Info Terkini

 Pantai Ide, Pontada-Sorowako       

Sehubungan dengan Proyek Penataan Pantai Ide Pontada Sorowako, disampaikan   bahwa Lokasi Rekreasi Pantai Ide ditutup selama 4 bulan. Selama kurun waktu tersebut, tidak diperbolehkan ada pengunjung, penjual dan lalulintas kendaraan di lokasi tersebut.

Ditutup sejak selasa 15-April sampai Agustus 2008

                     

 

  

 

 

 

 

 

Masa depan Pantai Ide

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sayang Anak

Baru-baru ini Inco telah membangun  play ground (sarana bermain anak) untuk anak-anak Sorowako dan Malili (untuk 13 taun kebawa). Lokasinya berada di titik-titik ramai penduduk :   ada persimpangan pontada, old camp, wawondula, wasuponda dan Malili….. Mainan yg berupa pelosotan berangkai ini sangat diminati oleh anak2 (bahkan para abg maw ikutan2 naik, tp gk boleh)….

                        Selamat Bergembira,  Anak-anak

 

 

Raker Komisi III tentang Bandara Khusus INCO menjadi Bandara Umum Digelar
Posted : [17/04/2008,08:59:48]

 

Rapat Kerja / Dengar Pendapat Komisi III dengan agenda Konsultasi mengenai Permohonan Bupati Luwu Timur tentang Bandara Khusus INCO menjadi Bandara Umum, digelar, Kamis (17/04) di Ruang Rapat Panitia Gedung Tower DPRD Sulsel yang dipimpin oleh Ketua Komisi III, Drs. H. Marzuki Wadeng.

Rapat kerja / dengar pendapat ini dihadiri oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Direktur External Relation PT. INCO, Edy Permadi, Dinas Perhubungan Prov. Sulsel dan BAPPEDA Prov. Sulsel.

Wakil Bupati Luwu Timur mengatakan bahwa Sejak terbentuknya Kab. Luwu Timur tahun 2003 telah cukup banyak upaya yang dilakukan oleh Pemda dalam memacu pembangunan demi peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat. Selain itu, mengingat letak geografis Kab. Luwu Timur yang sangat jauh dari Pusat Pemerintahan maka salah satu kendala yang dihadapi adalah terbatasnya sarana transportasi udara sehingga menghambat percepatan pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan sehingga PT. INCO diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan beberapa alternatif yaitu merubah status bandara Sorowako dari bandara khusus menjadi bandara umum dan membantu Pemda merenovasi bandara yang ada di kecamatan Malili sehingga layak untuk digunakan.

Wakil Bupati Lutim berharap ada bandara di Malili, Marowali, Kolaka dan Masamba dalam menunjang perekonomian di Luwu Timur. Lutim sendiri merupakan salah satu penyumbang PAD terbesar di provinsi sehingga Pemprov diminta dalam mengembangkan pembangunan daerah-daerah jangan hanya memikirkan pengembangan Maminasata melainkan juga memikirkan daerah-daerah lain seperti Luwu sebagai penghasil sawit dan kakao terbesar dan sekitar 70 % hasilnya diekspor sehingga membutuhkan sarana dan transportasi.

Direktur External Relation PT. INCO, Edy Permadi, menyatakan bahwa INCO siap bandara khusus INCO menjadi bandara umum dan siap membiayai pembuatan studi kelayakan tinggal pengembangan Sorowako jadi bandara umum dan renovasi bandara Malili. Untuk Airport Sorowako tidak bisa lagi dikembangkan karena dikelilingi oleh lembah dan gunung. Disamping itu, lahannya juga merupakan lahan Kontrak Karya sehingga jika ingin dikembangkan harus memperoleh izin dari departemen pertambangan. Airport Sarowako sendiri hanya mempunyai landasan pacu 900 meter sedangkan jika pelabuhan Malili yang direnovasi tersebut bisa mencapai 2 Km dengan biaya pembangunan diperkirakan Rp. 40-50 Milyar.

Komisi III DPRD Sulsel mengemukakan bahwa PT. INCO siap melakukan studi kelayakan dan dua hal yang perlu dilakukan dalam jangka pendek adalah merubah status bandara Sorowako dari bandara khusus menjadi bandara umum dan menambah shift penerbangan. Dan mengenai renovasi bandara Malili, Komisi III akan berjuang bersama di Pusat kalau memang diperlukan. Studi kelayakan akan diikuti oleh Pemprov. Sulsel dalam hal ini Dinas Perhubungan Prov. Sulsel untuk meninjau lokasi tersebut dimana kedua hal tersebut memang perlu kajian dan analisa.

Sumber : Humas DPRD Prov. Sulsel

Advertisements

18 Responses

  1. wah.. klo liet site-nya pantai ide…
    bener2 emang potensial sekali (saking potensialnya 😆 ) klo mo dijadiin objek rekreasi..
    jadi tambah pengen k sorowako…

    hikz hikz..
    😦

    btw, benarkah bandara itu akan dibuka untuk umum???
    waw waw waw…
    bener2 masuk target kota tujuan travelling selanjutnya, nih…
    *tambah semangat cari sertifikasi diving*
    😛

  2. eh eh, ternata comment pertamax di page ini to?
    *joget joget kegirangan 😛 *

  3. mumpung pertamax, satu lagi deh, biar hattrick..
    he he..
    berjejer 5 deh pict presty di recent comment..

    😛

    mission complete 8)

  4. Wahhhh speechless…… thax bgt, tas komen bertubi2nya….
    @Sepcial : presty larasati : Silahkan berkunjung, kalo kesini, kita siap jadi drivers….. Iya InsyaAllah untuk umum
    @special : presty larasati : Y a, pertama…. n thank’s bgt
    @special : presty larasati : Yaaaa complete…..

  5. kedua……….
    dasar presty dimana-mana pasti nyamfah
    wah indah tuch nda,jadi pengen kesna

  6. hehe
    memang ada info di sini 😀

  7. mbak
    dah punya buah hati kan?
    tuh ada puisi untuk mereka 😀

  8. salam kenal dulu deh!! baru baca 😀

  9. mbak…maaf…met siang, kemana aja mbak kok jarang muncul, oh ya mbak kita mo ada acara nih buat nanti tgl 10 November 2008, tolong dilihat yah….terus kalo mbak berkenan tolong juga untuk diinfokan kepada yang lain, semoga mbak bisa ikut berpartisipasi, makasih yah mbak
    http://shanny.web.id/?p=732

  10. terima kasih telah bersilaturahmi ke rumah saya…

    Soroako dan INCO, mengingatkan saya kepada kakak sepupu saya yg merantau ke sana, dan bekerja di INCO, sudah lama saya tidak kontak dia…terakhir ketemu mungkin sktr 20 tahun yg lalu 😀

    salam kenal
    keep in touch selalu mba…. 🙂
    suka saya blog ini

  11. Wduwww itu udah lama bagt ya mas, sekitar tahun 1988….Kalo boleh tau namanya siapa?…. Thx

  12. namanya Tedi, saya manggil dia A Tedi (krn kami org bandung), umurnya jauh dari saya, mungkin skrg sekitar 44 tahun…
    kalau ketemu salam aja, sekalian minta emailnya, atau kasih tau blog saya…he..he.. 😀

  13. lama juga yah dl ditutup pantai ide-nya

    btw, tu bandara dah jadi bandara umum????
    pesawat yang kesana dah banyak dunk bu???

    gak terasa dah 2tahun meninggalkan sorowako
    namun walaupun gak pernah kesana lagi, sekarang teman2 dari sorowako banyak yang pindah ke sini (Batu Hijau Sumbawa) dikarenakan kondisi krisis dan kondisi Inco yang lagi kena dampak juga. akhirnya ngumpul2 lagi deh…he2

    Iya mayan lama
    Bandaranya Sampai sekarang belum terealisasi,
    mungkin masih ada pertimbangan laen, pesawat masih sama
    Iya sekarang masih dalam masa “sekedar bertahan hidup”
    Semoga akan segera berlalu

  14. amienn mudah2 aja dech ya

  15. Sangat membanggakan.. Danau Matano (Pantai Ide) adalah danau terdalam di Indonesia dan terdalam ke -8 di dunia.. ^_^ Banggalah Putra Luwu TImur.. Lestarikan budaya dan alam kita.. Menyonsong masa depan..

  16. I was reading some of your posts on this website and I think this internet site is rattling instructive! Continue posting.

  17. pantainya potensial juga ya pak.

  18. Assalamualikum, gan saya mahasiswa arsitektur yang lagi kerjain tugas akhir judulnya pengembangan kawasan wisata pantai ide sabagai ikon Kota Sorowako, dan lagi butuh data dan desainnya kira2 bisa di ambil dimanayah, pemerintah atau langsung ke vale??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: