Sahabat setiaku Nutrimoist, CNI

Temans, tidak ada salahnya menyelipkan cream nutrimoist kedalam tas bersama kita kemanapun kita pergi. Pengalaman tahun 2007 saya dan keluarga pulang/liburan ke Jakarta. Biasa, suasana liburan pasti dimana-mana padat apalagi tempat2 rekreasi. Waktu itu ngajak anak2 ke Ancol. Pulangnya ngantri  di shelter busway dengan kondisi puaaadat sesak… begitu bus datang, semua berjuang masuk duluan rebutan kursi termasuk saya dwong :)…gitu mau melangkah kedalam bus, pagar betis manusia gak ngasi jalan, jadilah kaki kananku “nyemplung” diantara shelter dan bus, seketika dari betis sampai paha lebam seperti darah beku hitam muncul di permuakaan kulit betis sampai lutut, sakiittt banget!. Untungnya KURSI yang selalu jadi “idola, dapet!. Duduklah saya dengan sedikit mengerang kesakitan  ketika jins saya lilit keatas. lutut udah gak jelas rasanya kebas gak karuan. sakit banget!..  gak bisa di pakai berdiri.Ingat dalam tas ada Nutrimoist dengan kandungan panax ginseng yang kalau gak salah baik untuk meredam sakit, seketika cream nya sudah menempel di seluruh bagian lembam kakiku..Lumayan terasa hangat. sambil mengolesi cream, betis, lutut yang lebam terus saya pijatin, lutut bagian bengkaknya saya usap terusmenerus sambil menambahkan cream bila creamnya mulai mengering. Semua bagian lebam saya urutin, sejak berangkat dari Ancol hingga akhirnya nyampe Cilitian… dan…. surprise!!! gitu turun dari bus, kaki yang terkena “accident ” dengan entengnya penopang saya, bisa  “di pake” jalan!!!….<3<3 Alhamdulillah!!..Sampai sekarang lutut gak pernah sakit!….

Kelamaan Didepan Layar TV / Komputer Rawan Mata Minus

Langsung ke ahlinya? klik dibawah ini
kolomkesehatan.blogspot.com

Bagi para blogger yang sering berlama-lama didepan layar Laptop/PC harus
memperhatikan tips dibawah ini bila tidak ingin matanya minus ( alias kabur bila
melihat jauh ). Setiap berhadapan atau berada didepan layar monitor, organ yang
bekerja keras adalah mata, apalagi dalam waktu yang lama, mata akan semakin bekerja
keras. Kenapa mata harus bekerja keras?.

Mata kita melihat dengan normal apabila jarak antara layar dan mata juga normal
yaitu lima kali dari diagonal layar. Contohnya apabila layar besarnya 14 inci, maka
jarak yang normal adalah 70 inci atau 1,7 meter. Apabila jarak pandang terlalu
dekat, maka mata akan melakukan proses akomodasi ( mencembung daripada normal ) dan
bila dalam jangka waktu yang lama akan terjadi perubahaan struktur pada mata.

Perubahaan ini akan mengakibatkan bayangan benda yang masuk ke mata tidak jatuh pada
titik yang normal (bintik kuning) seperti pada orang normal. Ini yang disebut Myopi
atau Minus yang sering dikatakan orang. Biasanya diperlukan bantuan kacamata yang
berlensa cekung agar bayangan jatuh tepat dibintik kuning tadi. Selain kacamata
sekarang bisa juga dengan bantuan memakai lensa kontak atau bisa juga diatasi dengan
pengobatam sinar laser. Gangguan ini ( minus)  semakin cepat terjadi pada anak yang
punya ortu berkacamata minus.

Tips untuk menghindari mata minus atau biar minus tidak mudah bertambah :

-Usahakan waktu didepan layar monitor tidak lebih dari satu jam.
-Apabila dirasa masih kurang sebaiknya berhenti dulu sebentar, dilanjutkan dengan
berdiri atau bisa juga ke ruangan lain untuk sekedar minum. Kemudian manfaatkan
waktu dengan membuat mata supaya rileks dengan melihat benda-benda yang berada
dikejauhan sambil mengedip-ngedipkan mata agar air mata keluar membasahi mata ( Air
mata berfungsi sebagai pelumas ).

Posted by dr. Teddy

Bolehkah Wanita Hamil Berhubungan Intim ?

Butuh informasi lainnya?
Langsung ke ahlinya, Dokter Teddy di >>
kolomkesehatan.blogspot.com

Buat para calon Ayah / Ibu ……
Ada seorang ibu muda yang lagi hamil menanyakan, apakah selama hamil dia boleh
berhubungan intim dengan suaminya agak sering, karena menurut temannya apabila
jarang melakukan hubungan intim akan mengganggu atau kurang baik bagi pertumbuhan
janin, apakah benar demikian ?

Biasanya pertanyaan ini sering kali diajukan oleh ibu muda yang hamil untuk pertama
kalinya, sebetulnya hubungan intim pada ibu hamil boleh-boleh aja, tetapi yang harus
diperhatikan adalah jangan sampai hubungan intim ini mengganggu janin. Jadi yang
harus diperhatikan adalah apakah ada riwayat keguguran pada ibu ini, kalaupun ada
tetap aja boleh, asal dilakukan dengan tidak kasar (lebih hati-hati), cari posisi
yang aman yang tidak mengganggu perut. Usia kehamilan yang paling pas untuk hubungan
adalah bulan-bulan pertama kehamilan dan bila mencapai usia 7 bulan sebaiknya jangan
lagi. Untuk yang normal/tidak ada riwayat keguguran pada kehamilan yang agak lanjut
juga tidak apa-apa tetapi tetap harus memperhatikan hal-hal tadi agar tidak sampai
mengganggu janin, dan tetap waspada apabila terdapat perubahaan sesudah hubungan
intim seperti adanya bercak darah, kontraksi rahim yang terjadi, atau keluar cairan
ketuban.

Hubungan intim yang jarang dilakukan pada kehamilan akan membuat pertumbuhan janin
kurang baik ?

Tidak benar sama sekali pendapat itu, karena tidak ada hubungan antara perkembangan
janin dengan hubungan intim, yang bisa mengganggu adalah apabila hubungan dilakukan
secara kasar yang akan mengganggu perlekatan janin di rahim.

Posted: By Dokter Teddy  29 May 2008 12:22 AM CDT

Bisakah Anak Asma Berolahraga?

mau lihat yang lebih lengkap, atau langsung ke ahlinya? klik disini>> kolomkesehatan.blogspot.com

Sebagai orang tua pasti akan memperhatikan setiap perkembangan anaknya, baik itu pertumbuhannya ataupun bila mengalami sakit penyakit. Apalagi bila anak ini mengalami suatu penyakit yang tidak sembuh2 atau kumat-kumatan. Pasti si orang tua ini akan mengupayakan berbagai cara agar anaknya bisa segera sembuh dan kembali beraktivitas seperti biasa, diantaranya mengobatkan ke dokter atau bisa juga ke pengobatan lainnya. Nah , apabila sakit sianak juga tidak sembuh-sembuh tentunya akan membuat orang tua ini kebingungan akhirnya bertanya-tanya / mendengarkan petunjuk sana -sini yang akan semakin membuat gundah orang tua ini, terutama apabila mendengar saran dari orang yang kurang bisa dipercaya.

Salah satu keadaan diatas adalah pertanyaan dari seorang ibu yang menanyakan apakah anaknya yang menderita Asthma boleh berolah raga ?, karena ada yang menyarankan demikian, tetapi karena si ibu ini sangat menyayangi anaknya, ibu ini tidak tega menyuruh anaknya berolahraga bahkan lebih bingung lagi ibu ini menyatakan bahwa anaknya akan batuk hebat dan sesak nafas setelah berlari-lari, apalagi olah raga, gimana ini ?.

Apakah benar anjuran itu ? anjuran itu sama sekali tidak salah, memang asma bisa timbul bila sianak berlari-lari karena itu merupakan salah satu pencetusnya, terutama bila menghirup udara dingin dan kering ( lembab ), karena itu perlu diperhatikan beberapa tips untuk anak asma yang berolahraga :

 * Apabila hendak olah raga, asma pada anak tersebut harus sudah terkontrol dengan baik ( artinya jangan pas lagi kena serangan asma disuruh olah raga !)
* Sebelum berolah raga harus melakukan tehnik pemanasan dulu ( warming up )
* Harus selalu menyediakan obat-obatan untuk mengendalikan serangan asma
* Olah raga terbaik untuk penderita asma adalah berenang dan bukan berlari, karena dengan berlari akan menyebabkan masuknya udara dingin dan kering kedalam pernafasan dalam jumlah besar dan mudah mencetuskan asma.

Dengan berolah raga diharapkan daya tahan tubuh sianak akan meningkat, sehingga bila berhadapan dengan faktor pencetusnya tidak akan terlalu berat gejalanya.

Cara Memilih Pakain Dalam Yang Sehat

Zaman sekarang, bila ingin membeli pakaian dalam (under wear) agak gampang-gampang susah, sebab berbagai model dan warna banyak terdapat dipasaran, apalagi untuk wanita, sangat beragam sekali. Hingga banyak sekali wanita membeli pakaian dalam hanya mengacu pada model dan warna, padahal bila memilih pakaian dalam harus memperhatikan faktor kenyamanan pemakai terlebih dahulu. Trus bagaimana cara memilih pakaian dalam yang sehat? Yang pasti harus memilih ukuran yang sesuai dengan tubuh, karena pakaian dalam yang kekecilan amat menyiksa tubuh, meskipun tidak terlihat dari luar, begitu pula sebaliknya. Kemudian perihal warna, pilih yang warna warni atau pilih yang gelap?, sebaiknya memilih pakaian dalam yang berwarna terang daripada yang berwarna gelap, padahal kalo menuruti model dan fashion, pasti yang berwarna terang nggak modis sama sekali atau banyak yang bilang kuno.

Memilih pakaian dalam berwarna terang sangat baik sekali untuk kesehatan, karena dengan warna yang terang, apabila keluar cairan yang tidak normal dari payudara atau miss V akan segera terlihat, sebab biasanya Kanker payudara dan kanker leher rahim (serviks) ditandai dengan keluarnya cairan, bagaimana bila yang dipakai warna gelap, pasti tidak akan terlihat.

Diharapkan begitu mengetahui adanya kelainan sedikit, segera memeriksakan diri ke dokter, meskipun keluarnya cairan itu belum pasti kanker, tetapi yang penting kan waspada, siapa sih yang kepingin kena kanker, tetapi misalnya itu memang benar tanda kanker, paling tidak bisa langsung segera ditangani biar tidak terlambat. Kanker ganas pun bila ketahuan dini pasti hasilnya baik, karena bisa langsung dioperasi sebelum ia menyebar, tetapi bila sudah menyebar (metastase) apalagi bila sudah stadium akhir, dokter bedahpun pasti angkat tangan. Mungkin ada lagi yang mau menambahkan ? silakan…