SOROWAKO IN PICTURES

Dalam rangka Anniversary PT INCO yang ke-40, Departement External Relation mensponsori pameran Foto dan Lukisan, organized by  Sorowako Painting Club (SPC) dan Sorowako  Photographer Society (SPS).  Sorowako in Pictures  mengambil thema “Nature and Culture of Sulawesi” berlangsung dari tanggal 21 – 30 November 2008 di gedung Ontaeluwu, Pontada. tedong-toraja-12

tedong-toraja-2

 Diantara sekian hasil bidikan camera tangan2 terampil,  terdapat foto-foto  upacara kematian suku Toraja yang terkenal denga nama “Rambu Solo’”

tedong-toraja

             Gbr. Rumah adat Toraja dan para panitia upacara

Masyarakat Toraja menganggap kematian adalah proses sakral karena itu sebelum proses penguburan biasanya diikuti oleh pesta penyembelian hewan besar-besaran yang nantinya dibagi-bagikan pada kerabat dan masyarakat setempat.  

tedong-toraja-3

Gbr. Hewan sembelihan (babi-babi bergelimpangan)

Hewan-hewan itu diperoleh dari para pelayat sebagai penghargaan kepada almarhum/almarhumah dan keluarga.  Yang menarik bahwa sumbangan yg telah diterima akan menjadi ”Utang Adat” yang harus di bayar keluarga kepada setiap para penyumbang. Cara pengembaliannya adalah bila pihak penyumbang atau keluarganya mengalami kedukaan. Untuk membayar “utang” ini biasanya sesuai dengan apa yang diterima dari penyumbang. Misalnya penyumbang memberi seekor babi atau kerbau, suatu kelak ketika giliran penyumbang atau keluarganya mengalami kedukaan,  yang berduka tadi wajib mengembalikan “sumbangan yang sesuai yaitu seekor babi atau kerbau. Begitulah seterusnya sehingga Utang Adat ini bisa abadi, terbawa turun-temurun…. Wowwww braaaattt…hiksss.

 

                                                                

Advertisements

85 Responses

  1. Eh iya…keren2 photo disana ya. Sampe terkagum2 pas liat. Bikin pengen gabung photography club. Tapi begitu ngeliat para member dan kamera2 mereka yang corong2nya puanjang itu…huikkk….langsung deh aku mengkeret gak pe de hahaha (super amatir gitu lohh).

    Gitu toh ceritanya tentang adat Toraja yang terkenal itu. Walah, kalo utang belum lunas trus dapat kedukaan lagi jadi bertumpuk2 dong utangnya? Apa dicatet ya siapa aja yang ngasih, trus ngasih apa gitu? hihihi

    waa sayang kita gak ketemu yaa tpi ntar deh kalo udah gak suiibukk ta’samperin kerumah yaa
    Pasti karena kalo ada terlewat satu aja itu berarti beban moral yang harus ditanggung keluarga

  2. wah fotonya kere-keren ya…

    Iya mas, kalo diplototin satu-satu nambah asyiiikkk 😀

  3. ebusyet! babi bergelimpangan! 😯

    Baru liat yaa???, pernah nangkap??

  4. wahhh….utang adat itu
    kalau masih berlaku
    sepertinya lbh bnyk sisi
    negatifnya ketimbang positifnya 😉

    Yang lucunya lagi bang, cowok2 bujang di sini pada takut deketin cewek2 Toraja alasannya berat di ongkossss ….. hihihi adada ajaa 😀

  5. *sigh* miss ma lovely hometown Sorowako.

    Pulang sini!, biar ilang penyakit kangennya hehe 😀

  6. uhuiiiiii plang sorowako ahhhh…

    Nahh gitu dwong…. Btw, kapan nih rencananya ? 😀

  7. Ihhh,,,, serem liat fotonya…. Salam kenal yaa…

    Itu baru liat fotonya loh…. Kembali… keep in touch yaa, thx udah mampir 😀

  8. wahhh, babinya item-item.
    🙂

    Iya… kalo pink itu di film2 hehe

  9. Wuih, lama gak mampir di sini. ternyata udah ada postingan baru 😀

    baru tau babi ad yg warna item 😆
    di tv kartun2 jepang selalu warna pink 😈

    Hehehe…. blom liat aslinya yaa….selain item ada yang bulunya putih…..

  10. utang adatnya ada kuitansinya gak ya?

    hehehe….. yang aku tau ada catetannya, dan itu diberithukan kepada seluruh keluarga mereka

  11. wow,,,, kereeeeeen,,,,,

    ada yang laen ga??/

    Banyak macam sih foto yang dipamerin cuma aku lbh ketarik ma foto ini 😀

  12. wahhh bagus2 banget ya mbak…kok di Chevron gak pernah ada pameran seperti ini ya 😀

    Usulin aja mba ma exrel-nya hehe…:D

  13. kasihan hewan sembelihannya 😀

    Iyaa yaa mreka korban tanpa dosa hiksss 😀

  14. serem amat..he2

    Dagingnya untuk dibagiin ke warga 😀

  15. wah keren2 .. 🙂
    saalam kenal 😉

    Makasih, salam kenal jugaa 😀

  16. wah itu babi nya kasian amat sih, kok teganya pembunuhan masal gitu, jangan jangan korban amrozi 😛

    Hehehe… bisa aja korban amrozi…:D
    sama kayak kita nyembeli hewan kurban saat idul adha

  17. wah mbak, itu foto hewan yg disembelih…ngerriii deh….

    Met malem, pa kabar nih hari ini? Semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin dan besok kita masih diberi umur panjang untuk dapat terus ngeblog, tetap semangat! O ya, kalo mo promosi blog biar bisa dapat kunjungan lebih banyak lagi, bisa langsung http://shanny.web.id/?p=862 aja, makasih yah, maaf nih mang udah lama ga mampir. Sekalin juga kalo tertarik dengan program bisnis internet, bisa dilihat juga disini http://shannypersonalblog.wordpress.com/2008/11/21/tabanas-program-bisnisku/.

    Baek bang makasih udah mampir, amien….Makasih infonya dan makasih juga ttg bisnis internetnya, akan di coba, thx

  18. waduh.. ada utang adat sgala.. jd bayi lahir langsung punya utang dong.. hikk..hiks.. 😦

    Jangankan dari bayi, dari calon ortunya si calon bayi baru nikah aja bisa jadi hutang udah menghadang didepan hehehe 😀

  19. babi nya nanti di masaknya gimana mbak..?

    waduh kalo itu gak ikut campur….gak ngerti aku hehehe…..:D

  20. geli liat babinya mba…hiii……

    aku juga cuma moto foto yang di pajang…. Kalo aslinya sih….. hiiiiii pasti gak ada postingan ini

  21. jadi inget tulisan mba tutinonka kemaren tentang tana toraja… bagaimanapun caranya hutang adat itu harus dibayar, karena aib besar bila tidak mampu membalasnya. meskipun harus hutang sana hutang sini… salam -japs-

    Iya kurang lebih seperti itu adanya 😀

  22. klo misal ga bayar tu ‘utang’ sanksinya apa dunk?

    Sanksi sosial mba….biasanya terkait dengan penghargaan terhadap keluarga yang bersangkutan (menurut infonya)

  23. Indonesia punya macem2 Adat dan budaya…
    Unik semua UNIK… 😀

    Iya kita patut berbangga tapiii patut dilestarikan gak yaa???

  24. Salam …

    ajib – ajib kerent Bro ….bermacam – macam suku berbeda-beda adat dan budaya tapi Unik-unik ……Punya

    Iyaa mas karena itu jadi bahan postingan hehe

  25. bener-bener bagus sekali budaya kita jika bener-bener digali dan dilestarikan…
    gak salah jika menteri pariwisata sangat berharap blogger mampu menjadi salah satu corong promosi wisata Indonesia…salut…
    salam kenal

    Iyaa budaya kita amat beragam dan unik…..Salam kenal juga, thx udah mampir 😀

  26. Iya, berat, Bu..
    Walau bagus, tapi agak memaksa, kita kan ngga tahu apa yg akan terjadi di kemudian hari.
    Mana tau jatuh miskin pulak, manalah bisa terbayar.. Hehe.. :mrgreen:

    Diturunin ke anak-cucu pastinya…. yang paling bisa adalah minjam…

  27. saya pengen bgt liat langsung…..

    Maen kesini mba, kalo udah nyampe sini gampang tinggal telpon aku siap jadi guide dan kalo perlu sopir sementara hehe dari sini kita bareng2 ke Toraja (masih jauh dari sini)….

  28. Kebetulan ada artikel tentang Tator di Tempo hari ini
    betul mereka akrab dengan kematian
    atau akrab dengan uapacara kematian?

    hhhh??… Upacara kematian kayaknya dehh….

  29. Nyembelihnya segitu banyak??? Lantas..gimana mbagi-2nya ya??
    Upacara adat di Indonesia emang bermacam-2 ya…
    Indonesia gitu loh…
    🙂

    sama aja kalo nembeli sapi kali? ???…

  30. wah kapan ya bisa ke toraja??/
    kayaknya ngurus bloggersumut dulu ya bun

    Ntar kalo mau kesini bilang ato telpon, ntar ta’ jemput di air port dan kalo perlu aku jadi guide dan sopir ntar baru bareng2 ke Toraja. (Toraja jauh dari Sorowako)

  31. Wah, upacara adanya kayaknya sangat menarik ya?

    Iya mass banyak tourist mancanegara suka nyaksiin acaranya 😀

  32. wah poto yang paling bawah sangat tidak berperikehewanan.hehe…
    wew…

    ^kunjungan balik^

  33. ah kalo dapat warisan utang babi atau kerbau, alangkah ga enaknya hihihihi

    salam kenal mbak rita!

  34. tradisi selalu menarik untuk diabadikan….!

  35. Jadi kepengen kesana….sekalian ketemu ama mbak Rita..hehe

  36. saya paling jauh ke sulawesi cum sampe ke pare-pare. segitu pun sudah jadi pengalaman berkesan. apalagi terus naik ke atas. pasti pengalaman yang lebih eksotis…

  37. wahhhh ada tongkonannya
    kerennnnnn

  38. Suku Toraja dan Suku Batak Karo nampaknya berangkat dari Hindia Belakang pada kurun waktu yang sama (melayu kuna), terpisah begitu jauh..dalam jarak waktu yang begitu panjang, masih ada kemiripan budayanya sampai sekarang. Fotografi itu hoby yang sangat menantang dan menggairahkan, hanya saja peralatannya muuuaaaahaaaallll. Apalagi lensa yang sebesar pohon bambu petung itu, mirip meriam.

  39. hi..banyak banged babinya….

  40. Welehh…kok ada pembataian besar2an….
    foto no 3 keren 🙂

  41. Wah, adat yang mahal yah. Hehe. Tapi kalo dipikir-pikir hutang itu salah satu pengikat supaya hubungan gag terputus. Hmmm. . .

    Btw, salam kenal Bu Rita. . . 🙂

  42. wahh.. pesta adat yg seru.

  43. banyaknya hewan yg di korbankan menandakan status keluarga itu sendiri …. hehe

  44. Salam …

    Hanya dia yang akan menjawabnya itulah tradisi,,,,,,,,:(

  45. wowh telat nyampe sini. Pestanya dah bubar belum nih mbak?? 😀

  46. Waw. Fotonya bagus tuh. 🙂

  47. bener-bener foto yang unik…

  48. hasil bidikan camera tangan2 terampil,

    .
    sangat trampil

  49. waduhhh mba’… blog nya rame bgd…
    gmn sih caranya bisa ngejaring sekian banyak pembaca…???
    ck ck ck ck ck . . .

  50. Umpamanya karena suatu hal, utang adat itu tidak bisa dikembalikan, apa yang terjadi, mbak Rita? Apa itu pernah terjadi. Mohon petunjuk 🙂

    Kata teman yang berasal dari sana, selama ini orang berusaha agar dapat membayar kalo perlu dengan meminjam ke oraang lain…. Utang bagamanapun harus dibayar. Karena dalam hal ini mempertaruhkan nama keluarga

  51. Aku jadi ingat Nasrul Hamid sahabatku yang asli sana itu

    Sahabat, aku senang bisa kembali menyapamu 🙂

    Iya dia juga pasti senang… sorowako ma Toraja jauh beda bang, jaraknya juga cukup jauh…. beda kabupaten. Toraja mayoritas nasrani sedangkan sorowako mayoritas muslim

  52. wahhh saya jadi malu nih dpt kunjungan baliknya mba’.. apalagi postingan saya itu termsuk gk mutu gtu… mksh atas ampirannya yahhh mba…
    realy appreciate it.. thnx…

    nyante aja, yang namanya tulisan semua adlah hasil karya jadi apapun itu patut mendapat apresiasi

  53. saya tidak pernah ke Toraja. setelah liat foto-fotonya jadi pengen. salam kenal terima kasih sudah berkunjung

    Kapan2 kita barengan yok kesana hehe :D

  54. duh, maaf lupa ngasih identitas. maklum. koneksi di Banjarmasin lagi lemot. he..he..

    No problemo, nyante aja yaa, thx udah mampir 😀

  55. oleh…olehnya…..

    Iya ini oleh2 dari Toraja mas 😀

  56. wow berat juga ya masalah “utang adat”…nah kalo pas lagi bokek kan boro2 bisa beli kerbau beli ayam aja susah hahaha

    Hehehe.. iyaa :D

  57. wah..keren foto-fotonya..

    nice article mbak…

    Thanx mas Jafis 😀

  58. wuidih berat juga yaa kalo gitu…
    langsung ditodong ma utang2…
    kesian kalo pas ngga ada dana, sampe bela-belain ngutang ke orang buat bayar “utang adat”…

    Apaboleh buat, udah kewajiban bg mereka mas, emang kasian sih….

  59. bagus foto – fotonya

    Kalo liat acaranya langsung lebih keren lagi mas 😀

  60. wah bagus loh foto2nya ……. keren….
    seandainya aku ada disana untuk menyaksikkan acara tersebut secara langsung, pasti lebih berkesan…… 😀

    Datang aja ke Toraja kalo perlu aku anter dehh hehe….

  61. waduh babinya itu lho, ngeri banget ya sampe bejibun

    Itu bakal dibagiin ke warga

  62. Babi nya banyak banget, mau diapain tuh babi ya? apa mau dimakan?

    Iya untuk dimakan oleh warganya

  63. wowo! itu babi banyak sekali,mbak

  64. wooakkkzzz…
    langsung mual saia, ngeliat babi itu..
    I hate pig the most….disgusting animal in d world 😡

  65. halah ga kuat liat kerbau langsung ditebas begitu ….
    ngeri… mending liat film horor…. 😀

  66. babinya banyak bentul

  67. Wow… jadi pengen banget ke Sulawesi dan dapatin foto2 bagus. Kapan yaa, masih belum kesampaian nih… Mudah2an next year deh.. 🙂

  68. kapan bisa ke toraja….
    keliling pulau sumatera aja belommm…
    hehehehe

  69. nice pics……keep it up..

  70. Jadi pengin ke sana nih mbak Rita!!!
    *kapan ya???

  71. buset,banyak bener tu babinya

  72. ya,ya,ya

    keren banget…
    mantabs mbak rita…
    I love soroako to…

  73. wew..babinya kok item2 yah? bukannya warnanya itu pink yah? *BingungMode=ON*

  74. Keren Banget, Fotonya aja seru apalagi yang asli ya??? wah pasti lebih seru.Kapan ya bisa ke Toraja, Nusantara ini memang benar2 kaya dengan tradisi dan budaya luhur. 😀

  75. sepertinya menarik ya Sorowako..
    moga INCO tetap jaya 😉

  76. waaaah….
    ada utang adat yach?
    sampe sekarang githu??

  77. wahhhhh seru seruu… tp napa nama gw lom msuk jajaran artis yg ada di blogroll site ini yahh… hihihihiihihihh…
    pengen numpang beken susah amad kek na….

  78. waw…
    kereeeeennn…
    sorowako itu papu khan yah?

    Papua maksudnya? bukan mas, Sor di sulawesi
    PT Vale INCO, thanx yaa udah mampir
    😀

  79. wah….adatnya keren abisssss.
    aku jadi pengen ke sana…
    pokoknya asik banget…..
    gue suka banget…
    eh…kalo adat yang mayatnya bisa jalan,
    masih ada gak ya……?
    aku pengen liat videonya, ada yang punya gak…?
    boleh pinjem….

    Wah kalo videonya sayangnya gak punya mba Wanda
    Gimana kalo langusng aja datang kesana mba 😀

  80. mba rita aku jadi pengen ke sana ni…
    mba tinggalnya di mana..?

    Aku tinggalnya di Sorowako mba, mayan jauh sih dari Totaja… tapi kita sering maen ke sana ko’….

  81. ampun dah, tu babi banyak amat yak!!!
    ngomong2 babi,
    jadi keingat waktu perjalanan darat dari makassar menuju sorowako.
    pas di daerah dekat malili, bis yang kita tumpangi ditabrak ma truck babi (tabrak lari) sampe masuk parit, dan cidera dech hikzzzz.
    gak lama kemudian truck babi terus dikejar ma pak policek, saking ngebutnya, truck babi tsb tidak terkendalikan dan akhirnya nyemplung ke kali. alhasil, tu babi pada kabur kemana2…si sopir akhirnya ditahan!!!dah jatuh, ketimpa tangga pula….Tragis!!!

    Hahahha..upsss sorry…
    apes ya mas, napa yg nabrak truk babi gitu yaa…
    Gpp babinya pada kabur dari pada ngajak
    mas duel? 😀 Oya lukanya gede gak mas?
    Btw kasian juga ya si sopirnya…

  82. soalnya kalo yang nabrak truck gajah akan lebih parah lagi
    bukan aja nyungsep tapi bisa lenyap he he he
    lukanya gak terlalu parah, traumanya yang parah

    yang kasian tuh penumpangnya bu, sopirnya gak pa2, paling aman sendiri tuh si sopir coz dy team pengendali

  83. ass.wr.wb tiada kata yang paling indah yang saya persembahkan untuk kalian hanya kata sehat semoga kalian senantiasa dalam lindungannya tiada kendala maupun sakit yang menghampiri kalian kalau kalian menjaganya sejak dini tidak lupa panjang umur pendek jodoh seiring rejeki yang selalu bersama kalian oh..ya adat istiadat lain daerah memang berbeda-beda itu sudah dari turun temurun yang memulai dari dari awal memang berjasa besar karena menciptakan kerukunan antar sesama itu yang diacungi jempol dan kemungkinan kalau semua orang bisa menciptakan kerukunan walau berbeda pendapat tapi bisa bisa menghargai insyallah tidak ada pertikaian atau permusuhan dan kalau ada persoaalan bisa dipecahkan besama karena kita hidup di dunia ini hanya satu kali untuk apa mencari permusuhan kalau bukan mencari kedamaian saling tolong menolong terutama sanak famili kalian sempatkan untuk mengunjungi supaya kita nyambung terus karena kalian masih berhubungan darah supaya tidak kepaten obor istilah bahasa jawa lo bro saya ngomong kok ngelantur maafkan bila ada kata saya yang menyinggung perasaan kalian maaf beribu maaf sekian. wassallam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: