idul fitri tanteeeeehhh

    mohon maap lahir dan batin yah 😀

  95. Bunda!.., Bunda…., Bunda Rita!…, bangun ada tamu nih!…,
    Kemana yaa Bunda Rita???? kok ga muncul-muncul??

  96. permisi…makasih udah lewat di blog q

  97. halo mbak..
    mohon maaf lahir dan batin ya…

  98. ternyata sama,
    kita lama ga up date blognya 😉

  99. hmm… baru baca nih…

    wah wah…

    .

    keren!

    aku jadi ingat akan nikmat2 dari Allah swt..

    bayangin aja kalo jadinya macam-macam…

    duh, gak kebayang deh kalo aku jadi manusia berkaki 4, jadi saingan si kebo donk 🙂

  100. alhamdlilaah amiin, kang
    sekalian lebaran nih 😀 mohon maaf lahir dan batin

  101. Good posting mbak …!!!

    Satu lagi pencerahan mengenai kehebatan dan keutamaan bersyukur ….

    Sekalian menjenguk mbak Rita nih, semoga sehat dan selalu berada dalam lindungan Allah Swt … Amin

    Minal Aidin Wal Faizin, Mohon maaf lahir dan bathin …

  102. semoga, semoga, semoga, saja…

  103. kok blom update ya buk ??
    sibuk ya ? ato masih mudik ?

  104. wohhh… lama gak update. para komentator ngantri mpe ratusan gini. Hehehe…

    Bersyukur…

  105. bagus.. bagus tulisan yang bagus.. aku sangat suka membaca tulisan yang mengingatkan kita dengan NYA.. ya memang semestinya kita harus bersyukur sudah diberikan sesuatu yang paling berharga di dunia ini yaiut nafas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: